Manfaat Perdagangan Internasional bagi Masyarakat

Diposting pada

Fungsi Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional menjadi salah satu bukti adanya syarat interaksi sosial antar masyarakat yang saling membutuhkan. Negara sadar bahwa suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan negaranya sendiri. Kebutuhan negara dapat dipenuhi secara menyeluruh apabila menjalin kerjasama internasional dengan negara yang menyediakan kebutuhan kita.

Perdagangan internasional merupakan salah satu sumber pendapatan nasional yang cukup besar untuk suatu negara. Negara yang mampu menjalankan perdagangan internasional ini dengan baik maka akan memberikan dampak yang cukup besar untuk pertumbuhan ekonomi.

Perdagangan Internasional

Definisi perdagangan internasional adalah kumpulan kaidah sosial yang mengatur hubungan komersial antar negara yang berhubungan dengan perdata. Hukum tersebut secara langsung memberikan regulasi terkait tatacara transaksi antar negara yang berbeda.

Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki beberapa definisi tetang perdagangan internasional. Berikut merupakan beberapa definisi perdagangan internasional menurut para ahli,

  1. Huala Adolf, Makna perdagangan internasional adalah proses tukar menukar barang yang berdasarkan kehendak dari masing-masing negara dengan suka rela
  2. M. Rafiqul Islam, Arti perdagangan internasional adalah hal-hal yang menekankan keterkaitan antara keuangan dan perdagangan internasional.

Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat yang dapat dirasakan oleh Negara, termasuk juga Indonesia yang melakukan hubungan internasional adalah sebagai berikut;

Menjalin hubungan persahabatan dengan negara lain

Adanya proses perdagangan internasional akan memberikan hubungan yang erat dalam setiap Negara, hubungan ini kemudian menjadi pengaruh pada bentuk kerjasama lainnya.

Begitupula dengan Indonesia yang melakukan proses perdagangan dalam dunia internasional pada akhirnya ketika mengalami suatu permasalahan, misalnya saja dalam hal ini adalah bencana alam banyak Negara-negara lain untuk membatu baik secara materi ataupun non materi.

Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi oleh negara sendiri

Menjadi pengetahuan umum bahwasanya tujuan adanya perdagangan internasional ialah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, sehingga dalam hal ini terjadi pula ketika Indonesia mengalami krisis pangan seperti kekuarangan beras sebagai kebutuhan pokok masyarakat Indonesia melakukan perdagangan internasional.

Memperoleh Keuntungan dari Spesialisasi

Terjadinya proses perdagangan internasional yang dilakukan berbagai Negara-negara di dunia pada akhirnya memiliki keuntungan dalam spesialisasi, kondisi ini muncul karena meloihat potensi dan history Negara tersebut saat melakukan perdangan internasional.

Contoh perdagangan internasional sprisalisasi ini misalnya saja Jepang menjadi sangat begitu terkenal atas kemajuan teknologinya, terutama untuk kendaraan seperti mobil dan motor (otomotif).

Memperluas Pangsa Pasar

Manfaat lainnya dalam proses perdagangan internasional ini ialah mengetahuai pangsa pasar untuk mendirsktribusikan barang/jasa dari hasil masyarakat di suatu Negara. Pangsa pasar ini bukan hanya mencipatakan devisa akan tetapi mampu menigkatkan kualitas pendudukan dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya.

Sarana Transfer Teknologi Modern

Fungsi lainnya dalam adanya perdagangan internasional ialah memiliki transfer teknologi di era modern. Sikap masayarakat modern ini muncul salah satunya lantaran adanya perkembangan teknologi, misalnya dalam hal ini kepiaawaian Japang dalam memproduksi barang-barang otomotif ketika di produksi di Indonesia maka masyarakat secara tidak langsung menrima transfer pengetahuan juga.

Meningkatkan Pendapatan Nasional

Kegunaan lainnya dalam perdagangan internasional ialah adanya peningkatan pendapatkan untuk masyarakat secara umum. Peningkatan ini diperoleh dari hasil pajak dan juga hasil impor serta ekspor barang-barang yang menguntungkan.

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatakan bahwasanya dalam proses perdagangan internasional setiap Negara sangat membutuhkannya. Kebutuhan ini didasari pada tidak adanya kekuataan suatu Negara untuk hidup serta memenuhi kebutuhannya sendiri.

Semoga melalui materi atas penjelasan terkait dengan manfaat perdagangan internasional secara umum menurut para ahli ini dapat memberikan referensi dan wawasan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *