Faktor Penyebab Kemiskinan di Masyarakat dan Solusinya

Diposting pada

Penyebab Kemiskinan dan Solusinya

Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang biasa ditemui di kota-kota besar. Faktor penyebab kemiskinan muncul ini akibat ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi arti kebutuhan dasar dalam kehidupannya.

Disisi lain jenis kemiskinan sangat beragam tergantung pada sudut pandang tertentu. Misalnya saja kemiskinan subjektif, natural, alamiah, kultural dan struktural, serta kemiskinan relatif. Tetapi yang pasti kemiskinan dapat berdampak kepada tidak terpenuhinya kebutuhan hidup. Lantaran terkait ketidakberdayaan masyarakat dalam memenuhi sarana untuk mendukung kehidupannya.

Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu keadaan individu yang tidak sanggup untuk memelihara dirinya sesuai denga taraf kehidupannya sehingga ketidak mampuan dalam memanfaatkan tenaga fisik maupun mental memberikan dampak pada kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Disisi lain, kondisi kemiskinan seseorang saat tidak dapat mempertahankan skala hidup yang cukup tinggi untuk memeberikan efisiensi yang bersifat fisik dan mental untuk memungkinkan seseorang tersebut untuk menjalankan fungsi sesuai dengan standar dalam masyarakat, hal ini tak lain disebabkan karena pendapatan yang tidak memadai ataupun pengeluaran yang tidak bijaksana.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Adapun kemiskinan menurut para ahli adalah sebagai berikut;

  1. Karl Marx, Kemiskinan adalah kesenjangan sosial yang terjadi akibat adanya eksploitasi kaum pekerja oleh kaum kapitalisme
  2. Robert Maltus, Kemiskinan adalah realitas sosial terjadi akibat jumlah penduduk yang cenderung meningkat menurut deret ukur, sedangkan produksi sumber daya menungkat menurut deret hitung.
  3. Henry George, Definisi kemiskinan adalah keadaan kekurangan disebabkan oleh adanya kepemilikan pribadi dan monopoli individu atas kepemilikan lahan tanah. Kepemilikan tanah menjadi alat ukur kekayaan pribadi dalam masyarakat.

Faktor Penyebab Terjadinya Kemiskinan

Faktor Penyebab Terjadinya Kemiskinan
Faktor Penyebab Terjadinya Kemiskinan

Adapun penyebab terjadinya kemiskinan adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat pendidikan yang rendah

Pada hakekatnya berbagai contoh lembaga pendidikan sangat penting untuk menunjang segala kehidupan untuk lebih baik lagi. Dengan pendidikan inilah sejatinya seseorang mendapatkan pekerjaan atau menciptakan inovasi baru di dalam pengertian masyarakat.

  1. Adanya rasa malas yang tertanam pada diri individu

Rasa malas merupakan peyebab munculnya kemiskinan di kalangan masyarakat. Akibat rasa malas tersebut, menyebabkan kurangnya motivasi dalam memenuhi kebutuhan hidup seorang individu dan kelompok dalam masyarakat.

  1. Bencana alam

Bencana alam dapat mengakibatkan kemiskinan sebab harta benda yang dimiliki oleh seorang individu menjadi korban dari keganasan suatu bencana. Oleh sebab itulah kondisi atas rusaknya harta benda ini kemudian deorivasi materi dan sosial yang dapat menyebabkan seorang hidup dibawah standar kehidupan yang layak.

  1. Tingginya tingkat pengangguran

Terjadinya kemiskinan dapat disebabkan oleh banyaknya pengangguran. Dampak pengangguran dapat terjadi akibat kurangnya lapangan pekerjaan atau kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh individu. Dalam proses inilah setidaknya memberikan uraian bahwa ketidaksamaan kesempatan bagi pengangguran untuk memformulasikan kekuasaan berupa jaringan sosial, keterampilan dan pengetahuan serta informasi yang dimiliki.

  1. Tingginya tingkat korupsi di suatu daerah

Pengertian korupsi yang terjadi di kalangan pemerintah dapat menyebabkan terjadinya kemiskinan. Sebab, bentuk tindakan sosial berupa korupsi tidak hanya menyebabkan kerugian terhadap negara, namun masyarakat juga merasakan imbasnya.

  1. Adanya konflik dan peperangan

Terjadinya contoh konflik sosial dan peperangan di suatu daerah menyebabkan kemiskinan. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak hanya korban jiwa, harta benda dan rumah tinggal menjadi korban dari adanya konflik dan peperangan tersebut. Selain itu, kegiatan perekonomian menjadi melumpuh.

Adapun contoh dalam faktor penyebab terjadinya kemiskinan ini misalnya di Benua Afrika yang kembanyak tergolong dalam negara miskin, lantaran diwilayah negaranya sering di landa berbagai bentuk konflik antar suku dan ras.

  1. Memiliki mental ketergantungan

Mental ketergantungan yang dimaksud adalah selalu mengharapkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan adanya mental ketergantungan seperti ini, seseorang akan malas bekerja. Disisi lain bisa juga disebabkan karena kekurangan bahan dan pelayanan yang dibutuhkan untuk mencapai standar hidup yang lebih layak.

  1. Keterbatasan sumber daya alam

Keterbatasan sumber daya alam menyebabkan tidak produktifnya masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Dalam fakta sosial inilah setidaknya menunjukan bahwa emiskinan adalah sebuah gejala sosial multdimensional yang dapat dikaji dari segi ekonomi dan sosial politik.

Contohnya saja seperti negara Venezuela di Benua Amerika yang awalnya menjadi negara yang kaya raya akan tetapi karena produksi Sumber Daya Alam berupa minyak bumi mengalami penurunan pada akhirnya menjadikan wilayah tersebut termasuk dalam negara miskin.

  1. Kurangnya lapangan pekerjaan di lingkungan masyarakat

Lapangan pekerjaan yang terbatas pada hakekatnya akan menyebabkan tingkat kemiskinan di suatu daerah menjadi meningkat. Hal ini perlu adanya pelatihan kerja kepada seluruh masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

  1. Minimnya keahlian yang dimiliki oleh sumber daya manusia

Minimnya keahlian yang dimiliki seseorang disebabkan oleh kurangnya tingkat pendidikan dan rasa ingin tahu. Akibatnya, tidak ada keinginan untuk mencari pekerjaan. Ketidak inginan ini pada akhirnya memuculkan spekualasi untuk tidak mampu berfikir secara produktif dan inovatif.

  1. Tidak memiliki sikap etos dalam bekerja

Sikap etos kerja sangat diperlukan dalam menjalani hidup. Tanpa adanya sikap tersebut, seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berkaitan etos kerja menunjukan prefesionalisme yang setinya sangat memberikan pengaruh besar dalam kehidupan.

  1. Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi

Tingginya tingkat kepadatan menjadi salah satu bentuk permasalahan penduduk akan berdampak pada ketidakmerataan dalam penyebaran penduduk. Selain itu menyababkan tingkat persaingan sangat tinggi dalam mencari pekerjaan.

  1. Distribusi sumber daya yang tidak merata

Persebaran atas distribusi sumber daya yang dimaksud adalah tidak meratanya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Akibatnya, daerah yang tidak diperhatikan tersebut menjadi terbengkalai dalam berbagai sektor sehingga akhirya terbelakang.

  1. Kurangnya perhatian pemerintah

Akibat dari kurang fokusnya pemerintah terhadap masyarakat miskin adalah kualitas pendapatan negara yang tcenderung tidak mengalami perkembangan. Hal ini pada akhirnya segala sektor dalam pembangunan menjadi terganggu.

  1. Terbatasnya akses dan rendahnya mutu layanan kesehatan

Adanya pembedaan dalam memberikan mutu layanan kesehatan pada masyarakat miskin menyebabkan tingkat kemakmuran pada daerah tertentu mengalami penurunan. Selain itu, mahalnya biaya berobat di rumah sakit menjadikan beban tambahan pada masyarakat miskin.

Solusi dari Penyebab Terjadinya Kemiskinan

Berikut beberapa solusi untuk mencegah terjadinya kemiskinan di masyarakat:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.
  2. Melatih keterampilan masyarakat dalam menekuni bidang keahliannya.
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.
  4. Turut serta dalam memberantas praktek korupsi.
  5. Memanfaatkan sumber daya alam untuk mensejahterakan masyarakat.
  6. Menumbuhkan sikap etos kerja dalam diri sendini mungkin.
  7. Mencanangkan program untuk menekan angka kepadatan penduduk.
  8. Menjaga keutuhan negara dengan sikap toleransi.
  9. Menjaga kelestarian lingkungan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam.
  10. Membantu pemerintah dalam pembentukan kebijakan dan program pembangunan.

Demikianlah penjelasan tentang faktor penyebab kemiskinan dan solusinya yang bisa dilakukan. Semoga dengan adanya bisa menambah wawasan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *