Contoh Mediasi di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Mediasi

Mediasi bisa dikatakan sebagai proses sosial dan interaksi sosial dimana untuk para pihak yang berkonflik atau berselisih bertemu dengan orang pihak ketiga yang bersifat netral dengan konsep dipilih bersama untuk membantu dalam melakukan negosiasi perbedaan.

Oleh karena itulah mediasi ini tergolong bagian daripada akomodasi dalam sosiologi yang dilakukan sebagau upaya penyelesaian konflik di masyarakat. Baik dalam konflik sosial, perceraian rumah tangga, dan lain sebagainya.

Mediasi

Mediasi adalah proses interaktif terstruktur di mana pihak ketiga yang senantisa tidak memihak dalam membantu pihak yang bersengketa untuk penyelesaikan konflik melalui penggunaan komunikasi verbal dan komunikasi non verbal dengan penerapan teknik negosiasi.

Oleh karena itulah prihal semua peserta mediasi didorong untuk berpartisipasi aktif dalam proses berjalannya. Adapun nama pihak ketika dalam teknik ini disebut sebagai mediator, yang artinya memandu proses ke arah yang konstruktif dan untuk membantu para pihak menemukan solusi optimal.

Prihal ini tentusaja seorang mediator bersifat fasilitatif karena ia mengelola interaksi antara para pihak dan memfasilitasi komunikasi yang terbuka.

Contoh Mediasi

Adapun untuk contoh mediasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Indonesia

Indonesia berperan sebagai mediator atau pihak ketiga atau pihak penengah, sekaligus sebagai penasihat dalam upaya penyelesaian pertikaian yang terjadi di Kamboja. Dalam hal ini, Indonesia hanya berperan sebagai pengawas dalam perundingan dan memberikan nasihat yang dianggap perlu, tapi tidak memiliki wewenang untuk pengambilan keputusan.

  1. Swedia

Swedia berperan sebagai mediator dalam konflik yang terjadi antara pemerintah RI dan GAM. Swedia menfasilitasi pihak pemerintah RI dan GAM untuk melakukan pertemuan melalui perwakilan dari masing-masing pihak. Proses mediasi ini tentusaja memberikan hasil yang positif dimana kedua pihak bersedia untuk damai.

  1. Masyarakat

Adapun bentuk mediasi di masyarakat misalnya saja adanya Ketua RT atau RW yang berperan sebagai mediator dalam menengahi konflik atau pertikaian yang terjadi antara warga yang tinggal di lingkungan tersebut. Contoh kasusnya ketika adanya konflik antara mahasiswa Yogjakarta yang berasal dar Papua dengan masyarakat asli Yogja.

  1. Keluarga

Dalam arti keluarga, untuk contoh mediasi misalnya saja adanya orang tua berperan sebagai mediator dalam menyelesaikan pertengkaran yang terjadi diantara anak-anak mereka. Mereka harus menasehati kedua belah pihak secara adil agar tidak menimbulkan perasaan pilih kasih.

  1. Sekolah

Adapun bentuk mediasi di sekolah misalnya saja adanya wali murid atau guru Bimbingan Konseling (BK) menjadi mediator dalam upaya untuk menyelesaikan konflik atau perselisihan yang terjadi diantara para siswa yang tak kunjung reda.

  1. Perusahaan

Dalam konsep perusahaan untuk contoh kasus mediasi misalnya saja adanya peran Impartial Mediator Network (IMN) membantu menyelesaikan perselisihan antara Perusahaan Perkebunan dengan Masyarakat Setempat, karena IMN itu sendiri merupakan lembaga ADR (Alternative Dispute Resolution) yang berperan untuk membantu para pihak berkonflik agar menemukan kesepakatan atau perdamaian dalam penyelesaian konflik di Indonesia.

  1. ASBFEO

The Australian Small Business and Family Enterprise Ombudsman yang lebih dikenal dengan ASBFEO bertindak sebagai arbiter untuk membantu menyelesaikan sengketa pembayaran yang diajukan oleh pemilik usaha kecil. Misalnya, melalui Tim Bantuan di ASBFEO, sebuah rencana pembayaran disepakati untuk melunasi utang selama empat minggu diantara bisnis-bisnis kecil yang terlibat dalam perselisihan.

  1. VSBC

Komisi Bisnis Kecil Victoria yang memiliki kepanjangan Victorian Small Business Commission atau dikenal dengan VSBC mengajukan perselisihan di mana seorang petani telah disuplai traktor yang rusak. Meskipun petani itu mencoba bernegosiasi dengan perusahaan tempat dia membelinya, tapi dia telah mendapatkan penundaan selama berbulan-bulan, dan akhirnya mereka menolak untuk membicarakan masalah ini dengannya lebih lanjut.

Menggunakan mediasi merupakan keberhasilan bagi petani, dengan pemasok mengambil kembali traktor, dan setuju untuk menyediakan yang baru dengan jaminan layanan jika diperlukan.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Dalam contoh keseharian mediasi misalnya saja adanya perselisihan antartetangga di lingkungan sosial bermasyaakat dimana tentang semak yang merambah atau kecerahan lampu luar ruangan mereka bukanlah jenis klaim yang layak untuk digugat. Dalam situasi seperti ini, mediasi dapat menjadi solusi yang bijaksana untuk mengakhiri konflik.

  1. Internasional

Adapun dalam dunia internasional penjalanan mediasi menjadi prosedur mediasi kurang berkembang sepenuhnya dalam konflik internasional, meskipun ada beberapa contoh mediasi yang berhasil sejak awal abad ke-19. Prihal ini misalnya, Inggris Raya pada tahun 1825 antara Portugal dan Brasil tentang kekuatan-kekuatan besar pada tahun 1868–69 antara Yunani dan Turki ketika hubungan tegang di Kreta; dan Paus Leo XIII pada tahun 1885 antara Jerman dan Spanyol dalam hal Kepulauan Caroline.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa mediasi adalah bentuk penyelesaian sengketa alternatif untuk menyelesaikan sengketa antara dua pihak atau lebih dengan akibat yang konkrit. Biasanya, pihak ketiga (mediator) akan membantu para pihak untuk merundingkan penyelesaian atau menengahi perselisihan dalam berbagai bidang, seperti masalah komersial, hukum, diplomatik, tempat kerja, komunitas, dan keluarga.

Oleh karena itulah dalam penerapannya mediasi juga bersifat evaluatif karena mediator menganalisis isu-isu dan norma-norma yang relevan atas pengujian realitas, sambil menahan diri dari memberikan saran preskriptif kepada para pihak yang terlibat sengketa.

Itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh penerapan mediasi di masyarakat dalam keseharian beserta kasusnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semua yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *