4 Dampak Pengangguran di Bidang Sosial

Diposting pada

Dampak Pengangguran di Bidang Sosial

Tingginya angka pengangguran terhadap lingkungan sosial memberikan beragam akibat buruk terjadi. Prihal ini tentusaja yang paling ketara ialah adanya arti kriminalitas yang meningkat sehingga menganggu kesetabilan kehidupan dalam masyarakat.

Contoh kasus misalnya saja adanya jenis pengangguran yang terjadi di Jakarta lantaran masyarakat di berbagai daerah melakukan migrasi dengan harapan memperoleh pekerjaan yang lebih baik, namun ketika sampai di Jakarta dengan soft skill terbatas sehingga tidak terserap dalam dunia kerja hingga pada akhirnya mereka mengaggur dan menjalankan aktivitas pencurian, pembegalan, dan lain sebagainya.

Pengangguran

Pengangguran bagian daripada realitas sosial yang menggambarkan tentang adanya angkatan kerja yang ingin memperoleh penghasilan guna memenuhi kebutuhannya, namun terhalang dengan keterbatasan peluang kerja yang ada sehingga menyebabkannya tidak bekerja.

Adapun salah satu solusi dalam mengatasi pengangguran yang terpenting ialah menciptakan lapangan kerja selain itujuga diperlukan upaya untuk memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri pada saat ini, hal ini perlu dilakukan agar akibat pengangguran terhadap pembangunan nasional tidak lagi menjadi permasalahan.

Dampak Pengangguran di Bidang Sosial

Adapun tingginya angka pengangguran di masyarakat memberikan beberapa akibat pada bidang sosial. Antara lain;

  1. Tingginya Angka Kriminalias

Akibat adanya pengangguran dalam bidang sosial yang paling mencolok ialah tingginya angka kriminalias yang terjadi di berbagai daerah. Prihal ini misalnya saja seperti halnya dengan pencurian, penjambretan, perampokan, dan pembegalan. Yang mana bagian jenis kriminalitas tersebut pada akhirnya memicu adanya kerawanan sosial.

  1. Hancurnya Kaidah Sosial

Kaidah sosial yang ada di masyarakat bagian daripada norma sosial dan nilai sosial yang harus dirawat demi menjadikan masyarakat hidup saling berdampingan. Kaidah sosial akan hancur dan terkikis karena adanya penggangguran, alasannya karena semua orang menghalalkan segala cara untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Contonya saja penipuan yang terjadi secara online bisanya dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

  1. Kemiskinan

Kemiskinan menjadi bagian daripada akibat pengangguran dalam segi sosial. Prihal kemiskinan ini tentusaja memberikan dorongan kepada seseorang untuk tidak memperoleh pendidikan yang baik, sehingga pada akhirnya memicu adanya ketergantungan.

  1. Stabilitas Sosial Terganggu

Hubungan sosial akan terganggu akibat tingginya angka pengangguran. Prihal ini bisanya berhubungan erat dengan bentuk tindakan sosial yang dijalankan oleh seseorang untuk menciderai individu dan kelompok lainnya, sehingga pada akhirnya menimbulkan konflik sosial berkepanjangan.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan dampak adanya pengangguran terhadap lingkungan sosial beserta dengan contohnya. Semoga saja mampu memberi literasi bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *