Contoh Pembangunan Ekonomi dan Sosial Budaya

Diposting pada

Contoh Pembangunan Ekonomi dan Sosial Budaya

Ketika kita ingin memperbaiki keadaan suatu negara dapat dilakukan dengan cara melakukan pembangunan yang merata kepada arti masyarakatnya. Walaupun dirasa sangat sulit untuk melakukan pembangunan yang merata tapi harus dilakukan.

Pembangunan ini sendiris ejatinya dapat dilakukan pada bidang ekonomi dan sosial budaya yang bisa membantu segala bentuk kesenjangan di dalam kehidupan.

Pembangunan Ekonomi dan Sosial Budaya

Pembangunan ekonomi dan seni budaya merupakan cakupan pembangunan yang sangat luas. Pembangunan ini harus mempertimbangkan segala kearifan lokal yang ada di masyarakat. Lokasi satu dengan yang lain harus memiliki perlakuan yang berbeda. Ketika diberlakukan kebijakan yang sama maka pembangunan tidak akan maksimal.

Pembangunan ekonomi dan tahap perencanaanya adalah salah satu proses yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan nasional dengan melihat pendapatan perkapita suatu negara. Hal itu dilihat dari pertumbuhan penduduk diikuti dengan perubahan yang mendasar dalam struktur ekonomi serta pendapatan yang merata.

Sedangkan pembangunan sosial adalah suatu proses perubahan sosial budaya yang sudah direncanakan secara baik dan matang. Pembangunan sosial merupakan penunjang dari pembangunan ekonomi yang secara khusus dilakukan kajian dalam bidang studi sosiologi pembangunan.

Pembangunan ekonomi dan sosial budaya juga harus melibatkan masyarakat sekitar akan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan kebutuhannya. Semakin baik kompromi pemerintah dengan masyarakat sekitar maka akan semakin baik pembangunan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat.

Contoh Pembangunan Ekonomi dan Sosial Budaya

Berikut merupakan contoh pembangunan ekonomi dan sosial budaya yang mudah ditemukan dalam kehidupan bermasyarakat. Antara lain;

Pembangunan Ekonomi

Contoh Pembangunan Ekonomi
Contoh Pembangunan Ekonomi

Adapun yang menjadi jenis dalam pembangunan ekonomi di masyarakat. Antara lain;

  1. Infrastruktur

Pembangunan ekonomi dapat dilakukan pada bidang infrastruktur. Pembangunan ini dilakukan untuk mempercepat mobilitas dan memperbaiki segala fasilitas umum. Ketika fasititas umum terjaga dan nyaman maka kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan lancar.

Pembangunan infrastruktur dalam bidang ekonomi termasuk dalam pembagunan secara fisik yang dapat kita lihat dan rasankan secara langsung. Segala perubahannya pun dapat kita lihat.

  1. Keamanan

Menjaga keamanan merupakan salah satu cara agar perekonomian tidak tergoncang oleh keadaan. Keamanan akan sangat penting untuk menjaga stabilitas ekonomi. Stabilitas ekonomi merupakan salah satu instrumen dalam pembangunan ekonomi.

Ketika keadaan aman maka akan mudah meningkatkan sektor yang dirasa potensial dalam suatu daerah. Semakin tepat perkiraan yang dilakukan maka semakin cepat pembangunan yang dilakukan dan sesuai dengan sasaran.

  1. Peningkatan pendapatan perkapita

Pembangunan ekonomi yang baik dapat dilihat dari jumlah pendapatan perkapita suatu daerah. Pendapatan perkapita yang terus meningkat dapat menjadi salah satu contoh keadaan ekonomi yang baik. Ketika pendapatan perkapita daerah terus meningkat secara tidak langsung pendapatan perkapita nasional juga akan meningkat. Hal ini menandakan pembangunan ekonomi yang bersifat positif dan harus dipertahankan.

  1. Persingan yang sehat

Perekonomian yang dapat bersaing dengan sehat merupakan tanda pembagunan ekonomi yang berhasil. Pembangunan ekonomi tidak terdapat unsur menipu antar satu komponen dengan komponen yang lain.

Proses kegiatan ekonomi juga tidak ada pihak yang saling menjatuhkan sehingga semua terasa lebih mudah untuk maju. Kemajuan tersebut terus meningkat masa depan sehingga diharapkan perekonomian dapat berjalan dengan baik.

  1. Pasar

Terdapat tempat untuk melakukan segala transaksi yang dilakukan. Transaksi tersebut bersifat terus menerus, sehingga siapapun dapat terlibat dalam linkungan tersebut. Lingkungan yang telah terbentuk diharapkan kedepan akan semakin baik.

Transaksi yang terjadi dipasar merupakan proses yang alami tanpa ada pengaruh dari manapun. Ketika perekonomian dalam pasar dapat berjalan dengan baik maka perekonomian dari masyarakat menengah kebawah akan lebih aman.

  1. Keuangan

Pembangunan ekonomi pasti berkaitan dengan keadaan keuangan suatu negara. Semakin baik kondisi keuangannya maka akan semakin baik. Ketika keuangan baik maka tingkat konsumsi akan terus meningkat.

Tingkat konsumsi menjadi salah satu indikator tingkat perekonomian suatu negera. Jumlah konsumsi semakin baik maka kesejahteraan akan meningkat. Tujuan dari pembangunan ekonomi adalah mencapai kesejahteraan masyarakat.

  1. Stabilitas politik

Stabilitas politik juga dipengaruhi oleh pembangunan ekonomi. Ketika pembangunan ekonomi ingin berjalan lancar maka diharapkan kondisi politik baik-baik saja. Ketika stabilitas politik baik semua rencana pembangunan ekonomi dapat berjalan dengan baik.

  1. Basis industri

Pembangunan ekonomi melalui basis industri  merupakan salah satu jalan untuk mencapai sebuah kesuksesan pembangunan. Mengingat saat ini industri terus berkembang dan mengikuti permintaan pasar.

Industri dibidang pertanian, teknologi, dan lain-lain. Dapat menunjukkan sampai mana pemmbangunan ekonomi suatu negara. Semakin baik basis industri yang dimiliki suatu negara maka akan semakin terlihat pembangunan dibidang ekonomi.

  1. Ekonomi pengetahuan

Pengetahuan merupakan salah satu yang penting dalam bidang ekonomi. Pengetahuan dapat mencakup banyak hal. Pengetahuan tentang konsumen, sasaran pembangunan ekonomi, dan lain-lain.

Pengetahuan dalam bidang ekonomi yang terus berkembang ialah dengan perekonomian berbasis wilayah. Peningkatan perekonomian dengan mempertimbangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah. Potensi tersebut terus dikembangkan yang menjadi pendapatan wilayah, bahkan ada yang menjadi desa wisata.

  1. Pembangunan Keberlanjutan

Pembangunan ekonomi yang baik merupakan pembangunan ekonomi yang mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan. Pembagunan berkelanjutan diharapkan dapat memberikan dampak yang baik untuk keturunan dimasa yang akan datang.

Apabila pembagunan mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan maka masa yang akan datang tetap dapat merasakan apa yang saat ini kita rasakan dan terus berkembang hingga menjadi warisan yang sangat bermanfaat.

Pembangunan Sosial Budaya

Contoh Pembangunan Sosial Budaya
Contoh Pembangunan Sosial Budaya

Sedangkan untuk contoh pembangunan sosial dan unsur budaya di masyarakat. Antara lain;

  1. Bidang kesehatan

Petugas kesehatan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kesehatan yang dimaksud bukan hanya kesehatan diri namun juga kesehatan lingkungan. Menjalankan program-program hingga ke desa-desa sehingga masyarakat desa juga memahami hal tersebut dengan baik. Ketika masyarakat desa mulai paham maka akan dapat menjaga kondisi lingkungan dengan biak.

  1. Bidang kesejahteraan

Kesejahteraan masyarakat juga menjadi salah satu alat ukur pembangunan sosial budaya. Pembangunan sosial budaya yang berkaitan dengan kesejahteraan ini dapat dilihat dari program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan.

Banyak jenis bantuan yang diberikan baik berupa uang tunai atau non tunai. Bantuan ini apabila dimanfaatkan dengan baik maka dapat meningkatkan perekonomian masing-masing individu.

  1. Bidang keluarga berencana

Sosialisasi terkait kependudukan dan keluarga berencana merupakan hal yang penting dan perlu diketahui oleh masyarakat. Hal ini akan membentuk masyarakat dan mengetahui manfaatnya.

Ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat diharapkan terus berkembang menjadi pembiasaan dan menjadi budaya yang baik. Pembangunan sosial ini akan mengurangi tingkat kepadatan penduduk yang ada di Indonesia.

  1. Bidang kebudayaan dan pariwisata

Memperkenalkan budaya dan pariwisata daerah dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang. Ketika sudah dikenal oleh masyarakat luas maka dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Pendapatan daerah dari arti budaya dan pariwisata selain akan meningkatkan pembangunan sosial budaya juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. perekonomian tersebut didapatkan dari segala hal yang dilakukan.

  1. Bidang peranan perempuan

Peranan perempuan dalam segala kegiatan sosial budaya dapat meningkatkan budaya baik yang ada di lingkungan. Jiwa kepedulian perempuan yang baik dapat dijadikan cara untuk melakukan hal-hal yang baik. Budaya baik yang sudah tercipta akan membuat karakter bangsa yang baik. Hal ini salah satu bentuk pembangunan sosial budaya yang dilakukan oleh perempuan.

  1. Bidang pemuda dan olahraga

Kontribusi para pemuda dapat dilakukan dalam berbagai bidang. Bidang yang dapat membanggakan. Pemuda identik dengan karakter yang energik dan kuat. Hal ini membuat pemuda memiliki peran yang besar dalam memberikan energi positif ke lingkungan sosial.

Hal yang mungkin dapat dilakukan ialah di kegiatan masyarakat dan olah raga. Hal ini akan membuat masyarakat banyak melakukan kegiatan positif dan dapat meningkatkan supportivitas.

  1. Bidang perbaikan gizi

Kasus kekurangan gizi di Indonesia termasuk masing tinggi. Kita dapat melihat program yang dilakukan oleh menteri kesehatan salah satu programya adalah mengentaskan masyarakat dari kurang gizi.

Melalui program ini akan banyak program yang muncul untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan.

Perbaikan gizi dapat dilakukan sejak ibu sendang mengandung dengan memberikan vitamin yang cukup dan gizi yang seimbang. Apabila hal ini terus dilakukan maka program ini akan behasil dan mencapai tujuan perbaikan gizi yang diinginakan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraian pada segenap pembaca berkenaan dengan beragam contoh pembangunan dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya yang ada di masyarakat. Semoga bisa memberikan edukasi bagi semua kalangan.

Daftar Sumber Tulisan
  • https://www.researchgate.net/publication/321865902_Budaya_dan_Pembangunan_Ekonomi
Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *