4 Ciri Sosiologi dan Contohnya

Diposting pada

Ciri-Ciri Sosiologi dan Contohnya

Ilmu Sosiologi pada dasarnya memiliki karakteristik atau ciri khas dan berbeda dengan tujuan ilmu sosial dan manfaat ilmu sosial yang lainnya.

Dimana perbedaan dalam karakteristik sosiologi dalam padanganya dibutuhkan untuk mengategorikan bahwa sosiologi adalah ilmu terapan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga memiliki pandangan secara sifat yang terdiri dari teoritis, non etis, empiris, dan komulatif.

Sosiologi

Knowledge sebagai salah satu aspek penting dalam ilmu sosiologi memberikan pemahaman bahwa sosiologi adalah  science (ilmu pengetahuan). Alasannya karena sosiologi lahir dari keganduhan terhadap berbagai dampak masalah sosial yang dialami oleh masyarakat.

Disisi lainnya, sejarah lahirnya ilmu sosiologi ini tak luput dari perkembangan ilmu filsafat, lantaran setiap teori sosiologi dan tokohnya banyak yang lahir dari ilmu filasat. Misalnya saja seperti Karl Mark, Aristoteles, Plato, dan lainnya

Ciri Sosiologi

Sifat Sosiologi

Berikut inilah ciri khas dari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, diantaranya;

  1. Teoretis

Artinya teoriritis dalam ilmu sosiologi berusaha memberikan teori yang berasal dan abstraksi hasil observasi dan penelitian sosial sehingga menunjukkan pernyataan terhadap serangkaian proporsi secara logis untuk menjelaskan hubungan sebab akibat kehidupan dalam manusia.

Contoh Ciri Sosiologi Bersifat Teoriritis

Misalnya saja dalam pandangan yang dikemukakan leh Karl Mark mengenai berbagai jenis kelas sosial yang mengakibatkan adanya konflik dalam masyarakat. Terusma masyarakat proletar dan borjuis. Kajian ini didasari pada teori dan penelitian sosial yang dilakukan.

  1. Empiris

Makna sosiologi bersifat empiris artinya sosiologi merupakan ilmu berdasarkan hasil observasi logis terhadap fakta sosial, bukan berdasarkan hasil spekulasi semata. Alasan ini diungkapkan karena sosiologi dalam perkembangannya selalu memberikan langkah penelitian yang sistematis dan sesuai dengan realita.

Contoh Ciri Sosiologi Bersifat Empiris

Misalnya saja adanya penelitian bahwa masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan hidup dalam sejuta perbedaan, baik dalam arti suku, agama, makna budaya, dan lain sebagainya. Bahkan atas dasar inipula dikenal sebagai masyarakat multikultural.

  1. Nonetis

Ciri khas sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang nonetis artinya sosiologi tidak bertujuan menilai baik atau buruknya suatu fakta, tetapi bertujuan menjelaskan fakta secara analitis. Selain itu, Sosiologi hanya bertugas mengu ngkapkan atau menerangkan tindakan sosial sebagai bagian dan fakta sosial.

Contoh Ciri Sosiologi Bersifat Non Etis

Misalnya saja adalah adanya konflik sosial yang pernah terjadi di Kaliamantan, yaitu Masyarakat Dayak dan Madura. Konflik ini dalam sosiologi tidak dilakukan pengkajian mana masyarakat yang benar dan yang salah. Akan tetapi cukup pada pemahaman mengenai adanya sebab dan dampak sosial yang terjadi akbiat konflik tersebut.

  1. Kumulatif

Ciri khas sosioogi ini artinya teori-teori dalam sosiologi dibentuk berdasarkan teori yang sudah ada. Akan tetapi, teori tersebut selalu mengalami perbaikan, perluasan, dan penguatan sesuai kondisi atau fakta terbaru dalam kehidupan manusia.

Contoh Ciri Sosiologi Bersifat Kumulatif

Misalnya adalah tentang adanya teori yang dikemukakan oleh Darwin yang mengatakan bahwa manusia sejatinya berasal dari kera. Kajian ini telah terbantahkan karena struktur hidup dan pola pikir manusia berbeda jauh dengan kera.

Cabang Ilmu Sosiologi

Berikut inilah cabang-cabang dalam ilmu sosiologi;

  1. Sosiologi Industri
  2. Sosiologi Ekonomi
  3. Sosiologi Kesehatan
  4. Sosiologi Militer
  5. Sosiologi Politik
  6. Sosiologi Pendidikan
  7. Sosiologi Budaya
  8. Sosiologi Agama
  9. Sosiologi Perkotaan
  10. Sosiologi Pedesaan
  11. Sosiologi Hukum
  12. Sosiologi sastra
  13. Sosiologi Pertanian
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa sejalan dengan adanya perkembangan pengetahuan dalam masyarakat serta hadirnya berbagai unsur-unsur sosial dalam kemasyarakatan, sosiologi dipersempit kembali menjadi ilmu pengethuan terapan, yang membawahi berbagai bidang-bidang dalam cabang ilmu sosiologi.

Demikinalah tulisan mengenai ciri sosiologi bersifat empiris, teoritis, kumulatif, dan nonetis beserta contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan.

Rating: 5.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *