6 Cara Menjaga Kerukunan di Sekolah dan Contohnya

Diposting pada

Cara Menjaga Kerukunan di Sekolah

Menjaga kerukunan di lingkungan sekolah tidak terlepas daripada kesadaran akan keberagaman serta berbagai kepentingan yang melekat dalam individu dan kelompok lainnya. Prihal ini diperlukan sikap untuk saling menyayangi satu sama lainnya.

Disisi lainnya, sejatinya sekolah sebagai pendidikan formal juga menjadi bentuk sosialisasi yang memberikan pengaruh besar kepada semua orang oleh karena itulah diperlukan peran serta guru sebagai tenaga pendidik yang mampu mengajarkan untuk saling tolong menolong antar sesama.

Kerukunan di Sekolah

Sekolah adalah lingkungan pendidikan tempat anak-anak belajar dari seorang guru sebagai tenaga pendidik. Dimana untuk sebagian besar waktu siswa dihabiskan di dalam kelas yang rata-rata terdiri dari 30 orang siswa, prihal ini tentusaja sekolah menjadi salah satu lingkungan sosial penting bagi tumbuh kembang anak-anak, oleh sebab itu mengajarkan hidup rukun pada anak-anak di lingkungan tersebut menjadi hal yang sangat urgen.

Arti kerukunan di sekolah harus diterapkan baik pada teman-teman, guru, staff sekolah, maupun seluruh orang yang masih berada di lingkungan sekolah itu sendiri. Walaupun begitu, bukan berarti ketika sudah keluar dari lingkungan sekolah maka setiap orang bisa menjadi seenaknya saja, tapi ketika sudah di luar sekolah pun tetap wajib menjaganya lantaran manfaat kerukunan ini akan memberikan efek positif untuk mendapatkan apa yang seseorang impikan sekaligus cita-citakan.

Cara Menjaga Kerukunan di Sekolah

Adapun untuk cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kerukunan di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu;

  1. Menghormati dan mematuhi para guru

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan kerukunan di lingkungan sekolah adalah dengan bersikap menghormati dan mematuhi bapak dan ibu guru. Alasannya karena guru merupakan pengganti orang tua ketika berada di sekolah yang berperan penting dalam proses sosial dan interaksi sosial terkait dengan belajar di sekolah.

Tanpa adanya guru dalam arti pendidikan, maka siswa akan susah untuk mendapatkan ilmu maupun mempelajari apa yang seharusnya di pelajari di sekolah.

  1. Membangun dan menjaga hubungan baik dengan sesama teman

Di lingkungan sekolah, sejatinya memberikan pengajaran bahwa kita sebagai siswa harus dapat membangun dan menjaga hubungan sosial baik dengan sesama teman. Artinya, dalam berteman kita harus bisa berteman dengan siapa saja tanpa pandang bulu dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada karena memang setiap orang pasti memiliki keunikannya tersendiri, baik itu dari karakteristik sikap maupun karaktetistik fisiknya.

Menghargai perbedaan-perbedaan yang ada juga menunjukkan kita telah bersikap yang sesuai dengan asas Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Dengan adanya kerukunan dan kebersamaan di kelas, maka pertengkaran dapat dihindari, sehingga terwujud hidup yang rukun serta dapat menjaga nama baik sekolah.

Selain dengan teman, kita juga harus membangun dan mnejaga hubungan baik dengan seluruh warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, karyawan atau staff, dan semua orang yang memiliki peran di lingkungan sekolah.

  1. Saling membantu antara teman

Selain membangun dan menjaga hubungan baik, kita juga harus saling membantu dengan sesama teman untuk mewujudkan kerukunan di sekolah.

Perujuatan atas sikap saling membantu tersebut bisa ditunjukkan dengan cara meminjamkan alat tulis ketika teman kita membutuhkannya dalam proses belajar, membantu menjelaskan materi yang belum dimengerti oleh teman kelas, dan lain-lain. Dengan adanya sikap saling membantu, maka proses belajar di kelas juga pasti akan lebih damai dan menyenangkan.

  1. Belajar bersama

Belajar bersama bukan hanya termasuk dalam upaya saling membantu satu sama lain, tapi juga merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kerukunan di sekolah.

Menjaga kerukunan di sekolah melalui belajar bersama sendiri bisa dilakukan dengan cara mengadakan kerja kelompok untuk menyelesaikan tugas-tugas kelompok, mengadakan belajar bersama untuk bertukar pendapat dan membahas ulang materi yang didapat di kelas, dan lain-lain.

  1. Membersihkan lingkungan sekolah bersama

Kebersihan menjadi salah satu kunci dalam menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan. Menjaga kebersihan merupakan contoh tanggung jawab semua warga sekolah, sehingga jika semua warga sekolah memiliki kesadaran atas tanggung jawab tersebut bersedia untuk bersama-sama dalam membersihkan lingkungan sekolah, bukan hanya mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman, tapi sekaligus memupuk kerukunan karena melakukan aktivitas bersama-sama.

Contoh Sikap Menjaga Kerukunan di Sekolah

Sedangkan untuk contoh kerukunan di sekolah dalam menjaganya. Misalnya saja;

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Misalnya saja salah satu teman satu sekolah kita diterima dan lulus ujian masuk universitas dan diminta untuk melakukan registrasi ulang pada hari itu juga, namun pada saat itulah teman kita tersebut tidak dapat melakukannya karena mereka sedang melayat ke rumah kakenya yang meninggal dunia ke luar kota. Prihal ini upaya yang bisa dilakukan kita dalam menjaga kerukunan dengan teman di sekolah maka, sudah seharusnya menawarkan bantuan untuk membantu melakukan registrasi online jika diperbolehkan.

Perwujuatan pengamalan ini bagian darpada gotong royong yang akhirnya melahirkan arti simpati dan makna empati antar sesama.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan cara menjaga dan memelihara kerukunan di lingkungan sekolah beserta dengan contoh sikapnya. Semoga saja bisa memberi wawasan bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *