Manfaat Kerukunan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Manfaat Hidup Rukun

Di masa modern sekarang ini manusia telah mengalami berbagai bentuk perubahan sosial dari berbagai hal mulai dari cara berpikir, gaya hidup, bahkan cara bersosialisasi yang lebih sering dilakukan melalui media sosial. Oleh karena itulah bisa dibilang zaman seperti sekarang ini, manusia menjadi lebih individualis dalam menjalankan bentuk tindakan sosial. Baik di sekolah, keluarga, ataupun lingkungan sosial bermasyarakat. Sehingga bentuk kepedulian, kerukunan, serta kesadaran terhadap sesama menjadi semakin berkurang.

Tentusaja realitas sosial tersebut dapat membawa manusia khususnya anak-anak mudah terpengaruh dalam pergaulan yang tidak baik, karena tidak menjunjung nilai sosial maupun norma sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Maka tak khayal dalam mengakomdir dampak negatifnya diperlukan wawasan mengenai manfaat hidup rukun antar sesama.

Kerukunan

Kerukunan adalah serangkaian keteraturan sosial yang memiliki peranan dalam menciptakan kedamaian dengan menjadikan setiap indvidu dan kelompok memiliki bagian untuk saling tolong menolong, toleransi, serta tidak saling bermusuhan di atas perbedaan.

Hal ini dianggap penting, lantaran menjadi salah satu cara agar proses sosial dan interaksi sosial yang dilakukan manusia dapat berjalan dengan baik yaitu bisa menerapakan sikap atau budi pekerti yang baik.

Manfaat Kerukunan

Kerukunan juga memiliki beberapa manfaat yang dijelaskan sebagai berikut ini;

  1. Kewajiban dan Hak Setiap Masyarakat Terjaga

Kerukunan bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia ialah mampu menjaga kewajiban dan hak setiap orang dengan baik. Karena mereka memiliki perbedaan dan dari sikap inilah perbedaan tersebut akan ditoleransi atau dihargai dengan baik.

Meskipun, kebanyakan di zaman sekarang ini masyarakat cenderung lebih sering melupakan kewajiban yang seharusnya dilakukannya. Sehingga akan timbul berbagai dampak buruk yang dapat mengganggu kehidupan masing-masing pribadi. Tentunya dengan adanya sikap menjaga kerukunan manusia akan menjadi pribadi yang lebih peka dan paham akan kewajiban yang perlu dilakukan dan membuat hidup menjadi lebih damai.

  1. Menumbuhkan Rasa Kepedulian

Rasa peduli merupakan bentuk kepekaan seseorang terhadap apa yang sedang orang lain rasakan. Melalui sikap adanya perwujutan atas sikap hidup rukun maka individu mampu menumbuhkan rasa kepedulian dengan lebih mudah, karena mereka memiliki sikap saling menghormati dan menghargai orang lain.

Oleh karena itulah ketentraman menjadi salah satu bentuk nilai-nilai pengamalan pancasila yang harus selalu dijaga dan diterapkan dengan baik.

  1. Menciptakan Suasana Aman dan Tentram dalam Lingkungan Masyarakat

Lingkungan masyarakat yang aman, nyaman, dan tentram tentu menjadi idaman banyak orang. Karena dengan suasana lingkungan yang sedemikian rupa tersebut mampu membuat setiap orang melakukan hubungan sosial dengan lebih baik dan mudah.

Terciptanya suasana aman dan tentram tentu tidak dapat dibentuk dengan begitu saja, tanpa adanya campur tangan dari masyarakat itu sendiri. Karena peran utama dalam hidup bermasyarakat merupakan masyarakat itu sendiri, maka setiap orang disini harus bisa saling mengormati dan menghargai dalam kerukunan utamanya antar umat beragama. Salah satu sikap baik yang perlu diciptakan agar kehidupan manusia menjadi lebih aman, rukun, dan nyaman.

  1. Mempererat Rasa Kekeluargaan

Perlu anda tahu bahwa rasa kekeluargaan sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Tujuannya agar setiap orang merasa memiliki hak dan kewajiban untuk saling menjaga sekaligus melindungi satu sama lain. Rasa kekeluargaan ini pada dasarnya dapat dibangun atau dipererat melalui sikap kepedulian atas kerukunan yang didalamnya menerapkan perilaku-perilaku menghargai dan menghormati orang lain.

Sehingga setiap anggota keluarga disini merasa diberi kebebasan untuk berpendapat dan mengutarakan setiap keinginannya. Dengan demikian, hubungan kekeluargaan akan semakin terasa lebih dekat.

  1. Memupuk Rasa Kebersamaan

Manfaat sikap untuk menjaga kerukunan antar sesama selain dapat mempererat rasa kekeluargaan, ternyata juga mampu memupuk rasa kebersamaan. Maksud dari rasa kebersamaan disini ialah sikap untuk saling memiliki satu sama lain dengan tetep menghormati dan menghargai segala perbedaan yang ada.

Sikap ini tentusaja menumbuhkan rasa kebersamaan ini juga akan mengarahkan seseorang untuk memiliki perilaku saling tolong menolong, sehingga kegiatan tersebut memicu tindakan sosial yang dapat dirasakan satu sama lain secara bersama-sama.

Prihal ini contoh kegiatan kerukunan di masyarakat misalnya saja dengan adanya gotong royong yang dilakukan untuk membantu tetangga yang ingin membangun rumah. Meskipun tidak di bayar dalam masyarakat bisanya bergantian atau bergilir untuk sambatan (istilah membantu) dalam membangun rumah.

  1. Meningkatkan Rasa untuk Melindungi Sesama

Rasa menghargai dan menghormati yang dibangun dalam kerukunan ini tentunya dapat membuat setiap orang memiliki kewajiban untuk melindungi sesama manusia. Dengan demikian maka hubungan antar masyarakat cenderung lebih mudah untuk dilakukan dan tercipta kerukunan yang akan saling membantu dan melindungi.

  1. Mewujudkan Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Sikap untuk menjaga kerukunan dikatakan sebagai bentuk penerapan nilai-nilai makhluk sosial. Alasannya karena dalam kerukunan ini setiap orang dituntut agar dapat berperilaku dengan baik tanpa menghakimi orang lain. selain itu setiap orang juga harus bisa hidup bersosiali dengan cara menghormati dan menghargai orang lain.

Sehingga dengan hal ini manusia dapat melakukan tugasnya sebagai makhluk sosial yang selalu memerlukan atau membutuhkan batuan dari orang lain.

  1. Mempermudah untuk Mengambil Keputusan Bersama

Peran sikap hidup rukun dalam arti demokrasi sangat dibutuhkan yaitu untuk menciptakan hubungan yang harmonis, hangat, dan menenangkan antar individu satu dengan yang lainnya. Sehingga manakala ada keharusan dalam proses pemilihan pemimpin masyarakat tidak terpecah, hingga akhirnya setelah terjadi pemilihan bisa bersatu kembali dalam mewujudkan keinginan bersama.

  1. Kesadaran Akan Berpendapat dan Bermusyawarah Semakin Tinggi

Hidup rukun yang ada di masyarakat bisanya melahirkan ketentraman. Prihal ini tentusaja terjadi upaya untuk memulihkan atau meningkatkan kemampuan suatu komunitas dalam masyarakat agar mampu berbuat sesuai dengan harkat dan martabat serta melaksanakan hak-hak dan tanggung jawabnya sebagai anggota masyarakat. Utamanya ketika terjadi proses bermusyawarah.

  1. Saling Tolong Menolong

Sejatinya setiap individu yang selalu berusaha untuk mewujudkan keinginan dalam dirinya memiliki naluri untuk membantu orang lain. Proses membantu sesama ini hanya bisa terjadi jika tidak adanya konflik, artinya perenan hidup bersama dalam rukun memberikan dampak yang baik, utamanya dalam tolong menolong.

Nah, itulah saja artikel lengkap yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan manfaat hidup rukun di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja semua orang bisa memahaminya dan terus menerus menjalankannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *