Pengertian Kerawanan Sosial dan 3 Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kerawanan Sosial

Kerawanan sosial bisa dikatakan sebagai salah satu masalah sosial yang biasanya timbul lantaran adanya dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional. Prihal inilah objek kajian sosiologi yang memfokuskan diri pada fenomena sosial kerapkali menghubungkan adanya kerawanan sosial sebagai akibat ketidaksetabilan dalam menjalankan kehidupan.

Adapun disisi lainnya terdapat beberapa jenis kerawanan sosial, yang terdiri dari kerawanan kemiskinan, kerawanan akan tersedianya prasarana fisik, kerawanan modal sosial, kerawanan lingkungan dan kesehatan, serta kerawanan terkait dengan keamanan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat.

Kerawanan Sosial

Diakui ataupun tindak, Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang sangatlah rentan dengan kerawanan sosial terutama terjadi di kota-kota besar seperti halnya Jakarta yang setiap tahuannya banyak masyarakat berdatangan untuk mencari pekerjaan. Namun, takala tiba di wilayah tersebut sulitnya mendapatkan pekerjaan menjadikan tingginya angka kriminalitas.

Hingga akhirnya arti kriminalitas ini menjadi bagian daripada contoh nyata kerawanan lantaran hancurnya keteraturan sosial.

Pengertian Kerawanan Sosial

Kerawanan sosial adalah realitas sosial yang menggambarkan adanya keresahan berkepanjangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat sebagai akibat proses sosial dan interaksi sosial hingga menimbulkan konflik atas perbedaan individu dan kelompok dalam memenuhi arti kebutuhannya.

Pengertian Kerawanan Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi kerawanan sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Ballesteros, Kerawanan sosial adalah ketidakmampuan seseorang individu, kelompok sosial, organisasi sosial, dan masyarakat dalam menghadapi beragam tekanan terkait dengan ekonomi, politik, lingkungan, dan kebudayaan.
  2. Kemenhan RI, Kerawanan sosial adalah bagian daripada keresahan sosial yang terjadi secara berkepanjangan akibat adanya konflik yang terjadi dalam masyarakat

Contoh Kerawanan Sosial

Adapun untuk contoh adanya kasus kerawanan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Pembegalan

Pembegalan menjadi bagian daripada kasus nyata terkait dengan kerawanan sosial yang ada di masyarakat. Begal sebagai sebutan bagi seseorang yang merampas hak individu lainnya tentusaja terjadi karena kurangnya lowongan pekerjaan yang memaksnya untuk membuat tindakan nekat yang melanggar perundang-undangan.

  1. Penjambretan

Bentuk tindakan sosial lainnya yang menjadi bagian daripada contoh kerawanan sosial ialah prilaku jambret yang terjadi dalam kehidupan. Tindakan ini tentusaja tidak bisa dibendarkan dalam segi apapun, termasuk norma agama maupun norma hukum kenegaraan.

  1. Perampokan

Prihal lainnya yang menjadi bagian atas contoh kerawanan sosial ialah merampok yang dilakukan seseorang dengan sadar kepada individu lainnya untuk mengambil barang-barang berharga, seperti emas, uang tunai, dan lainnya. Prilaku ini menjadi perusak kaidah sosial yang ada.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kerawanan sosial menurut para ahli dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga mampu member wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *