Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Masalah sosial menjadi bahasan penting dalam objek kajian sosiologi. Hal ini lantaran permasalah sosial senantisa berkaitan dengan keadaan yang tidak seimbang antara keinginan, harapan, dan impian dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi. Hingga akhirnya, kondisi ini menyebabkan gejolak dalam kehidupan masyarakat.

Oleh sebab itulah banyak para ahli yang mencoba memberikan definisi serta solusi dalam mengatasi berbagai contoh permasalahan sosial yang muncul. Tujuannya ialah terciptanya kehidupan yang tentram dan damai.

Masalah Sosial

Masalah sosial adalah keadaan yang tidak diinginkan lantaran adanya  ketidaksesuaian antara impian dan kenyataan dalam hidup bermasyarakat. Akibatnya menimbulkan penyimpangan atas arti interkasi sosial yang mampu menimbulkan konflik dan perpecahan.

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Definisi masalah sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Soetomo, Definisi masalah sosial adalah suatu keadaan yang berbeda dengan kehidupan biasanya, artinya keadaan ini seringkali tidak diinginkan masyarakat secara umum dan mengakibatkan gejolak-gejolok sosial terjadi dalam masyarakat.
  2. Soejono Soekamto, Arti masalah sosial adalah ketidaksesuaian kehidupan dalam masyarakat karena pengaruh kebudayaan atau rutinitas yang terganggu. Akibatnya masalah sosial dianggap sebagai keadaan yang menakutkan.
  3. Martin S.Weinberg, Definisi masalah sosial adalah keadaan yang dianggap memiliki latar belakang yang bertentangan dengan nilai sosial dan norma sosial yang mayoritas dijalani oleh masyarakat. Hingga akhirnya, menimbulkan adanya proses perubahan sosial yang signifikan.
  4. Lesli, Pengertian masalah sosial adalah keadaan yang berpengaruh dalam kondisional sisi dalam hidupan sosial, lantaran adanya masalah yang tidak diinginkan, sehingga membutuhkan tindakan dalam upaya perwujutan solusinya.
  5. Arnold Rose, masalah sosial adalah situasi yang yang tidak diinginkan dan dianggap akan mempengaruhi pada keadaan masyarakat yang akhirnya kondisi terbut haruslah diberikan upaya pengubahannya.
  6. Bulmer, pengertian masalah sosial adalah situasi dan kondisi yang tidak diinginkan oleh masyarakat, karena adanya paradigma kesalahan sosial atau gejala sosial yang dinggap tidak wajar.
  7. Raab, Definisi mengenai masalah sosial adalah suatu situasi yang akan mengangau hubungan di dalam masyarakat, hubungan tersebut teraganggu karena adanya rutinitas kegiatan yang tidak wajar dilakukan individu atau kelompok.
  8. Kartini Kartono, Pengertian permasalahan sosial adalah suatu situasi yang dapat menggu kesetabilan kehidupan manusia, situasi ini dianggap sebagai situasi yang menyimpang hingga akhirnya harus segera mungkin untuk dapat diselesaikan.
Kesimpulan Definisi Masalah Sosial

Dapat disimpulkan bahwa permasalahan sosial adalah permasalahan yang ada di dalam kehidupan masyarakat, lantaran ada sejumlah kegiatan yang tidak wajar (menyimpang), hingga di takutkan akan menganggu keteraturan sosial yang telah bertumbuh kembang.

Faktor Mendorong adanya Masalah Sosial

Penyebab masalah sosial ini juga dapat terjadi karena;

  1. Eekonomi, Kesulitan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan menimbulkan berbagai masalah sosial seperti munculnya berbagai jenis pengangguran dan bermacam bentuk kemiskinan.
  2. Budaya, Adanya globalisasi yang membuat banyak orang bisa mempelajari dan terpengaruh oleh budaya dari luar sehingga mengakibatkan berbagai dampak masalah sosial yang muncul seperti kenakalan remaja, seks bebas dan lain sebagainya.
  3. Biologis, Faktor biologis merupakan salah satu faktor yang bisa memicu terjadinya masalah sosial seperti penyakit menular dan kekurangan gizi.
  4. Psikologis, Faktor yang berasal dari dalam diri individu dan kurangnya pengontrolan diri itu sendiri sehingga mampu menyebabkan terjadinya kemarahan maupun tindakan kekerasan karena rasa emosi yang ada dalam dirinya.

Upaya Pemecahan Masalah Sosial

Cara Mengatasi Masalah Sosial
Cara Mengatasi Masalah Sosial

Adapun untuk solusi dalam mengatasi permasalah  sosial. Antara lain;

  1. Mempertegas Sanksi Sosial bagi Para Pelanggar, Pemberian sanksi sosial tegas bagi pelaku yang melanggar peraturan merupakan upaya represif untuk mengatasi masalah sosial. Pemberian sanksi disesuaikan dengan tindakan yang dilakukan oleh pelaku.
  2. Menyosialisasikan Nilai dan Norma Sosial, Masalah sosial dapat dicegah melalui upaya preventif. Upaya dalam arti preventif dapat dilakukan dengan menyosialisasikan nilai dan norma sosial secara intensif kepada seluruh asepek kehidupan yang ada di dalam masyarakat.
  3. Menyediakan Modal Usaha, Bantuan modal usaha melalui sistem pemantauan dapat menyelesaikan masalah kemiskinan dan pengangguran. Bantuan modal usaha juga diharapkan dapat membuka lapangan usaha mandiri dan meningkatkan perekonomian yang telah dilakukan oleh rakyat.
  4. Meningkatkan Pemerataan Pembangunan dan Pendidikan, Pemerataan pembangunan bertujuan mengurangi tingkat kesenjangan sosial. Hal ini disebabkan pemerataan pembangunan dapat menciptakan perekonomian masyarakat yang semakin baik, dimana pembangunan juga penting untuk meningkatkan pendapatan ekonomi per kapita. Selain pembangunan infrastruktur pembangunan dalam menunjang fasilitas lembaga pendidikan juga penting, sebagai upaya penananam arti karakter yang baik bagi seseorang.

Contoh Masalah Sosial

Contoh mengenai adanya masalah sosial yang ada di Indonesia. Misalnya saja;

  1. Kemiskinan

Melonjaknya status dalam arti kemiskinan yang ada di dalam masyarakat. Dimana kemiskinan bagian daripada masalah sosial, hal tersebut lantaran dengan adanya kemiskinan tinggi akan berengaruh besar pada angka kriminalis yang dilakukan di dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itulah banyak program-program yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia dalam mengatasi adanya masalah sosial, beupa kemiskinan, selain memberikan bantuan berupa uang tunai, tunjangan, pelatihan, dab lain sebaginya juga telah dilakukan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa berbagai masalah sosial dalam masyarakat harus segera diatasi sesegara mungkin, hal tersebut lantaran beberapa masalah sosial dapat memicu konflik apabila tidak segera diatasi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian masalah sosial menurut para ahli, faktor, cara mengatasi, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menmbah refrensi dan wawasan bagi segenap pembaca sekalian yang sedang mencari literasinya.

Rating: 5.0/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *