Contoh Nilai Dominan di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Nilai Dominan

Nilai dominan bisa dikatakan sebagai arti nilai yang dianggap lebih penting dibandingkan dengan nilai lainnya berdasarkan penggunannnya di masyarakat. Prihal ini tentusaja mengindikasikan bahwa nilai dominan bagian daripada bentuk nilai sosial yang mudah ditemukan bersamaan dengan nilai mendarah daging.

Alasannya karena disadari maupun tidak penerapannya menjadia bagian daripada proses sosial dan interaksi sosial terhadap adanya pengendalian sosial persuasif dengan mekanisme lemah-lembut dan membimbing dalam upaya mengajak individu dan kelompok agar berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Nilai Dominan

Nilai dominan adalah ukuran atas penilaian terhadap sikap dan perasaan seseorang terhadap perilaku baik, buruk, benar, salah, suka, mapun tidak suka terhadap suatu objek tertentu dengan intensitas tinggi. Kadar pengukuran tersebut bisanya dilakukan dengan mengedepankan jumlah penganut yang mempercaianya, durasi penggunan, serta status sosial dan peran sosial yang didapatkan nantinya.

Contoh Nilai Dominan

Contoh nilai dominan dalam objek kajian sosiologi sendiri misalnya saja;

  1. Menundukan Badan Ketika Melewati Orang yang Lebih Tua

Bentuk tindakan sosial dengan menundukan badan ketika melewati seserang yang lebih tua bisa dikatakan sebagai nilai dominan dalam berprilaku yang sangat mudah dijumapai. Bahkan ini kerapkali menjadi etika bagi masyarakat Indonesia yang lebih menganut budaya timur dibadingkan dengan budaya barat.

  1. Melaksanaan Mudik Ketika Hari Raya Idul Fitri bagi Umat Islam

Pelaksanaan mudik memanglah menjadi penggambaran atas contoh nilai sosial bersifat dominan yang mudah untuk ditemukan. Mudik sendiri sejatinya memiliki arti sebagai silaturahmi, namun karena sudah melekat dengan tradisi tentusaja seseorang yang khususnya beragama Islam merasa bahwa mudik dianggap sebagai kewajiban.

  1. Memiliki Mobil Lamborghini Adalah Orang Kaya

Klis anggapan bahwa seseorang yang memiliki mobil lamborghini adalah orang kaya menjadi penggambaran atas nilai dominan yang hampir melekat pada semua orang. Adapun alasannya selain harganya sendiri yang mahal untuk perawatannya bisa menghabiskan ratusan juga, sehingga dengan adanya prestise seperti inilah orang-orang dengan kakayaan lebih membeli mobil lamborghini.

  1. Melaksanaan Sholat Wajib bagi Umat Islam

Proses menjalankan kewajiban sholat bagi umat Islam bisa dikatakan sebagai nilai agama yang dominan. Dimana sholat sendiri haruslah dikerjakan dalam kondisi apapun, misalnya saat sakit seseorang menjalankan sholat dengan duduk, jikalau tidak mampu duduk maka ia diharuskan untuk berbaring, jikalau tidak bisa dengan berbaring bisa dengan isyarat dengan mengedipkan mata.

  1. Pembukaan UUD 1945

Penerapan undang-undang di Indonesia bsia dikatakan sebagai penggambaran atas nilai dominan dalam norma sosial hukum. Tidak ada yang lebih tinggi daripadanya, meskipun peraturan presiden sekalipun. Adapun bagian yang menjadi kandungan dalam Pembukaan UUD 1945 untuk tidak mengubahnya. Antara lain;

  1. Terdapat norma sosial dasar universal bagi tegaknya sebuah negara yang merdeka dan berdaulat yang kemudian hal ini menjadi alasan bahwa setiap orang berhak atas kemerdekaannya dalam berfikir, memilih agama, dan lainnya.
  2. Terdapat empat tujuan negara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.
  3. Pembukaan UUD 1945 mengatur ketatanegaraan Indonesia khususnya tentang bentuk negara dan sistem pemerintahan dimana untuk penerapan sistem pemerintahannya sendiri di Indonesia ialah presiensial dengan presiden sebagai pimpinan tertinggi dalam negara.
  4. Nilainya sangat tinggi bagi bangsa dan negara Indonesia sebab dalam Pembukaan UUD 1945 terdapat rumusan dasar yaitu Pancasila.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh perwujutan nilai dominan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan wawasan dan referensi yang mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *