Pengertian Kepribadian Sanguinis, Ciri, Kelebihan, Kelemahan, dan Contohnya

Diposting pada

Kepribadian Sanguinis Adalah

Kepribadian adalah bagian daripada adanya sekumpulan karakteristik perilaku, kognisi, dan pola emosional yang berkembang dari faktor biologis dan lingkungan. Meskipun tidak ada definisi kepribadian yang disepakati secara umum, namu besar teori berfokus pada motivasi dan interaksi pada psikologi perkembangan dengan lingkungan sosial yang dikelilinginya.

Disisi lainnya, ada empat tipe kepribadian yang perlu kita ketahui dua diantaranya yaitu sanguinis dan melankolis, sedangkan dua lainnya yaitu koleris dan plegmatis. Kepribadian sanguinis adalah jenis kepribadian seseorang yang dicirikan oleh sikap lebih terbuka dan mudah bersosialisasi.

Kepribadian Sanguinis                    

Kepribadian sanguinis adalah salah satu dari empat tipe kepribadian utama yang dipelajari di Yunani kuno, yang lainnya adalah melankolis, plegmatis, dan koleris. Kepribadian sanguinis ini sendiri mengacu pada tipe kepribadian yang paling optimis, energik dan ceria dibanding yang lainnya.

Dimana pada akhirnya orang-orang yang memiliki kepribadian sanguinis menyukai petualangan dan memiliki toleransi risiko yang tinggi, serta sangat kreatif dan bisa menjadi seniman hebat. Selain itu, mereka adalah penghibur yang hebat dan akan berhasil jika mereka memilih karir di industri hiburan. Kemampuan alami mereka juga akan membantu mereka dengan baik jika mereka memilih pekerjaan yang berhubungan dengan pemasaran, traveling, mode, memasak, atau olahraga.

Pengertian Kepribadian Sanguinis Menurut Para Ahli

Adapun definisi kepribadian sanguinis Menurut Para Ahli, antara lain;

  1. Partyy (1982), Kepribadian Sanguinis adalah tipikal kepribadian yang cepat, tidak stabil, dan senantiasa periang. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dalam proses sirkulasi darahnya.

Ciri Kepribadian Sanguinis

Seseorang yang memiliki kepribadian sanguinis dapat ditunjukkan oleh beberapa karakteristik berikut ini:

  1. Orang yang mudah memaafkan

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis sangat cepat memaafkan. Meskipun beberapa mungkin berjuang untuk mengesampingkan emosi negatif ketika mereka merasa tersakiti, tujuan mereka adalah untuk terus maju dalam setiap keadaan.

Mereka tidak suka memikirkan apa yang terjadi di masa lalu. Mereka melihat kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar dan membuat segalanya lebih baik. Mereka cenderung hidup di masa sekarang, mengharapkan orang lain untuk melakukannya juga, dan terus berusaha maju ke depan.

  1. Orang yang humoris

Orang yang memiliki tipe kepribadian sanguinis memiliki selera humor yang tinggi. Mereka sangat terbuka dengan humor mereka, serta menghindari nada negatif sarkasme dalam banyak hal.

Orang-orang sanguinis suka mencari sesuatu yang lucu, kemudian mencari cara untuk berbagi momen-momen tersebut dengan orang lain. Bagi orang-orang sanguinis, hidup adalah hal yang baik ketika mereka dapat sering tersenyum, sering tertawa, dan menemukan cara untuk mencintai.

  1. Orang yang ramah

Kita akan menemukan bahwa orang-orang dengan tipe kepribadian sanguinis sangat suka melakukan beragam jenis interaksi sosial.

Mereka merasa nyaman dalam situasi apa pun, bahkan jika mereka diminta untuk bersosialisasi dengan orang asing. Interaksi sosial yang mereka lakukan adalah yang mengisi ulang baterai mereka setiap hari. Jika mereka diminta untuk menghabiskan waktu sendirian, mereka akan merasa sangat bosan.

  1. Orang yang suka mencari perhatian

Orang-orang yang memiliki tipe kepribadian sanguinis senang menjadi pusat perhatian. Dalam situasi apa pun, mereka ingin sorotan tertuju pada mereka. Bagi sebagian orang, keinginan itu membawa mereka pada karir yang bisa membuat mereka cukup terkenal.

Bagi yang lain, hal tersebut justru menjadikan seseorang kecanduan terhadap pujian. Banyak orang dengan tipe kepribadian sanguinis akan berusaha keras untuk menciptakan peluang bagi orang lain agar memuji mereka.

  1. Orang yang arogan

Beberapa orang dengan tipe kepribadian sanguinis memiliki tingkat kepercayaan diri dan pengendalian diri yang tinggi yang dapat disalahartikan sebagai arogansi. Orang yang berkepribadian sanguinis, memang memiliki kecenderungan untuk menjadi sombong. Mereka suka pamer kapan pun mereka bisa.

Harga diri mereka yang tinggi dapat membuat mereka merasa tak terkalahkan, seperti mereka dapat menaklukkan dunia. Tujuan dari bentuk tindakan sosial ini adalah untuk menunjukkan kepada orang lain betapa menakjubkannya mereka.

Kelebihan dan Kelemahan Kepribadian Sanguinis

Kelebihan seseorang dan kelamahan yang memiliki kepribadian sanguinis yaitu;

  1. Kelebihan

Antara lain;

  1. Penuh Energi, Orang yang sanguinis biasanya adalah orang yang tidak pernah terlihat lelah atau down.
  2. Pencarian Sensasi, Mereka menyukai petualangan dan pengalaman baru.
  3. Menjadi Kupu-Kupu Sosial (Social Butterflies), Mereka suka berada di sekitar orang lain dan membutuhkan energi untuk berinteraksi dengan orang lain.
  4. Easy Going, Mereka biasanya tidak menganggap hidup terlalu serius dan mampu mengatasi konflik apa pun yang muncul tanpa banyak kesulitan.
  5. Optimis, Mereka biasanya memiliki pandangan hidup yang positif dan dapat melihat sisi baiknya.
  6. Komunikator yang Kuat, Mereka suka berbicara dan mampu menyampaikan informasi kepada orang lain dengan mudah dan nyaman, berbagi ide dengan cara yang dapat menarik minat orang lain.
  7. Percaya diri, Umumnya orang dengan temperamen sanguinis memiliki harga diri yang lebih tinggi dan menggambarkan diri mereka sebagai orang yang percaya diri dengan siapa mereka.
  1. Kelemahan

Diantaranya;

  1. Ceroboh, Kecenderungan mereka untuk mencari sensasi dapat menempatkan mereka dalam situasi tidak aman yang dapat membahayakan diri mereka sendiri atau orang lain.
  2. Impulsivitas, Mereka cenderung membuat keputusan yang cepat dan tidak rasional.
  3. Konsentrasi yang Buruk, Mereka mungkin mudah bosan dan sulit untuk tetap fokus pada suatu tugas.
  4. Perubahan Suasana Hati, Mereka dapat mengalami perubahan suasana hati dan ledakan emosi yang intens tanpa peringatan, yang berakhir secepat ketika emosi mereka dimulai.

Contoh Tokoh Kepribadian Sanguinis

Untuk contoh tokoh yang memiliki kepribadian sanguinis. Antara lain;

  1. Yaser Arafat

Yaser Arafat yang memiliki nama lengkap Muhammad Yassir Abdul Rahman Abdul Rauf Arafat al-Qudwa adalah salah satu mantan Presiden Palestina yang memiliki kepribadian sanguinis. Beliau sendiri dalam biografi singkatnya pernah menjadi Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Presiden Otoritas Nasional Palestina (PNA).

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kepribadian sanguinis menurut para ahli, ciri, kelebihan, kelemahan, dan contoh tokoh yang memilikinya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.