Pengertian Kepribadian Koleris, Ciri, Kelebihan, Kelemahan, dan Contohnya

Diposting pada

Kepribadian Koleris Adalah

Kepribadian adalah bagian daripada cara berpikir, merasakan, dan berperilaku yang khas. Dimana dalam tipikal kepribadian mencakup suasana hati, sikap, dan pendapat serta paling jelas diekspresikan dalam proses sosial dan interaksi sosial dengan orang lain. Oleh karenanya istilah kepribadian telah didefinisikan dalam banyak cara, tetapi sebagai konsep psikologis, dua makna utama telah berkembang. Disisi lainnya salah satu tipikal kepribadian yang ada di masyarakat ialah koleris.

Dimana ciri melekat dalam seseorang yang memiliki kepribadian koleris pada umumnya lebih fokus pada hasil yang akan di dapatkan. Contohnya saja Saddam Husain mantan Presiden Irak.

Kepribadian Koleris

Kepribadian koleris adalah bagian daripada tipe kepribadian seseorang yang bersifat ekstrovert, berpikir cepat, aktif, praktis, dan berkemauan keras. Orang yang memiliki tipe kepribadian koleris cenderung memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dalam tubuh mereka. Meskipun biasanya jenis kepribadian yang satu ini dimiliki oleh laki-laki, tapi hal itu juga dapat terjadi pada wanita.

Orang yang memiliki tipe kepribadian koleris juga cenderung mandiri. Mereka lebih suka bekerja sendiri atau dalam tim yang memungkinkan mereka bekerja secara independen dari orang lain. Orang-orang koleris percaya diri dengan keputusan yang mereka buat, praktis dalam pilihan mereka, dan tidak ragu ketika masalah utama membutuhkan tindakan mereka. Adapun pekerjaan yang ideal untuk koleris misalnya manajemen, teknologi, statistik, pemrograman, bisnis, dan lain-lain.

Pengertian Kepribadian Koleris Menurut Para Ahli

Adapun definisi kepribadian koleris menurut para ahli, antara lain;

  1. Patyy (1982), Kepribadian Choleris adalah tipikal kepribadian yang mudah marah lantaran secara biologisnya disebabkan adanya proses empedu kuning dengan tindakan yang lebih mementingkan hasil.
  2. Sujianto (2004), Koleris adalah tipe kepribadian yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berjiwa pemimpin karena mereka suka membuat aturan untuk diikuti semua orang. Selain itu, orang yang koleris memiliki sikap yang mandiri dan praktis, serta berorientasi pada tujuan.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Koleris

Kelebihan dan kelemahan yang dimilikioleh seseorang dengan kepribadian koleris yaitu:

  1. Kelebihan

Diantaranya;

  1. Orang dengan tipe kepribadian koleris memiliki sikap optimis karena mereka selalu berorientasi pada tujuan mereka untuk menciptakan hasil positif bila memungkinkan. Bahkan ketika sesuatu yang negatif mengintai, mereka cenderung melihat hal tersebut dengan cara yang optimis melalui pendekatan berorientasi tujuan mereka.
  2. Orang yang berkepribadian koleris dapat menjadi pemimpin karena mereka bersedia membuat perubahan ketika situasi menuntutnya, sambil tetap mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membiarkan orang lain belajar. Mereka tidak takut untuk mendelegasikan tugas kepada orang lain atau membantu mengajarkan keterampilan khusus untuk membuat orang lain menemukan kesuksesan.
  3. Orang yang berkepribadian koleris cenderung membuat pilihan cepat, dan sebagian besar keputusan mereka cenderung benar. Mereka juga bersedia mengoreksi orang lain jika mereka merasa ada sesuatu yang salah sedang terjadi.
  1. Kelemahan

Antara lain;

  1. Orang yang berkepribadian koleris terkadang dapat mengabaikan atau menganalisis detail yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan. Hal itu bisa mengarah pada kesalahan, yang akhirnya memengaruhi kualitas pekerjaan yang mereka lakukan.
  2. Kepribadian koleris sangat pandai memanipulasi orang lain. Mereka mendorong orang-orang yang membuat kesalahan di mata mereka hingga batasnya, seringkali membuat mereka menjauh.
  3. Tipe kepribadian koleris melihat tingkat narsisme yang tinggi karena kepribadian koleris melihat dirinya sebagai kontributor paling penting bagi tim.

Ciri Kepribadian Koleris

Seseorang yang memiliki kepribadian koleris dapat ditunjukkan oleh beberapa karakteristik berikut ini:

  1. Orang yang berfokus pada hasil

Orang yang memiliki kepribadian koleris berfokus pada hasil dari pekerjaan mereka. Mereka selalu bergerak maju untuk mencapai tujuan mereka dan tidak ada yang akan menghalangi mereka, termasuk relasi, rekan kerja, bahkan keluarga. Mereka sangat termotivasi dan memiliki keinginan untuk menang dengan cara apa pun.

  1. Orang yang mandiri

Koleris adalah ekstrovert yang suka berpikir sendiri dan tidak bergantung pada orang lain saat mengambil keputusan. Mereka memiliki kepercayaan diri untuk maju dan terus terang, serta to the point. Namun, karena mereka menyukai hal-hal yang bergerak cepat, mereka menjadi mudah bosan.

  1. Orang yang suka menjadi pembuat keputusan

Orang yang memiliki kepribadian koleris suka menjadi pembuat keputusan. Kita tidak akan pernah mendapati tipe kepribadian yang satu ini menyerahkan pengambilan keputusan kepada orang-orang di bawahnya. Keputusan mereka yang diperhitungkan, mereka merasa selalu benar jadi mengapa mereka menyerahkan hal itu kepada orang lain?

  1. Orang yang terlahir untuk menjadi pemimpin

Tipe kepribadian koleris dilahirkan untuk memimpin, atau setidaknya, bertanggung jawab terhadap suatu hal, karena mereka tegas, berpikiran kuat, serta percaya pada diri mereka sendiri. Memang benar, mereka juga memiliki beberapa sifat yang cukup negatif.

Mereka tidak suka ditantang dan akan menggunakan taktik intimidasi untuk memaksa orang lain agar tunduk. Mereka tidak akan mendengarkan dan tidak berpikiran terbuka.

  1. Orang yang memiliki sikap pejuang

Berbicara tentang tak kenal takut, tipe kepribadian koleris-lah yang paling tepat, karena mereka tidak takut berada di bawah tekanan. Bahkan, itu membuat mereka lebih kuat dan lebih bertekad. Mereka menyukai pertarungan yang bagus dan akan berusaha keras untuk mencapai tujuan mereka. Jadi jangan berkelahi melawan orang berkepribadian koleris kecuali kita memiliki amunisi yang serius.

Contoh Tokoh yang Memiliki Kepribadian Koleris

Adapun untuk contoh yang memiliki kepribadian koleris antara lain;

  1. Saddam Husain

Saddam Husain bisa dikatakan salah satu tokoh pemimpin yang memiliki ciri kepribadian koleris. Alasannya karena beliau sebagai mantan Presiden Irak telah mampu memberikan keseganan kepada bangsa lain karena proses pemikiranya dalam upaya mewujudkan pembangunan di Negara Irak. Meskipun demikian, banyak prihal kebijakan yang dianggap terlalu radikal oleh negara lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa studi tentang kepribadian koleris berfokus pada klasifikasi dan penjelasan tentang karakteristik psikologis manusia yang relatif stabil. Meskipun di dalamnya senantiasa menekankan kualitas-kualitas yang membuat semua orang sama dan yang membedakan manusia secara psikologis dari spesies lain.

Sehingga, dualitas tersebut dapat membantu menjelaskan dua arah yang telah diambil dalam studi kepribadian: di satu sisi, studi tentang kualitas yang lebih spesifik pada orang, dan, di sisi lain, pencarian untuk totalitas terorganisir dari fungsi psikologis yang menekankan interaksi antara peristiwa organik dan psikologis dalam diri orang dan peristiwa sosial serta biologis yang mengelilingi mereka.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kepribadian koleris menurut para ahli, ciri, kelebihan, kelemahan, dan contoh tokoh yang memilikinya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.