Contoh Kemiskinan Relatif di Masyarakat Indonesia

Diposting pada

Contoh Kemiskinan Relatif di Indonesia

Permasalahan sosial akibat globalisasi di masyarakat berupa kemiskinan pada hakekatnya menjadi masalah sosial yang sulit diatasi. Apabila dilihat permasalahan ini tidak ada pangkal dan ujungnya. Akan selalu ada suatu negara termasuk di Indonesia mungkin hanya dapat mengurangi angak permasalahan sosial baik berupa kriminalitas, kemiskinan, pemukiman kumuh, dan lain-lain.

Permasalahan dengan jenis kemiskinan ini sendiri terdapat berbagai bentuk. Misalnya saja kemiskinan relatif, kemsikinan absolut, atau kemiskinan kultural dan struktural.

Kemiskinan Relatif

Kemiskinan relatif adalah arti kemiskinan yang disebabkan oleh adanya kebijakan pembangunan yang belum merata dalam suatu daerah. Dimana dalam realitas sosial inilah seseorang yang dikatakan miskin karena dilihat dari perbandingan daerah yang lebih maju dibanding dengan daerah tempat tinggal orang tersebut.

Penyebab kemiskinan jenis ini merupakan sebuah sudut pandang yang ada di lingkungan masyarakat. Sudut pandang ini akan menjadi penentu seseorang tergolong mampu atau tidak mampu, kaya atau miskin.

Contoh Kemiskinan Relatif

Adapun untuk contoh yang termasuk dalam kemiskinan relatif. Misalnya saja;

  1. Orang yang memiliki penghasilan UMR tinggal di lingkungan elit

Tempat tinggal di lingkungan sosial berupa perumahan yang bagus maka akan memiliki gaya hidup yang berbeda dengan masyarakat yang tinggal di lingkungan perumahan biasa atau pedesaan. Orang yang tinggal di perumahan elit cenderung memiliki gaya hidup yang mewah.

Apabila seseorang yang berpenghasilan sejumlah UMR daerah tertentu maka akan terlihat miskin dibandingkan dengan yang lain.

  1. Kemampuan untuk mengelola uang yang kurang baik

Penghasilan berapa pun apabila tidak mampu mengelola keuangan dengan baik maka akan tetap merasa kekurangan. Kemampuan mengelola uang sangat diperlukan agar dapat memenuhi kebutuhan. Ketika tidak mampu mengelola uang sebesar apapun maka akan tetap terlihat miskin.

Kadang terdapat beberapa orang yang memiliki keinginan membeli berbagai jenis barang yang kurang dibutuhkan sehingga merasa kurang mampu memenuhi arti kebutuhan.

  1. Gaya hidup yang berlebihan dengan penghasilan yang tidak terlalu tinggi

Penghasilan yang tingkatnya hanya UMR namun terus membeli barang-barang mewah. Apabila berhemat dengan penghasilan itu dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Gaya hidup yang lebih tinggi dari penghasilan membuat seseorang kekurangan uang dan merasa miskin. Perasaan yang timbul dari dalam diri merupakan bentuk kemiskinan yang bersifat relatif.

  1. Orang yang tinggal di lingkungan dengan penghasilan tinggi

Lingkungan memiliki pengaruh yang besar untuk melihat status sosial di lingkungan kita. Ketika rata-rata pendapat orang disekitar kita tinggi dan pendapatan kita masih tetap, atau cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maka kita akan terlihat kurang mampu bahkan sebagian orang menganggap golongan miskin. Hal yang nampak dipandangan orang lain merupakan contoh kemiskinan yang relatif.

  1. Keinginan untuk hidup mewah

Keinginan seseorang untuk hidup dengan segala hal yang mewah membuat yang seharusnya bukan kategori miskin menjadi terlihat miskin. Orang tersebut menganggap apa yang dimiliki saat ini belum cukup dan masih jauh dari kata layak. Gaya hidup ini membuat seseorang menganggap dirinya miskin. Kemiskinan jenis ini termasuk dalam kemiskinan relatif.

  1. Mengikuti kegiatan yang banyak mengeluarkan uang

Kegiatan yang bersifat berfoya-foya dapat membuat kita terihat miskin meskipun kita mampu memenuhi kebutuhan pokok. Kebiasaan mengikuti arisan barang-barang dengan merk yang berasal dari luar negeri. Hal ini akan membuat seseorang merasa miskin karena tidak dapat membeli barang tersebut.

Keterbatasan kemampuan untuk memenuhi kebutuhannya membuat seseorang masuk dalam jenis kemiskinan relatif.

  1. Memilih pergaulan yang salah

Pergaulan akan membentuk sebuah sudut pandang tertentu pada diri seseorang. Sudut pandang ini yang akan membuat seseorang terlihat miskin.

Apabila penghasilan yang cukup untuk hidup sederhana, tetapi lingkungannya hidup dengan mewah ketika tidak mampu mengikuti apa yang dilakukan lingkungannya akan merasa miskin. Keinginan ini apabila terus-menerus akan timbul bentuk kemiskinan yang bersifat relatif.

Nah, itulah saja artikel yang bbisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kemiskinan relatif yang ada di masyarakat Indonesia pada umumnya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *