Contoh Tingkah Laku Manusia dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Tingkah Laku Manusia

Tingkah laku bisa dikatakan sebagai serangkaian kumpulan yang direalisasasikan oleh manusia melakuin gerakan dan bentuk tindakan sosial. Yang bisanya sangatlah dipengaruhi oleh unsur budaya dimana ia berada, sikap, emosi, etika, nilai, dan genetik darimana ia berasal.

Kondisi ini tentusaja berhubungan erat dengan kajian dalam berbagai contoh psikologi sosial yang mana secara spesifik memberikan gambaran tentang berbagai macam perilaku.

Tingkah Laku

Tingkah laku adalah serangkaian proses sosial dan interaksi sosial yang dilakukan oleh setiap individu dan kelompok dalam lingkungan sosialnya sebagai gambaran yang mencerminkan baik dan buruknya sifat seseorang yang dilihat dalam kesehariannya.

Contoh Tingkah Laku

Adapun untuk beberapa contoh yang menunjukan tingkah laku, antara lain sebagai berikut;

  1. Membangun Berbagai Industri dengan Tidak Memikirkan untuk Keberlanjutan Kehidupan

Industri bisa dikatakan segala bentuk kegiatan atau aktivitas manusia dalam bidang ekonomi produktif mengenai produksi barang-barang yang dapat diperjual belikan dan menghasilkan keuntungan berupa jumlah uang yang lebih besar dari modal.

Kadangkala tingkah laku manusia dalam membangun industri ini tidak memikirkan keberlanjutan alam. Misalnya saja prihal ini seperti membuang sampah di laut secara langsung yang otomatis hal ini merusak ekosistem didalamnya. Maka, tak khayal prilaku seperti ini dapat digolongkan sebagai tingkah laku manusia yang memiliki sifat serakah.

  1. Memakai Seragam Saat Berada di Sekolah

Sekolah bisa dikatakan sebagai bagian daripada pendidikan formal yang senantisanya ditempuh oleh seseorang. Baik pada tingkat SD, SMP, ataupun SMA. Saat berada di sekolah diharuskan untuk memakai seragam, sejatinya pemakaian seragam ini merupakan bagian daripada tingkah laku yang sesuai dengan tata tertib.

  1. Berhenti Saat APILL Berwarna Merah

APILL yang juga dikenal denganlampu lalu lintas merupakan bagian daripada aturan yang harus ditaati oleh pengguna jalan.

Manakala berada dalam lampu hijau diharuslah untuk jalan, kuning hati-hati, dan merah berhenti. Tindakan saat berhenti pada lampu APILL berwarna merah merupakan bagian daripada tingkah laku yang sesuai dengan norma hukum. Alasannya jikalau tidak berhenti maka akan membahayakan pengguna jalan lainnya.

  1. Menundukan Badan Saat Ada Orang Tua

Tingkah laku selanjutnya yang sesuai dengan norma sosial ialah menundukan badan saat berjalan melewati orang tua.

Tindakan ini sangat baik sebagai upaya penghormataan, apalagi kadangkala disebagian wilayah khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah menundukan badan dengan mengucapkan “Nyuwun Sewu” senantisanya menggambaran seseorang tersebut memiliki karakter ataupun kharisma yang kuat.

  1. Menggunjing Tetangga bagi Sebagai Orang

Dalam kehidupan sehari-hari tentusaja tidak terlepas daripada tindakan mengunjing tetangga. Prihal ini sejatinya menjadi bagian daripada makna gossip, yang artinya adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk memberikan pengendalian atau kritik sosial terhadap setiap warga masyarakat yang telah melakukan perbuatan penyimpangan dalam kehidupannya.

Disisi lain, dengan mengamati proses mengunjing yang ada di masyarakat tersebut bagian daripada gambaran prilaku kurang baik, alasannya karena belum tentu sesuai dengan fakta sosial yang ada.

Dari penjelasan tentang berbagai contoh tingkah laku yang disebutkan. Dapatlah dikatakan bahwa kodrat manusia adalah seluruh sifat yang melekat pada diri manusia yang meliputi kemampuan serta bakat asli yang dimiliki yang wujud implementasi ini digambaran dalam sebuah tingkah laku.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *