Pengertian Hasrat, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Hasrat Adalah

Manusia adalah seorang individu yang memiliki beragam arti karakter maupun perilaku. Setiap yang dilakukannya menjadi simbol atau lebeling untuk mereka sendiri dan itulah yang dinamakan branding dalam diri manusia. Sehingga agar seseorang mendapat julukan yang baik maka dirinya harus melakukan perbuatan baik pula.

Sayangnya, tidak semua manusia dapat menahan setiap hawa nafsu yang bisa menjerumuskannya pada lubang kesalahan. Setiap orang kadang memiliki kemauan, hasrat yang bisa mengarah pada sikap positif maupun sikap negatif. Dari semua yang dilakukannya tersebut akan menjadi kebiasaan dan label untuk diri mereka sendiri.

Hasrat

Pada dasarnya hasrat yang dikenal dengan istilah animo lebih megacu pada rasa ingin mencoba atas apa yang diinginkan dalam diri manusia, mulai dari hal-hal baik sampai negatif. Atas dasar inilah Setiap manusia memiliki hasrat yang berbeda-beda dan tidak dapat disamakan secara merata. Oleh karenanya masing-masing orang akan merasakan kepuasan tersendiri atas hasrat yang telah mereka capai.

Pengertian Hasrat

Hasrat adalah gejalan keinginan atas kemauan yang umum terjadi dalam psikologi. Hasrat identik dengan perbuatan yang selalu ingin dilakukan secara berulang kali maupun pada waktu tertentu hingga rasa bosan itu muncul.

Pengertian Hasrat Menurut Para Ahli

Adapun definisi hasrat menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. KBBI, definisi hasrat adalah serangkain bentuk keinginan yang kuat untuk berbuat suatu hal, melakukan, atau mengikuti tindakan sosial yang dilakukan seseorang dalam waktu tertentu.
  2. Winkel, hasrat adalah minat yang hadir dari sikap kesukaan (kecenderungan hati) kepada sesuatu, keinginan yang ingin dilakukan.
  3. Mulaya (2003), hasrat adalah ecenderungan seseorang untuk melakukan perbuatan tertentu yang muncul akibat ketertertarik pada bidang tertentu sekaligus merasa senang untuk melakukannya.

Jenis Hasrat

Umumnya jenis hasrat ada beberapa macam dan berikut dibawah ini penjelasannya adalah :

  1. Vital

Hasrat vital adalah suatu kemauan yang bentuknya sangat penting untuk dilakukan sekaligus dapat menjadi kebiasaan pada manusia. Umumnya hasrat vital ini terbagi menjadi 3 hal yaitu :

  1. Hasrat kesederhanaan

Sikap atau perilaku kesederhanaan bisa jadi tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Melainkan karakter ini akan dimiliki oleh setiap individu karena atas dasar kemauan dalam dirinya sendiri dan merasa nyaman atas rasa kesederhanaan tersebut.

Tentunya hasrat kesederhanaan ini akan membawa dampak positif bagi setiap orang yang melakukannya. Salah satu dampaknya diantaranya yaitu tercipta rasa syukur yang tinggi kepada Tuhan Yang Maha Esa, tidak sombong, memiliki kepribadian yang humble dan lain sebagainya.

  1. Hasrat kerakusan

Keinginan untuk bertindak rakus dalam diri manusia pastinya bisa saja terjadi. Pada umumnya kerakusan itu sendiri adalah tingkah laku ingin mendapatkan semua yang dimau tanpa menyisakan untuk orang lain.

Sifat semacam ini pasti bisa menimbulkan rasa tidak sopan atas perbuatan yang dilakukannya tersebut, terlebih lagi apabila kerasukan seseorang ditunjukkan dihadapan banyak orang, maka hal tersebut bisa saja akan mempermalukan dirinya sendiri.   

  1. Hasrat peminum

Hasrat peminum sebetulnya adalah contoh perilaku menyimpang dalam diri seseorang yang sifatnya negatif karena tidak patut untuk dicontoh. Keinginan besar tersebut menjadi sebuah hasrat yang mana apabila tidak dilakukan dapat membuat seseorang gelisah.

  1. Sosial

Hasrat sosial adalah sikap keinginan dalam diri manusia untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan lingkungan sosial sekitar, sebagaimana kodratnya yang disebut makhluk sosial atau individu yang akan memerlukan bantuan dari orang lain. Maka dari itu rasa kemauan ini berwujud untuk menciptakan keinginan dalam mencari teman maupun rasa persatuan.

  1. Mencari teman

Rasa ingin memiliki hubungan sosial dengan orang lain yang disebut sebagai rasa pertemanan agar tercipta komunikasi dan interaksi yang lebih intensif baik antara dua orang maupun lebih.

  1. Mencari persatuan

Keinginan untuk bersatu dengan contoh lingkungan sosial sekitar walaupun ada banyak perbedaan yang harus dihadapi. Namun rasa persatuan ini diharapkan dapat membuat setiap individu merasa saling memiliki dan dapat membantu satu sama lain.

  1. Egoistis

Hasrat egoistis adalah keinginan yang sifatnya atas dasar pola pikir baik dari perilaku postif maupun negatif. Biasanya hasrat ini akan menyebabkan seseorang memiliki perilaku sesuai dengan kebiasaan dan yang diinginkannya. Berikut berapa macam hasrat egoistis adalah :

  1. Hasrat ketamakan

Sikap tamak pada dasarnya hampir disamakan dengan karakter rakus. Umumnya perilaku ini dapat terjadi dalam diri seseorang karena mereka merasa harus menguasai beberapa hal agar dirinya menjadi manusia yang lebih maju. Namun sayangnya perilaku semacam ini sangat buruk untuk dicontoh.

  1. Hasrat kikir

Sifat kikir termasuk hasrat yang tidak baik dalam diri manusia. Kikir sendiri adalah perbuatan yang tidak ingin mengeluarkan hartanya sama sekali untuk membantu orang yang sedang susah.

  1. Hasrat menyanyangi diri sendiri

Keinginan untuk menyanyangi diri sendiri merupakan perbuatan yang postif dan bisa berdampak baik pula untuk masing-masing individu. Setiap manusia yang memiliki rasa semacam ini akan berusaha untuk mengontrol dirinya agar berbuat baik dan menjaga keadaanya dengan baik dalam hal kesahatan maupun mental.

  1. Hasrat tidak sopan

Hasrat tidak sopan ternyata bisa dimiliki oleh manusia. Sikap ini pada umumnya terjadi karena suatu kebiasaan yang sudah dilakukan sejak lama, sehingga mereka tidak memiliki didikan yang baik dan berujung pada perilaku tidak sopan yang dianggapnya tidak bermasalah.

  1. Abstrak

Hasrat yang abstrak adalah keinginan atau kemauan yang terjadi dalam diri manusia dan bentuknya tidak dapat dilihat secara konkret, namun dapat dirasakan dengan hati.

  1. Hasrat kejujuran

Sikap kejuuran pada dasarnya hanya bisa dirasakan dalam diri seseorang yang melakukan perbuatan tersebut. Karena sifatnya yang dapat dirasakan dan tidak mudah orang lain untuk menebak apakah mereka jujur atau berbohong. Namun hasrat semacam ini sangat baik untuk dimiliki seseorang agar dampak baik lainnya dapat mengikutinya.

  1. Hasrat melakukan penipuan

Sama halnya dengan kejujuran, pada dasarnya sikap penipuan ini merupakan perbuatan yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh orang lain. sehingga keinginan seseorang untuk menipu bisa saja menjadi rahasia dalam dirinya sendiri.

Namun hasrat semacam ini sangat kurang baik apabial dimiliki setiap individu, karena dampaknya buruk bagi orang lain maupun diri sendiri.

  1. Hasrat melakukan kewajiban

Hasrat melakukan kewaiban termasuk hasrat yang wujudnya abstrak, karena tidak semua manusia mengetahui masing-masing kewajiban yang dimiliki orang lain. Apabila kewajiban ini sifatnya baik maka hasrat atau keinginan tersebut dapat berdampak baik pula dalam diri setiap orang.

Contoh Hasrat

Beberapa contoh dari sebuah hasrat yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Hasrat ingin menjadi pribadi yang lebih baik

Rasa keinginan untuk berubah menjadi orang yang lebih baik mungkin seringkali menghampiri setiap perasaan manusia. Keadaan semacam ini tentunya dapat membuat setiap individu melakukan koreksi atau instropeksi diri atas segala kesalahan maupun hal-hal buruk yang sebelum-sebelumnya sudah mereka lakukan.

Atas rasa bersalah tersebut seeorang memiliki keinginan untuk memperbaiki dirinya dan mencoba untuk melakukan sesuatu hal yang sifatnya lebih postif. Misalkan dari yang dulunya adalah pemabok menjadi manusia yang lebih baik dan meninggalkan perbuatan-perbuatan buruknya tersebut.

  1. Hasrat ingin memakan makanan yang serba pedas

Manusia pada dasarnya memang memiliki selera makan yang berbeda-beda. Ada contoh hasrat atau keinginan dalam hal selera makanan yaitu rasa ingin mencoba segala menu makanan yang serba pedas. Hal ini terjadi atas kemauan dirinya sendiri yang sudah merasa suka dengan rasa pedas tersebut walaupun sakit perut akan dialaminya sendiri.

  1. Hasrat ingin menolong orang lain

Hasrat ingin menolong orang lain bisa saja terjadi dalam diri seseorang atas dasar apa yang sudah dilihatnya. Oleh karena itu manusia memiliki rasa iba dan menarik diri mereka untuk melakukan perbuatan baik antar sesama manusia.

Misalkan gotong royong, menolong orang lain yang sedang membutuhkan makanan dengan cara membelikannya makanan agar orang tersebut tidak merasa kelaparan lagi.

  1. Hasrat ingin membalas dendan dengan orang lain

Contoh hasrat yang satu ini termasuk perbuatan negatif, karena rasa balas dendam yang ada dalam diri manusia tersebut. Sebetulnya balas dendam adalah keinginan untuk melakukan perbuatan yang serupa atas apa yang sudah menimpa dirinya selama ini kepada orang lain yang telah berbuat demikian.

Contohnya seseorang dahulunya pernah disakiti hatinya karena akan meminjam uang kepada orang lain namun tidak diberikan, pada saat orang tersebut sudah berhasil mereka tidak mau memberikan pinjaman balik kepada orang yang dahulu kala karena merasa kesal dan sakit hati atas perlakuan dahulunya.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian hasrat menurut para ahli, jenis, dan contohnya yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *