7 Contoh Neokolonialisme di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Neokolonialisme

Diakui ataupun tidak neokolonialisme menjadi salah satu peristilahan asing yang banyak dalam proses pembelajaran dalam pemahaman objek kajian sosiologi. Alasannya karena neokolonialisme ini berhubungan dengan sistem sosial penguasaan terhadap masyarakat secara tidak langsung. Baik di bidang politik, unsur budaya, ekonomi, maupun pada penguasaan bidang militer.

Prihal ini adanya neokolonialisme yang berkembang, khususnya di Indonesia bisa menjadi permasalahan sosial akibat globalisasi di masyarakat. Contohnya saja berdirinya perusahaan-perusahaan asing yang lebih mengedepankan keuntungan daripada kesejahteraan masyarakat pribumi.

Neokolonialisme

Neokolonialisme jikalau dilihat dari asal muasal katanya terbentuk dari peristilahan kolonialisme atau dalam Bahasa Latin colonia yang maknanya tanah pemukiman atau tanah jajahan. Sedangkan untuk neo artinya baru. Sehingga alasan inilah pengertian neokolonialisme bisa dimaknai sebagai proses penjajahan terhadap penguasaan yang dilakukan dengan langkah-langkah yang masih baru sesuai dengan perkembangan zamannya.

Contoh Neokolonialisme

Terdapat beberapa contoh kasus yang menggabarkan tentang adanya contoh neokolonialisme di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Ekonomi

Kasus terkait dengan neokolonialisme dalam ekonomi ialah berdirinya perusahaan multinasional yang sudah masuk di Indonesia dengan berbagai bidang usahanya bergerak pada jasa maupun barang. Prihal ini sejatinya disatu sisi mengurangi jenis pengangguran yang ada.

Namun disisi lainnya, UMKM akan sulit berkembang, lantaran kalah persaingan dengan pengusaha yang memiliki modal tersebut.

  1. Politik

Sistem sosial perpolitikan tidak terlepas daripada adanya neokolonialisme. Prihal ini misalnya saja kasus terkait dengan adanya keputusan Uni Eropa yang melarang adanya pengimporan minyak sawit, padahal sudah sangat jelas bahwa Indonesia menjadi negara yang menyumbang 90% kebutuhan produksi yang mempergunakan minyak sawit.

Alasan atas kebijakan tersebut dilakukan oleh Uni Eropa lantaran adanya kerusakan lingkungan yang akhirnya menyebabkan adanya pengundulan dan penggunaan lahan hutan untuk ditanami kelapa sawit. Sejatinya melihat cerminan ini menggabarkan bahwa bagian daripada politik semata, alasannya karena Uni Eropa akan mempergunakan bidiesel untuk penggantinya.

  1. Sosial Budaya

Bagian yang lain yang menjadi cerminan atas kasus neokolonialisme pada arti kebudayaan berhubungan erat dengan gaya hidup. Prihal ini misalnya saja maraknya jejering sosial yang dipergunakan masyarakat untuk mencitai karya budaya barat dibandingkan dengan karya anak bangsa.

Contohnya nyatanya saja ketika melihat film yang bernuansa bebas dan melanggar asusila di Indonesia, semestinya hal tersebut dilarang. Namun karena gemar untuk menontonnya pada akhirnya menjadi hobi mengoleksi dan meniru budaya tersebut sehingga mengenyampingkan kekayaan sifat kebudayaan sendiri.

  1. Pendidikan

Ranah pendidikan juga tak luput daripada adanya kasus tentang neokolonialisme. Contohnya saja sistem pendidikan yang mengagung-angungkan ideologi liberalisme dengan bebas menyatakan pendapat serta bebas dalam bertata krama terhadap guru sebagai tenaga pendidikan.

Jelas, hal ini menjadi ancaman bagi keberlangsungkan pendidikan di Indonesia yang menjadi cerminan atas adanya sikap saling mengharai kepada sesama dan menerapkan nilai agama sebagai dasar element dalam bertingkah laku.

  1. Teknologi

Adanya perkembangan teknologi pada saat ini menjadi bagian daripada neokolonialisme, alasannya karena setiap pemanfaatkan teknologi selain memberikan keuntungan atas kecepatan informasi dan kemudahan melakukan pekerjaan data base atas kerahasian masyarakat menjadi terancam.

Apalagi jikalau teknologi tersebut tidak adanya izin resmi yang dipergunakan pemerintah. Bahkan seperti halnya ketika maraknya toko online di wilayah Indonesia yang dikuasai produk impor dengan melihat data atas kebutuhan masyarakat yang diperlukan.

  1. Masyarakat

Prihal fenomena sosial yang menjadi cerminan daripada contoh neokolonialisme di masyarakat. Misalnya saja adanya seorang manager di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang ekspor dan impor. Beberapa hari ini pekerjaan sangat banyak karena ada dua proyek yang cukup besar yang menguntungkan bagi usahanya.

Namun, karena untuk menambah keuntungan maka sang manager beserta direktur perusahan tersebut pada memanipulasi pajak sebagai sumbangsihnya kepada negara.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Baru-baru ini salah satu bagian daripada masalah sosial di Indonesia yang terjadi ialah maraknya pinjaman online yang dikenal dengan Pinjol. Dimana seseorang dapat berhutang dengan bunga yang tidak masuk akal. Sistem tersebut penggambaran daripada kolonialisme (penjajahan) model baru yang memanfaatkan keterdesakan seseorang akan memenuhi kebutuhannya.

Solusi yang ditawarkan jikalau melhat hal ini ialah memberikan edukasi kepada masyarakat selain itu pemerintah haruslah berusaha untuk menutup pinjaman online yang tanpa izin atau ilegal.

Itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh neokolonialisme yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi, dan lainnya. Semoga saja bisa berguna.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.