2 Contoh Instrumen Penelitian Eksperimen yang Bisa Digunakan

Diposting pada

Contoh Instrumen Penelitian Eksperimen

Instrumen penelitian eksperimen sejatinya dibuat sebagai sebagai alat bantu untuk mendapatkan data penelitian yang diperlukan. Sehingga sangatlah jelas jikalau tanpa ada instrumen untuk pengukura metode penelitian eksperimen yang baik tidak akan bisa mendapatkan data, dan ketika data penelitian tidak ada, maka kita tidak akan bisa menjawab pertanyaan penelitian yang telah kita tetapkan di awal sebelum kita turun ke lapangan.

Disisi lainnya, ada banyak sekali contoh instrumen penelitian untuk metode eksperimen. Misalnya saja seperti quesi, daftar tabel pengukuran atas percobaan, dan lainnya.

Instrumen Penelitian Eksperimen

Instrumen penelitian eksperimen adalah bagian alat penting yang dipergunakan untuk mengukur variabel seperti opini, sikap, temuan dalam laboratorium, konsep, sikap, komposisi, dan sebagainya. Oleh karenanya setiap alat penelitian untuk eksperimen sesuai dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan tertentu tergantung pada penyelidikan penelitian yang dikerjakan.

Contoh Instrumen Penelitian Eksperimen

Adapun untuk contoh adanya instrumen penelitian eksperimen yang baik dan benar dalam beragam keperluan. Antara lain;

  1. Skripsi

Kepenulisan skripsi ataupun laporan praktium kepenulisan instrumen penelitian eksperimen bisa dibuat dengan sistematika sebagai berikut;

Instrumen penelitian eksperimen dalam Skripsi

Instrumen yang digunakan dalam penelitian skripsi ini jika didasarkan pada rumusan masalah adalah sebagai berikut:

  1. Kondisi sistem monitoring jumlah pemakaian arus listrik yang ada sekarang, menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi dan kajian literatur.
  2. Proses perancangan SIM PETRUS 1.0, berpedoman pada daftar langkah perancangan seperti yang terlihat pada flowchart.

Instrumen penelitian eksperimen Skripsi

Pengujian kinerja SIM PETRUS, menggunakan lembar uji kinerja alat
dengan prinsip kerja sebagai berikut:

  1. Sistem menghitung jumlah pemakaian energi listrik setiap harinya dengan menggunakan sensor ACS712 sebagai komponen utamanya
  2. Memberikan alarm peringatan ketika pemakaian arus mencapai batas ukur yang telah ditentukan sebelumnya
  3. Sistem dengan otomatis memutuskan arus listrik jika melebihi batas ukurnya. Selain itu alat ini dapat menyambungkan kembali arus listrik saat arus berada di bawah batas pemutusan.

Pengujian efektivitas alat, menggunakan lembar uji efektivitas yang berisi pemakaian arus listrik pada instalasi listrik di rumah warga. Dengan acuan kWh Meter sebagai hasil dari perbandingan sebelum dan sesudah dipasang
SIM PETRUS 1.0. Jumlah hari yang diobservasi adalah 30 hari yang terdiri atas 15 hari pengamatan sebelum dipasang dan 15 hari sesudah dipasang alat.

Pengujian Instrumen

Pengujian instrumen penelitian menggunakan MS. Excel, terbagi 2 yaitu:

  1. Uji Kinerja Alat

Data yang didapat dari hasil observasi kinerja alat akan dianalisis menggunakan prosentase dan standar deviasi. Menurut Abid (2017) jika standar deviasi mendekati titik nol maka data dianggap stabil.

  1. Uji Efektivitas Alat

Pengujian efektivitas alat akan menggunakan dependent sample T-Test dengan signifikansi 5%. Hal ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang muncul pada subjek yang sama disebabkan perbedaan perlakukan yang diberikan (Trihendradi, 2010:117). Pada penelitian ini maka perlakuan yang diberikan adalah pemasangan SIM PETRUS 1.0 pada instalasi rumah warga. Pengujian dilakukan untuk menjawab hipotesis penelitian sebagai berikut:

H0: Tidak terdapat perbedaan pemakaian energi listrik sebelum dan sesudah dipasang SIM PETRUS 1.0.
H1: Terdapat perbedaan nyata pemakaian energi listrik sebelum dan sesudah dipasang SIM PETRUS 1.0.

Hasil pengujian di atas dapat diputuskan dengan kemungkinan sebagai berikut:

  1. Terima H0, jika hasil T hitung lebih kecil dibanding T tabel. Artinya pemasangan SIM PETRUS 1.0 tidak memberikan pengaruh yang nyata pada pemakaian air.
  2. Tolak H0, jika hasil T hitung lebih besar dibanding T tabel. Artinya terdapat perbedaan nyata antara pemakaian air sebelum dan sesudah pemasangan SIM PETRUS 1.0.
  1. Karya Tulis Ilmiah

Biasanya untuk pembuatan instrumen dengan metode penelitian eksperimen karya ilmiah disusun dalam laboratorium. Sistematika yang dibuat prihal ini bisa dijalankan dengan menghubungkan antara temuan, solusi, dan permasalahan yang ada.

Instrumen penelitian eksperimen dalam karya ilmiah

Tempat dan Waktu Penelitian

Penelitian dilakukan di Laboratorium Kimia SMA Negeri 1 Banten. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan tanggal 30 Juli 2021 dengan kegiatan mulai dari proses pengumpulan data sampai membuat laporan akhir.

Jenis dan Sumber Data

Jenis data penelitian ini adalah jenis data kuantitatif, sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer (data dari hasil eksperimen) dan sumber data sekunder (data dari beberapa literatur atau buku-buku yang relevan)

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data dalam karya tulis ini menggunakan beberapa metoda, yaitu:

  1. Metoda eksperimen yaitu, data dapat diproleh melalui proses percobaan
  2. Metoda lietarur yaitu, datadapatdiperoleh melalui penggunaan beberapa lietartur yang relevan sesuai dengan kebutuhan.

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang digunakan pada karya tulis ini adalah deskriptif kuantitatif artinya mendeskrisikan suatu fenomena, peristiwa, gejala dan kejadian yang terjadi secara factual yang disertai pula dengan argumentasi penulis untuk memeperjelas mermasalahan yang telah dicapai sebagai hasil penelitian.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibuat kepada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian instrumen penelitian eksperimen dan contohnya dalam skripsi serta karya ilmiah. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.