Contoh Kebutuhan Jasmani (Material) dalam Keseharian

Diposting pada

Kebutuhan Jasmani

Manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari tidak terlepas dari yang namanya jiwa sosial. Karena pada kenyataannya manusia memang terlahir sebagai makhluk sosial yang selalu memerlukan bantuan orang lain. Oleh sebab itu keberadaan manusia selalu disertai dengan manusia lainnya untuk saling melakukan jenis interaksi sosial dan berkomunikasi antar satu sama lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kebutuhan dalam bentuk dan sifatnya memiliki dua jenis. Yakni kebutuhan jasmani yang dikenal dengan material dan kebutuhan rohani. Keduanya saling berkaitan meski dapat dibedakan.

Kebutuhan Jasmani (Material)

Kebutuhan jasmani adalah arti kebutuhan pokok yang diperlukan oleh setiap orang terkait kebutuhan yang dapat dirasakan oleh badan atau jasmani manusia. Dimana berbagai jenis kebutuhan jasmani ini sangat erat kaitannya dengan berbagai bentuk kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan kebutuhan ini berhubungan dengan masalah fisik, tubuh, ataupun jasmani manusia.

Selain itu pada kebutuhan jasmani ini juga sering dikaitkan dengan penampilan seseorang yang ada hubungannya langsung dengan lingkungan fisik dan non fisik dari tubuh manusia.

Contoh Kebutuhan  Jasmani

Beberapa contoh kebutuhan jasmani dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Makan dan minum

Kebutuhan makan dan minum merupakan jenis kebutuhan pangan yang sangat penting untuk dipenuhi setiap orang. Dengan terpenuhinya kebutuhan makan dan minum, maka setiap individu dapat merasakan manfaatnya yaitu memiliki sumber tenaga yang kuat pada tubuh atau fisiknya.

Sehingga hal tersebut juga berpengaruh pada semakin mudahnya kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan manusia, karena telah menyimpan energi yang cukup dari hasil kebutuhan makan dan minum yang terpenuhi.

  1. Pakaian

Pakaian juga menjadi kebutuhan jasmani karena dengan memiliki pakaian atau baju maka seseroang dapat menampilkan dirinya menjadi lebih baik dan enak untuk dipandang. Selain itu pakaian juga berguna untuk menutupi bagian tubuh yang seharusnya ditutup dan sangat menjaga tubuh dengan baik.

  1. Olahraga

Kebutuhan olahraga yaitu kebutuhan akan kesehatan fisik dalam diri manusia. Umumnya kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang sangat penting dan baik untuk semua orang. Karena dengan olahraga akan terjaga keseimbangan dan stamina dalam tubuh.

  1. Kesehatan serta istirahat yang cukup

Kebutuhan kesehatan dengan melakukan istirahat yang cukup merupakan salah satu bentuk kebutuhan jasmani karena dengan terpenuhinya kebutuhan ini maka akan berdampak pada rasa nyaman yang timbul dalam fisik atau tubuh seseorang.

  1. Memperoleh tempat tinggal

Kebutuhan papan merupakan salah satu bentuk, kebutuhan jasmani karena wujudnya nyata dapat dirasakan secara langsung yaitu memberikan kenyamanan, rasa terlindungi, dan tempat berteduh dengan adanya rumah atau tempat tinggal, tersebut.

  1. Multivitamin

Kebutuhan untuk menjaga kesehatan dan daya imun tubuh agar selalu kuat dengan memberikannya multivitamin yang baik untuk tubuh. Mutivitamin yang dikonsumsi ini tentusaja bisa didapatkan dengan produk mengandung kimia ataupun herbal.

  1. Transportasi

Kebutuhan berupa tersedianya mobil atau motor untuk mempermudah akses atau perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lainnya menjadi salah satu bentuk kebutuhan material yang diperlukan manusia dalam melangsungkan perjalanan ataupun melakukan berbagai kegiatan.

  1. Uang

Kebutuhan untuk memiliki uang demi kelancaran proses transaksi pada kegiatan ekonomi menjadi salahs atu aspek penting. Alasannya karena kebutuhan uang ini menjadi alat untuk bertukar keperluan, bahkan pada saat ini dikembangkan pula dengan emoney atau uang digital.

  1. Listrik

Kebutuhan untuk memperoleh penerangan dari listrik agar mempermudah segala proses atau kegiatan di malam hari maupun mempermudah berbagai aktivitas yang membutuhkan listrik, seperti melakukan kegiatan menyetrika dan lain sebagainya.

  1. Air bersih

Kebutuhan untuk memiliki air yang bersih agar dapat digunakan untuk kebutuhan minum dalam sehari-harinya dan digunakan untuk masak, mandi dan masih banyak lagi. Kebutuhan terkait dengan air bersih ini tentusaja menjadi prioritas yang harus diutamakan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa berbagai contoh kebutuhan jasmani (material) ini menjadi salah satu jenis kebutuhan yang dapat langsung dirasakan oleh fisik atau tubuh manusia.

Bahkan pemuasan kebutuhan jasmani ini secara langsung dapat dirasakan dari tubuh dari manusia itu sendiri. Apabila kebutuhan jasmani ini tidak dapat terpenuhi dengan baik maka yang akan terjadi yaitu terganggunya masalah kesehatan tubuh yang semakin menurun atau lain sebagainya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *