Contoh Fasilitas Kesehatan di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan pada hakekatnya menjadi suatu langkah atau tahapan yang mampu membuat seluruh aspek kesehatan manusia dapat terjaga, sehingga nantinya setiap arti masyarakat dapat hidup dengan nyaman serta diupayakan terhindar dari berbagai penyakit.

Adapun untuk pembangunan dalam faslitas kesehatan ini ada yang disediakan negara dan adapula yang disedikan oleh berbagai perusahaan swasta. Tetapi pastinya semuanya bertujuan untuk meningkatkan tingkat harapan hidup bagi seluruh anggotanya.

Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan adalah salah satu jenis fasilitas yang diberikan kepada masyarakat secara umum khususnya dalam bidang sarana dan prasarana kesehatan untuk melakukan pencegahan, penanganan, tindak lanjut pengobatan, bahkan rehabilitasi.

Contoh Fasilitas Kesehatan

Berikut dibawah ini yang merupakan contoh berbagai macam fasilitas dalam kesehatan yang mudah ditemukan. Yakni;

  1. Program kesehatan BPJS

BPJS adalah salah satu program pemerintah dalam bidang kesehatan yang memberikan jaminan perlindungan kesehatan mendasar bagi seluruh warga Indonesia. Melalui fasilitas BPJS ini maka masyarakat dapat lebih mudah mendapat pelayanan kesehatan yang umumnya akan terbebas dari berbagai biaya penanganan rumah sakit.

Penyediaan dalam pembayaran BPJS dilakukan setiap bulan, meski demikian untuk perusahaan-perusahaan yang telah merekrut beragam jenis tenaga kerja wajib membayarnya yang di cover dengan gaji setiap bulan untuk para pegawainya.

  1. Rumah sakit

Fasilitas rumah sakit sangat penting dan harus ada dalam suatu negara. Hal ini karena rumah sakit menjadi tempat bagi para pasien yang membutuhkan rawat inap dan harus ditangani oleh dokter. Selain itu rumah sakit juga digunakan untuk orang-orang yang akan memerikasan dirinya karena keluhan yang mereka rasakan.

Oleh karena itu rumah sakit menjadi fasilitas kesehatan primer yang sangat dibutuhkan masyarakat, walaupun pada dasarnya semua orang ingin sehat selalu. Tetapi rumah sakit menjadi sarana yang digunakan untuk proses pengobatan pada masyarakat yang sewaktu-waktu terkena sakit.

  1. Ambulan

Ambulan merupakan transportasi yang digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan tenaga medis. Biasanya ambulan dipakai untuk mengantar pasien dari rumah sakit tempat pemeriksaan ke rumah sakit rujukan serta digunakan untuk kepentingan kesehatan yang lainnya.

Oleh karena itu ambulan memiliki kebebasan tersendiri pada saat ada dijalan raya, yaitu tidak perlu mengikuti panduan rambu lalu lintas. Karena khusus ambulan biasnya digunakan sebagai transportasi mendesak bagi para pasien.

Adapun beberapa contoh ampulan ini juga banyak disedikan secara gratis oleh berbagai lembaga agama. Misalnya saja Nahdlatul Ulama (NU) memberikan pelayanan ambulan gratis untuk masyarakat.

  1. Laboratorium medis

Ruang laboratorium medis merupakan salah satu tempat yang penting dalam dunia kesehatan. Karena dengan adanya laboratorium medis ini maka keluhan-keluhan pasien yang telah diujikan melalui darah maupun sampel lainnya dapat dicek dan diketahui dari hasil laboratorium.

  1. Ruang jaga pasien

Rumah sakit pada dasarnya memang memiliki banyak ruang, mulai dari ruang rawat inap, UGD, PICCU, laboratorium, kantin, bahkan ruang jaga pasien. Semua ruangan tersebut tentu memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing.

Seperti pada ruang jaga pasien yang digunakan untuk menunggu pasien. Biasanya ruang jaga akan digunakan oleh para keluarga pasien, kerabat dan lain sebagainya.

  1. Vaksin Penyakit

Pada saat ini terdapat pelayanan kesehatan lain yang sangat urgen dilakukan pemerintah kepada para guru, tenaga kesehatan, dosen, dan lainnya. Khususnya para lansia, adapun layanan tersebut ialah vaksinasi covid 19 sebagai upaya mencegah virus corona.

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh-contoh fasilitas kesehatan di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *