Contoh Fasilitas Umum di Lingkungan Sekitar

Diposting pada

Contoh Fasilitas Umum

Pada dasarnya banyak fasilitas umum dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Baik berkaitan dengan sarana kesehatan, politik, kesejahteraan masyarakat, kegiatan ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya.

Alasannya karena berbagai jenis fasilitas umum dipergunakan untuk menunjang aktifitas daripada kegiatan yang dilakukan. Sehingga dalam tidaklah heran apabila setiap negara termasuk Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang menyediakan fasilitas-fasilitas tertentu untuk warga negaranya.

Fasilitas Umum

Fasilitas umum adalah segala bentuk sarana dan prasarana yang cenderung lebih sering digunakan untuk kepentingan umum atau publik dan telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan sehingga dapat membantu manusia dalam menyelesaikan segala aspek kehidupan.

Contoh Fasilitas Umum

Berikut dibawah ini yang menjadi contoh fasilitas umum yang ada di lingkungan sosial bermasyarakat. Antara lain;

  1. Jalan tol

Jalan tol adalah jalan yang dibangun untuk mempersingkat suatu perjalanan dari daerah satu ke daerah berikutnya. Sehingga dengan adanya jalan tol ini para pengendara, khususnya bagi transportasi yang beroda empat dapat dengan lebih mudah mencapai tujuan dalam waktu yang lebih cepat.

Selain itu dengan adanya jalan tol ini, maka juga dapat mengurangi kemacetan yang ada di jalan raya pada umumnya.

  1. Tempat pembuangan sampah

Lokasi pembuangan sampah merupakan fasilitas umum yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan. Tempat pembungan sampah yang telah disediakan untuk umum ini pastinya juga berada di lokasi yang jauh dari permukiman warga. Sehingga hal ini tidak akan mengganggu kenyamanan warga sekitar dengan aroma yang tidak sedap.

  1. Halte

Halte juga termasuk fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat dalam menunggu bis. Biasanya fasilitas halte ini akan dilengkapi dengan tempat duduk agar para penumpang bis maupun transportasi angkutan umum lainnya dapat dengan nyaman menunggu bis jurusan yang akan ditumpanginya.

  1. Stadion

Stadion adalah tempat yang digunakan untuk kegiatan olahraga sepak bola. Stadion dianggap sebagai fasilitas umum, karena para penggemar sepak bola dapat melihat pertandingan secara langsung dalam stadion tersebut. Bahkan terkadang stadion bukan hanya berfungsi untuk tempat pertandingan sepak bola, melainkan juga acara-acara lainnya seperti konser, festival, pembukaan pekan olahraga, dan lain sebagainya.

  1. Rambu lalu lintas

Para pengendara sepeda motor maupun mobil pasti tidak asing lagi dengan rambu lalu lintas. Alat yang digunakan sebagai perlengkapan jalan dan berfungsi untuk memberikan peringatan, larangan maupun petunjuk bagi pengendara ini merupakan salah satu contoh fasilitas umum yang dapat dirasakan manfaatnya oleh semua orang, khususnya para pengendara.

Oleh karena itu dengan adanya rambu lalu lintas ini maka para pengendara akan lebih terjaga dan rawan terjadi kecelakaan.

  1. Rumah Sakit

Bangunan rumah sakit bisa dikatakan sebagai bagian daripada fasilitas umum dalam menunjang segala kondisi kegiatan perawatan. Apabila ada orang sakit maka seseorang pasti akan merujuk pada fasilitas ini, tetapi disisi lain apabila berada di pedesaan kadangkala masukd rumah sakit bisa dikatakan Puskesmas.

  1. Pasar

Pusat kegiatan perekonomian salah satunya pasar ialah fasilitas ekonomi yang dibangun pemerintah dengan tujuan pemenuhan segela arti kebutuhan masyarakat. Baik di desa ataupun di Kota. Pasar senantisa mudah untuk ditemukan.

  1. Masjid

Masjid menjadi salah satu kegiatan agama yang juga bisa dikatakan bagian daripada fasilitas umum yang harus dipelihara dan dirawat. Alasannya karena selain sebagai tempat ibadah kadangkala dipergunakan masyarakat untuk berwista dengan mempelajari perkembangan Islam. Sebagimana contohnya dapat dilihat dalam bangunan Masjid Istiqlal.

  1. Musium

Museum merupakan contoh sarana umum yang bernuasa pendidikan, alasanya karena bangunan ini identik dengan nilai-nalai sejarah untuk kemudian bisa diwarsikan kepada generasi muda dalam mengingat pendirian suatu negara. Bangunan ini contohnya saja seperti Misium Sangiran di Seragen, Musim Lampung, dan lain sebagainya.

  1. Toilet Umum

Fasilitas umum lainnya yang ada di sekitarmu barngkali ialah toilet, alasannya karena diberbagai tempat publik seperti halnya taman, tempat hiburan, sekolahan, kampus, dan lain sebaginya tersedia toilet untuk masyarakat dengan tanpa memungut biaya, meski kadangkala ditemukan juga uang kebersihan.

  1. Taman

Taman bisa juga dikatakan sebagai fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintah untuk rakyat adapaun kegunaannya selain sebagai tempat wisata dengan adanya taman juga mengakomodir peningkatakan perekonomian bagi warga sekitar, khususnya yang berjualan.

  1. Gardu

gambar fasilitas umum
Gardu/Cakruk

Gardu yang dalam masyarakat desa bisanya dikatakan dengan cakruk merupakan salah satu fasilitas umum yang termasuk sarana bermain bagi anak-anak untuk mengekpresikan dan menjalin hubungan sosial bersama. Fungsi lain dari garud bisanya dipergunakan untuk menjaga keamanan.

  1. Lapangan

Salah satu jenis fasilitas umum yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal pasti Lapangan. Alasannya karena disetiap wilayah ada space sendiri bagi warganya untuk berkumpul dalam menjalankan aktivitas tertentu, lapangan disini bukan hanya lapangan sepak bola tetapi ada lapangan volly, lapangan bulu tangkis, dan lain sebagainya.

  1. GSG (Gedung Serba Guna)

GSG bisa dikatakan sebagai salah satu fasilitas umum yang biasanya berkaitan dengan semua hal yang tidak dapat disingkirkan atau dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Hal ini karena fasilitas berupa GSG dapat membantu manusia dalam menyelesaikan peremuan dengan jumlah orang banyak.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh fasilitas umum di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan untuk semua kalangan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *