Contoh Interaksi Sosial antara Kelompok dengan Kelompok

Diposting pada

Contoh Interaksi Sosial antara Kelompok dengan Kelompok

Dalam contoh kajian psikologi sosial setidaknya dikenal tiga jenis interaksi, yaitu interaksi sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang kesemuanya saling terkait.

Adapun dalam objek kajian sosiologi interaksi sosial dianggap sebagai faktor terjadinya hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, atau pun kelompok dengan kelompok lainnya. Sehingga pada proses inilah setidaknya interaksi sosial dapat didefinisikan sebagai hubungan timbal balik antara manusia (individu) dengan berbagai segi kehidupan bersama.

Interaksi Sosial antara Kelompok dengan Kelompok

Interaksi sosial kelompok dengan kelompok adalah jenis interaksi sosial yang terjadi antara sekelompok individu dengan sekelompok individu lainnya atau istilah lainnya syarat terjadinya interaksi sosial ini mempertemukan antara dua kelompok orang-orang yang melakukan kegiatan bersama dalam kehidupan.

Selain itu, terdapat kajian empiris yang berkaitan antara satu mata pelajaran dalam mikrososiologi, yang menyangkut sifat interaksi sosial manusia dalam sehari-hari mereka dan agensi dalam skala kecil. Metode termasuk interaksionisme simbolik dan etnometodologi, serta sub-divisi akademis dan studi seperti studi psikososial, analisis percakapan, dan interaksi manusia-komputer.

Contoh Interaksi Sosial antara Kelompok dengan Kelompok

Adapun untuk contoh terjadinya interaksi sosial yang dilakukan antara kelompok dengan kelompok yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain;

  1. Interaksi yang terjadi ketika berlangsungnya pertandingan sepak bola antara dua tim berbeda
  2. Interaksi yang terjadi ketika TNI dan Polri terlibat dalam kerjasama pengamanan kegiatan
  3. Interaksi yang terjadi ketika guru dan murid sebuah sekolah mengadakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
  4. Interaksi yang terjadi ketika terjadi tawuran antar dua kelompok pelajar
  5. Interaksi yang terjadi ketika berlangsungnya lomba antara dua kelompok desa dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus
  6. Interaksi yang terjadi ketika anggota DPR menemui kelompok masyarakat yang melakukan demo
  7. Interaksi yang terjadi ketika Tim gabungan PMR dan tim SAR bekerjasama dalam melakukan misi evakuasi
  8. Interaksi yang terjadi ketika berlangsungnya rapat koordinasi perusahaan antara divisi pemasaran dan divisi produksi
  9. Interaksi yang terjadi ketika WHO dan PMI mengadakan kegiatan amal bersama
  10. Interaksi yang terjadi ketika delegasi dua negara yang berdiskusi pada forum internasional untuk kemudian mencipatakan kerjama internasional
  11. Interaksi yang terjadi antara organisasi sosial kepada masyarakat umum
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa berbagai contoh interaksi sosial yang terjadi kelompok dengan kelompok ini menjadi dasar dari seluruh tatanan sosial. Dimana setiap arti kelompok sosial adalah produk interaksi sosial.

Alasannya karena interaksi adalah fondasi nyata dari semua proses sosial, struktur sosial, kelompok sosial, dan fungsi sosial.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *