Contoh Interaksi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Interaksi Sosial di Masyarakat

Dalam syarat terbentuknya kelompok sosial di masyarakat meletakan interaksi sosial sebagai proses utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial, yang sifatnya dinamis. Dalam hal ini misalnya saja, di dalam sekolah terjadi interaksi sosial antara murid dengan murid dalam satu kelas.

Selain itu ada interkasi yang terjadi guru dengan murid, antarguru, maupun antar murid. Lebih dalam, pembahasan terkait dengan interkasi sosial ini menjadi penting untuk diketahui oleh semua pihak, khususnya yang mendalami objek kajian sosiologi.

Interaksi Sosial

Pengertian interaksi sosial adalah hubungan sosial yang terjadi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Dengan kata lain, Interaksi sosial dimulai ketika minimal dua orang saling bertemu, baik secara langsung ataupun tidak langsung sehingga menghasilkan adanya arti kontak sosial dan komunikasi.

Contoh Interaksi Sosial

Berikut inilah setidaknya ada beragam contoh nyata mengenai kasus di dalam kehidupan masyarakat. Antara lain;

  1. Masyarakat

Contoh nyata yang menjadi cerminan tentang interaksi sosial di masyarakat, ini misalnya saja tentang gotong royong. Masih adanya kegiatan gotong royong atau kerja sama di dalam arti masyarakat sebagai bukti sederhana dari terbentuknya interaksi.

Di Indonesia, kerjasama ini paling kental dijumpai di desa, kota juga ada, tapi biasanya terjadi sekali dalam seminggu.

  1. Antar Kelompok

Contoh dalam bentuk antar kelompok ini, misalnya polisi dan TNI yang bersatu dalam mengentaskan penjahat. Seperti dalam kasus terorisme yang terjadi di sidoarjao dan Surabaya, bahwa pihak polisi dan TNI saling membantu dan bekerjasama dalam kasus tersebut, bahkan ada campur tangan dari kelompok masyarakat.

  1. Kegiatan Sosial

Andil bagian atau bergabung dalam kegiatan sosial misalnya menjadi relawan ketika terjadi sebuah bencana alam seperti para relawan yang berangkat ke lokasi gempa di Lombok untuk memberikan uluran tangan kepada para korban.

  1. Politik

Dalam lembaga politik kerapkapkali ditemukan proses terjadi interaksi sosial. Hal ini tercermin ketika di berbagai wilayah Indonesia akan kembali masuk ke ajang yang paling menghebohkan diantara semua isu belakangan ini, yakni Pemilu.

Dimana pasangan calon dalam kegiatan pemilu, akan melakukan kampanye sebagai wujud untuk  menarik massa supaya memberikan pilihan kepadanya.

  1. Kebudayaan

Masuknya arti kebudayaan musik Korea Selatan ke Indonesia, yakni K-Pop. Hal ini terlihat dari maraknya boy-band dan girl-band Indonesia. Dance, gaya rambut, busana, dan lain sebagainya memang dapat dilihat sama atau menyerupai kebudayaan Korea Selatan. Namun tetap, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

  1. Bisnis dan Kerja

Dalam atmosfir ini, arahan atau perintah dari atasan kepada bawahan, juga karyawan atau pimpinan yang menerima adanya pergantian pimpinan atau karyawan dalam perusahaan. Selain itu, untuk menyelesaikan proyek jalan tol, terdapat di dalamnya dua perusahaan untuk mengerjakan dan menyelesaikan proyek tersebut.

  1. Jual-Beli 

Ini contoh interaksi sosial individu dengan individu. Interaksi sosial yang berlangsung di pasar juga untuk mencapai beberapa tujuan, yaitu untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan dan untuk menjual berbagai macam barang demi memperoleh pendapatan sehari-hari juga biasanya akan berlangsung proses negosiasi atau tawar-menawar.

  1. Keluarga

Contoh Interaksi Sosial Keluarga

Bapak adalah seorang kepala keluarga dan Ibu adalah Seorang Ibu rumah tangga, serta Anak dalam suatu arti keluarga yang memiliki peran sosial dalam mewujudkan interaksi sosial, melalui cara saling menyapa, berbicara, bercerita ataupun bahasa-bahasa isyarat.

  1. Berdebat/Adu Argumen

Berdebat adalah contoh berlangsungnya interaksi sosial. Ketika seseorang berdebat menunjukkan bahwa ada pendapat yang berbeda dan belum dapat disatukan. oleh karena itu mereka berdebat dengan tujuan untuk mendapatkan suatu kesepakatan bersama. Contoh seperti dalam musyawarah atau persaingan seperti dalam lomba debat.

  1. Media Sosial/Perantara

Selanjutnya, komunikasi dalam media sosial biasanya akan lebih mengacu pada interaksi sosial tidak langsung atau adanya perantara. Bentuk ini dewasa ini begitu intim di lakukan oleh masyarakat, sehingga muncul pepatah “yang dekat merasa jauh, yang jauh merasa dekat”.  Contohnya saja dalam hal ini seperti menggunakan Handphone dengan media video call atau chatting.

  1. Saling Memeluk

Saling memeluk atau dengan kata lain berpelukan merupakan suatu pola interaksi sosial yang dilakukan oleh seorang individu dengan individu yang lainnya. Biasanya terjadi ketika menghibur seseorang yang sedang sedih, atau bertemu dengan sanak saudara.

  1. Berjabat Tangan

Selain saling memeluk, berjabat tangan menjadi salah satu contoh interaksi sosial, yaitu ketika  berjabat tangan ada kontak antardua individu, sehingga bisa dikatakan bahwa interaksi sosial sudah berlangsung. Misalnya, dalam persetujuan suatu bisnis antar kolega atau rekan bisnis antar perusahaan.

  1. Kerja sama

Kerja sama merupakan salah satu conoth interaksi sosial yang memerikan dampak positif. Pihak-pihak yang melakukan kerja sama memiliki kesadaran yang sama untuk melakukan hubunan atas dasar kepentingan yang sama. Kerja sama dilakukan untuk mempermudah suatu pekerjaan.

Bentuk kerja sama dapat terjadi dalam berbagai bidang seperti pekerjaan, lingkungan sosial, dan lain sebagainya. Contohnya adalah kerja sama membangun bisnis untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Kerja sama dalam lingkungan masyarakat misalnya membantu tetangga yang kesusahan.

  1. Debat

Debat merupakan contoh interaksi yang sering terjadi. Debat dapat terjadi karena direncenakan, seperti kompetisi debat. Debat tidak direncanakan terjadi secara spontan karena seseorang merasa tidak sependapat degan argument yang disampaikan orang lain.

  1. Bakti Sosial

Bakti sosial terjadi dalam lingkungan masyarakat. Interaksi seperti ini dilakukan dalam rangka kegiatan sosial untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan. Contoh kegiatan bakti sosial antara lain: memberikan bantuan untuk korban bencana alam, bakti sosial berdonasi untuk panti asuhan, membagikan makanan kepada anka-anak terlantar

Bakti sosial memiliki nilai positif yang patut dicontoh. Kegiatan seperti ini memberikan damkap positif bagi banyak orang dengan meringankan beban orang lain.

  1. Kompetisi

Proses interaksi berupa kompetisi dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pengakuan terbaik atas apa yang telah dilakukan. Penghargaan dan pengakuan dari orang lain seringkali menjadi tujuan utama dalam suatu kompetisi. Berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik.

Faktor Interaksi Sosial

Interaksi sosial yang sebagai aksi dan reaksi timbal-balik dipengaruhi beberapa faktor yang berada di luar individu antara lain sebagai berikut:

  1. Imitasi

Pengertian imitasi merupakan tindakan individu untuk meniru perilaku, tindakan, serta penampilan fisik seseorang secara berlebihan. Contohnya, kegiatan cosplay (costume player) yang biasanya mengikuti karakter di anime, seperti Naruto, Sasuke, Luffy, dan lain sebagainya.

  1. Identifikasi

Pengertian identifikasi yakni tindakan individu untuk berusaha menjadi sama persis dengan orang lain, baik secara penampilan fisik atau ide pemikirannya. Misalnya, seorang adik yang mengidentifikasi dirinya dengan kakaknya, karena rasa kagum yang besar sehingga semua hal dikaitkan dengan identifikasi kakak.

  1. Sugesti

Pengertian sugesti adalah pengaruh yang diberikan pada orang lain untuk melakukan suatu tindakan tanpa berpikir panjang. Bisa kita lihat, misalnya, arahan dari pemimpin kepada bawahannya merupakan bentuk sugesti yang efektif.

  1. Motivasi

Pengertian motivasi merupakan dorongan yang diberikan kepada orang lain yang memicunya untuk melakukan suatu tindakan. Misal, Andi yang pemalu untuk kontak dengan teman-temannya sehingga dijauhi. Ini menjadi perhatian wali kelas yang akhirnya memberikan nasihat dan semangat padanya hingga ia menjadi sosok yang percaya diri.

  1. Simpati

Pengertian simpati adalah perasaan seseorang merasa tertarik dengan seseorang atau pihak lain yang didasari untuk memahaminya. Misalnya, mengucapkan selamat atas pernikahannya. Proses interaksi terjadi ketika kita mengucapkan selamat menikah padanya.

  1. Empati

Pengertian empati yakni suatu proses sosial di mana individu bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Contohnya, dalam konteks ini ialah memberikan pertolongan pada korban banjir atau bencana gempa di Lombok yang baru-baru ini terjadi.

Ciri Interaksi Sosial

Secara sederhana, syarat interaksi sosial dalam masyarakat antara lain sebagai berikut:

  1. Terjadi pada dua aktor atau lebih, yang berlangsung secara tatap muka atau langsung, juga tidak langsung (ada perantara).
  2. Adanya aksi-reaksi. Artinya, aksi adalah tindakan sosial yang mengarah pada interaksi, sedangkan respon dari aksi tadi adalah reaksi. Perlu dipahami, tidak ada reaksi, tidak ada interaksi.

Dari penjelasan terkait dengan contoh interaksi sosial di atas, tentu saja secara umum dapatlah dikatakan bahwa keadaan ini menjadi cerminan bahwa, inti sari kehidupan sosial adalah adanya interaksi sosial dalam segala dimensi kehidupan masyarakat.

Demikianlah penjelasan tentang contoh interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui tulisan ini wawasan dan sumber inspirasi yang mendalam bagi segenap pembaca, terutama bagi yang membutuhkan materinya. Terimakasih.

Rating: 3.6/5. From 5 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *