6 Contoh Sikap Cinta Tanah Air dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Cinta Tanah Air

Indonesia sebagai negara dengan memiliki masyarakat majemuk dan masyarakat multikultural sejatinya terdiri dari berbagai macam etnis dan agama yang senantisa haruslah menjunjung tinggi sikap saling menghormati dan menghargai antar sama. Hal ini dilakukan agar tidak memunculkan berbagai macam gesekan-gesekan antar umat beragama. Perwujutan atas sikap ini menjadi bagian daripada pengamalan rasa cinta tanah air.

Disisi lainnya, pengalaman sikap cinta tanah air juga diperlukan dalam lingkungan sosial bermasyarakat, di sekolah, bahkan dalam hubungan sosial antar keluarga. Meskipun diakui ataupun tidak pengalaman ini sejatinya sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Cinta Tanah Air

Cinta tanah air adalah perwujutan atas sikap kecintaan yang dilakukan oleh individu dan kelompok sebagai bagian daripada warga negara, sehingga pada akhirnya mampu untuk menyatukan setiap orang yang bukan dengan genetik, bukan biologis, dan bukan didasarkan pada hubungan pribadi dengan anggota lain dari suatu bangsa, melainkan disatukan oleh identitas, cita-cita, dan tujuan bersama dalam hal kebangsa dan kenegaraan.

Contoh Cinta Tanah Air

Adapun untuk contoh perwujutan sikap cinta tanah air yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Melestarikan lingkungan hidup

Lingkungan hidup diibaratkan sebagai bagian penting yang harus dijaga oleh semua orang. Alasannya karena dengan adanya mencintai, menjaga, serta melestarikan inilah pada akhirnya para generasi kita selanjutnya dalam bisa menikmatinya.

Prilaku yang menggambar adanya cinta tanah air dalam hubungannya dengan lingkungan hidup. Misalnya saja;

  1. Sekolah, Kegiatan untuk bergoting royong setiap hari jum’at dalam membersikan lingkungan sekolahan.
  2. Masyarakat, Adanya usaha yang dilakukan oleh masyarakat di pesisir untuk menanam magrove sebagai upaya mencegah abrasi terhadap lingkungan
  3. Keluarga, Prihal ini misalnya saa pembagian jadwal piket kepada seluruh anggota keluarga
  1. Menggunakan karya anak bangsa

Memberikan penghargaan serta menggunakan karya anak bangsa menjadi bagian penting daripada perwujutan sikap cinta tanah air. Namun yang setidaknya perlu dipahami bahwa cinta tanah air itu sejatinya sama dengan bentuk nasionalisme untuk contoh aksinya, tetapi jikalau nasionalisme dan patriotisme memiliki skala prioritas terbesar ketimbang cinta tanah air.

Contoh cinta tanah air dalam hal ini misalnya saja. Dengan melihat salah satu karya anak bangsa adalah Si Doel Anak Sekolahan yang diangkat ke layar lebarang dengan judul Si Doel The Movie. Sandec Sahetapy, tokoh kebudayaan Internasional Film Festival, berharap fim-film Indonesia ke depan bisa lebih berkembang dan dihargai.

Dia pun sempat menggelar nonton bareng film Si Doel The Movie. Dengan kita menghargai dan menggunakan karya anak bangsa, merupakan cerminan sikap dan perilaku nilai unsur dasar bela negara berupa cinta tanah air.

  1. Mempergunkan produk dalam negari

Pengamalan lainnya yang menjadi bagian daripada contoh sikap cinta tanah air ialah adanya usaha untuk mempergunakan produk dalam negari, di tengah-tengah persaingan pasar bebas yang pada saat ini berkembang. Tujuan utamanya ialah untuk mendorong karya anak bangsa agar lebih bisa bersaing.

  1. Memahami seluruh ruang wilayah NKRI

Terwujudtkan sikap cinta tanah air bisa dilakukan dengan adanya upaya untuk menjaga dan memahami seluruh ruang wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Inonesia) dari benturan ideologis serta kepentingan kapitalisme yang berkembang.

  1. Menjaga nama baik bangsa dan negara

Pengalaman lainnya yang berhubungan dengan cinta tanah air ialah dengan berusaha untuk menjaga nama baik negara dan bangsa Indonesia di mata dunia, prihal ini sejatinya bisa dilakukan oleh semua orang. Contohnya saja ketika pelajar mendapatkan penawaran beasiswa untuk melanjutkan studinya di luar negari.

Maka, setidaknya usaha yang bisa dilakukan dengan terus belajar dengan tekun dan menghargai aturan-aturan negara dimana ia tinggal

  1. Tidak mengenal fanatisme kedaerahan

Pengamalan atas sikap cinta tanah air bisa dilihat dari adanya usaha untuk mengenal wilayah tanah air dengan tanpa rasa fantisme berlebihan. Prihal ini tentusaja arti fanatisme ialah menggap bahwa daerahnya lebih bagus dibandingan dengan daerah lainnya.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh pengamalan sikap cinta tanah air di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *