8 Contoh Kelompok Sosial Nyata di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kelompok Sosial Nyata

Sudah menjadi kesepatakan bersama bahwa adanya bentuk kelompok sosial berdasarkan proses terbentuknya terbagi atas 2 macam. Yaitu kelompok sosial semu dan kelompok nyata.

Dimana arti kelompok semu adalah kelompok yang terbentuk secara spontan dalam waktu sementara. Sebagai contoh penonton pertandingan olahraga di stadion. Sedangkan untuk kelompok nyata adalah kelompok yang sifatnya tetap. Sebagai contohnya saja adanya perkumpulan mahasiswa di suatu perguruan tinggi.

Kelompok Nyata

Kelompok nyata adalah arti kelompok sosial yang bersifat tetap sekaligus kontinu. Sehingga untuk sebagian besar kelompok sosial yang berkembang di masyarakat yang dapat kita jumpai sampai saat ini termasuk dalam kategori kelompok nyata.

Oleh karena alasan itulah, salah satu cara untuk menentukan apakah sekumpulan orang dapat dianggap sebagai kelompok sosial adalah jika individu yang termasuk dalam kumpulan tersebut menggunakan kata ganti rujukan-diri “kami”, karena individu menganggap dirinya sebagai bagian dari sebuah kelompok.

Contoh Kelompok Nyata

Contoh kelompok nyata yang berkembang di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kelompok penduduk usia tertentu di suatu wilayah

Kelompok penduduk pada usia tertentu di suatu wilayah merupakan contoh kelompok sosial nyata yang termasuk dalam jenis kelompok statistik, yang ditandai oleh beberapa ciri yaitu tidak terhimpun atau terorganisir dalam wadah tertentu.

  1. Kelompok remaja yang mempunyai akun media sosial

Kelompok remaja yang memiliki akun media sosial juga merupakan contoh kelompok nyata yang termasuk dalam jenis kelompok statistik, yang ditandai oleh beberapa ciri yaitu tidak ada kesadaran sebagai bagian dari kelompok, serta tidak ada interaksi, interelasi, dan komunikasi yang dilakukan secara terus-menerus.

  1. Orang-orang yang termasuk dalam kelompok ras tertentu

Ras didasarkan pada ciri atau karakteristik fisik dan garis keturunan tertentu. Ras adalah contoh kelompok nyata yang termasuk dalam jenis kelompok sosietal, yang terbentuk secara alami dan spontan, serta tanpa adanya perencanaan, tapi mencakup orang-orang yang memiliki kesamaan ciri fisik tertentu, misalnya ras mongoloid memiliki ciri rambut lurus berwarna hitam, kelopak mata sipit, warna kulit putih cenderung kuning dan sawo matang.

  1. Orang-orang yang termasuk dalam kelompok agama tertentu

Seperti halnya ras, orang-orang dalam kelompok agama tertentu merupakan contoh kelompok nyata yang termasuk dalam jenis kelompok sosietal, yang terbentuk secara alami dan spontan karena adanya kesamaan keyakinan atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Keluarga

Keluarga adalah bagian contoh kelompok nyata yang termasuk dalam jenis kelompok sosial publik yang salah satunya dicirikan oleh adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok, yaitu kesadaran sebagai anggota keluarga untuk saling menyangi sekaligus melindungi.

  1. Kelompok teman

Kelompok teman merupakan contoh kelompok nyata yang termasuk dalam jenis kelompok sosial karena selain memiliki kesadaran sebagai anggota kelompok, mereka juga melakukan interaksi dan interelasi, sehingga terjadi komunikasi yang intens.

  1. Organisasi profesi

Organisasi profesi merupakan contoh kelompok nyata yang termasuk dalam jenis kelompok asosiasi. Organisasi profesi dapat diartikan sebagai perkumpulan yang dibentuk untuk memajukan kepentingan orang-orang yang menjalankan profesi tertentu, memajukan profesi tertentu, dan melayani kepentingan umum.

Kebanyakan dari mereka adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memenuhi kepentingan anggotanya dengan memfasilitasi koneksi, komunikasi, dan inovasi.

  1. Organisasi Partai Politik

Organisasi sosial partai politik merupakan contoh kelompok nyata yang juga termasuk dalam jenis kelompok asosiasi. Partai politik itu sendiri bisa diartikan sebagai organisasi yang berupaya untuk mengoordinasikan kandidat agar mampu bersaing dalam pemilihan negara tertentu.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kelompok nyata di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.