Ciri Solidaritas Mekanik dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Ciri Solidaritas Mekanik

Solidaritas pada hakekatnya lebih merujuk pada kemampuan sosial yang barangkali menekankan saling ketergantungan antara individu dan kelompok di masyarakat sehingga hal ini memungkinkan individu merasa bahwa mereka dapat meningkatkan kehidupan orang lain.

Atas dasar inilah terdapat prinsip inti dari tindakan kolektif dan didasarkan pada nilai-nilai dan kepercayaan bersama di antara berbagai kelompok dalam masyarakat. Disisi lain, dalam teori sosiologi dan tokohnya terkhususnya Durkheim membagi soidaritas kedalam 2 jenis. Yakni solidaritas mekanik dan solidaritas organik dengan karakteristik yang berbeda.

Solidaritas Mekanik

Solidaritas mekanik adalah terbentuknya integrasi sosial dari anggota masyarakat yang memiliki nilai dan kepercayaan yang sama. Sehingga atas dasar serangkaian arti nilai-nilai dan kepercayaan yang sama ini pada akhirnya mampu  membentuk “hati nurani kolektif” yang bekerja secara internal di setiap anggota yang menyebabkan proses kooptasi atau bekerjasama dapat terjadi.

Alasannya karena dalam pandangan Durkheim sebuah kekuatan mampu menyebabkan anggota masyarakat bekerja sama sangat mirip dengan energi internal pada molekul-molekul bersatu dalam padatan, tentusaja disini Durkheim menggunakan terminologi ilmu fisika dalam menciptakan istilah solidaritas mekanis dalam masyarakat pedesaan.

Ciri Solidaritas Mekanik

Setidaknya ada beberapa ciri terbentuknya solidaritas mekanik di lingkungan sosial bermasyarakat. Antara lain;

  1. Kesamaan Prilaku dan Sikap lebih diutamakan

Karakterisk yang menonjol dari solidaritas mekanik dalam masyarakat ialah pemanaan akan sikap dan prilaku yang dilakukan seseorang akan lebih diutamakan, ketimbang status sosial dan prilaku yang dijalankan. Sehingga hal ini kemudian mampu memberikan proses sosial dan interaksi sosial yang terlibat di dalamnya.

  1. Tidak terlihat pembagian kerja yang cukup ketat

Pada masyarakat dengan solidaritas mekanik pada hakekatnya tidak terlihat begitu nyata sistem sosial terkait pembagian kerja. Bahkan dalam jenis tenaga kerja yang tersedia juga sangatlah homogen artinya semuanya sama, dalam hal ini lebih mencolok pada agraris atau pertanian.

  1. Ketidakhadiran anggota bisanya tidak berpengaruh pada kelangsungan hidup

Solidaritas mekanik juga dianggap sebagai kesadaran akan minat, tujuan, standar, dan simpati bersama yang menciptakan rasa kesatuan psikologis dalam kehidupan berkelompok. Meskipun demikian pada tahapannya ketika tengah berlangsung arti diskusi kehadairan individu tertentu dengan jumlah sedikit bisanya tidak terlelalu berpengaruh pada keberlangsungan hidup.

  1. Mengutamakan kesadaran kolektif

Kesadaran bersama yang akhirnya membentuk kesatuan dalam masyarakat dengan ciri khas solidaritas mekanik bisanya lebih diutamakan. Maka sanksi sosial yang diberikan sejatinya lebih bersifat luwes, ketimbang pada masyarakat dengan solidaritas organik.

  1. Kehidupan masyarakat masih sederhana

Dalam karakteristik untuk solidaritas mekanik di masyarakat sejatinya mengacu pada ikatan sederhana dalam masyarakat yang mengikat orang bersama sebagai satu kesatuan. Istilah ini umumnya digunakan dalam sosiologi dan ilmu sosial lainnya yang menggambarkan pada masyarakat pedesaan.

Contoh Solidaritas Mekanik

Adapun untuk berbagai contoh kehidupan yang menggabarakan pada solidaritas mekanik, misalnya saja;

  1. Upacara Adat

Sistem sosial yang menggambarakan tentang solidaritas mekanik ialah terselenggarakan upacara adat yang ada di berbagai arti suku dan makna budaya di berbagai daerah Indonesia. Dalam penyelnggaraan tersebut terbentuk rasa kebersamaan dalam suatu kelompok yang menyangkut kesetiakawanan dalam mencapai tujuan dan keinginan yang sama, yakni dalam pelestarian kearifan lokal.

  1. Kerjasama Memindahan Rumah di Desa

Kerjasama dalam memindahkan rumah masyarakat di desa pada dasarnya merupakan wujud penjelasan daripada terjadinya bentuk solidaritas mekanik yang bisa terjadi antara individu dengan individu yang lain, atau kelompok dengan kelompok yang lain.

Hingga akhirnya menjadikan terwujudnya sebuah hasil untuk bisa dinikmati secara bersama-sama. Dalam hal ini dengan bentuk kerjasama memindahkan rumah diharapkan dapat memberikan suatu kegunaan pada anggota kelompok yang turut serta dan tujuan utamanya adalah bisa dirasakan oleh anggota kelompok yang mengikutinya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai ciri-ciri solidaritas mekanik di masyarakat beserta dengan contoh wujudnya. Semoga saja mampu memberikan bahasan dan uraian mendalam bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *