Pengertian Manajemen Publik, Ruang Lingkup, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Manajemen Publik

Diakui ataupun tidak, dalam sistem sosial kepemerintahan senantisa melakukan pelayanan kepada masyarakat yang sejatinya bukan hanya ditujukan untuk dirinya sendiri, melainkan untuk melayani masyarakat. Oleh sebab itu, tugas untuk melakukan manajemen publik dalam hal ini haruslah dilakukan oleh pemerintah beserta seluruh stafnya sebagai pengelola utama manajemen publik.

Adapun untuk contoh pelayanan yang diberikan pemerintah melalui manajemen publik misalnya saat masyarakat menginginkan transporatsi umum yang murah, cepat, menjangkau jarak jauh, dan tentunya nyaman, pemerintah membangun commuter line.

Manajemen Publik

Manajemen publik sejatinya dipergunakan oleh pemerintah dan sektor nirlaba. Keadaan ini tentusaja dapat menggunakan pendekatan bisnis dan manajemen sektor swasta untuk mengelola penyediaan layanan kepada publik. Meskipun barangkali peristilahan ini terdengar seperti pernyataan yang berani dan berlebihan, tapi banyak dari apa yang kita lihat sebagai peradaban bergantung pada layanan publik.

Namun yang pastinya, pelayanan publik disebut juga pelayanan sipil adalah semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat oleh pemerintah.

Pengertian Manajemen Publik

Manajemen publik adalah bagian daripada adanya cabang ilmu administrasi publik yang mengkaji tentang restrukturisasi organisasi sosial, sistem penganggaran, manajemen sumberdaya dan evaluasi program. Sehingga dalam hal ini adanya manajemen publik sering keliru diyakini sama dengan administrasi publik. Meskipun ada beberapa tumpang tindih, kedua disiplin tersebut sebenarnya menggunakan rangkaian tugas profesional yang berbeda.

Pengertian Manajemen Publik Menurut Para Ahli

Adapun definisi manajemen publik menurut para ahli, antara lain:

  1. Overman (1984)

Manajemen publik adalah sebagai sebuah penelitian interdisipliner dalam organisasi dan merupakan perpaduan dari perencanaan, pengorganisasian, serta pengendalian fungsi manajemen.

  1. Ott Hyde dan Shafritz (1990)

Manajemen publik ialah serangkaian upaya untuk memfokuskan pada bagaimana organisasi publik dengan adanya proses mengimplementasikan kebijakan publik yang telah disepakati bersama.

  1. Donovan dan Jackson (1991)

Manajemen publik adalah bagian daripada adanya aktivitas yang dilakukan dengan serangkaian keterampilan (skill).

  1. Shafritz dan Russel (2008)

Manajemen publik adalah upaya seseorang untuk bertanggungjawab dalam menjalankan suatu organisasi, dan pemanfaatan sumber daya (orang dan mesin) guna mencapai tujuan organisasi.

  1. Yeremias T. Keban

Manajemen publik adalah bagian daripada adanya serangkaian bentuk upaya untuk menunjuk pada manajemen instansi pemerintah.

Ruang Lingkup Manajemen Publik

Manajer publik dapat beroperasi di dua bidang yang berbeda, yaitu manajemen internal dan eksternal organisasi publik. Berikut penjelasannya:

  1. Internal

Dalam hal ini adalah manajer publik harus memahami bagaimana mengelola risiko dan perubahan dalam organisasi masing-masing. Hal ini menuntut agar mereka tetap mengetahui kondisi masyarakat yang dapat mempengaruhi kemampuan organisasi mereka untuk berfungsi secara optimal.

Dengan mengakui risiko tersebut, manajer dapat mengambil tindakan pencegahan yang sesuai untuk mengurangi risiko yang teridentifikasi dan mempersiapkan staf mereka untuk beradaptasi dengan ketidakstabilan kondisi buruk yang mungkin terjadi pada organisasi.

  1. Eksternal

Manajemen publik setidaknya memerlukan upaya terkemuka untuk berkolaborasi dengan kelompok swasta untuk mendukung adopsi kebijakan publik. Dalam kapasitas ini, manajer publik bekerja dengan warga negara dan organisasi publik lainnya untuk menjaga agar program publik berjalan dengan lancar.

Untuk melakukan tersebut, manajer melakukan tugas-tugas seperti mengoordinasikan sumber daya manusia publik untuk membantu proyek tertentu atau membantu komunitas tertentu mengamankan pembiayaan yang diperlukan untuk melaksanakan program publik.

Tanggung Jawab dalam Manajemen Publik

Secara umum perlu juga kita ketahui bahwa lingkup tanggung jawab dari seorang manager publik , diantaranya yaitu:

  1. Mengembangkan kebijakan dan strategi tingkat negara dan sektor untuk masalah tata kelola dengan berkonsultasi dengan lembaga pemerintah terkait
  2. Melakukan dialog dengan pejabat pemerintah tentang kebijakan dan reformasi pemerintahan
  3. Memimpin dan berpartisipasi dalam tim negara dan memberikan masukan tentang masalah tata kelola untuk Strategi Kemitraan Negara atau Country Partnership Strategy (CPS)
  4. Berkoordinasi dengan kantor lapangan untuk konsistensi pendekatan, pertukaran pengalaman, dan perbaikan terus-menerus dari praktik dan integrasi komitmen kebijakan tata kelola untuk pengelolaan proyek
  5. Berhubungan dan berkoordinasi dengan badan-badan pembangunan mengenai pinjaman program dan proyek-proyek investasi
  6. Berkontribusi secara substansial dalam penyusunan strategi kemitraan negara dan analisis makroekonomi
  7. Berkomunikasi dengan kelompok pemangku kepentingan utama, termasuk badan pelaksana dan pelaksana, pemerintah federal dan kelompok kepentingan khusus dari masyarakat sipil

Tujuan Manajemen Publik

Tujuan dari manajemen publik yang baik adalah;

  1. Mengoptimalkan efisiensi dan efektivitas serta meningkatkan layanan kepada pelanggan (customer service). Sehingga dalam hal ini manajemen dan administrasi publik penting bagi pemerintah untuk menggelar pelayanan kepada publik.
  2. Menjadikan proses perencanaan dan penetapan kebijakan yang mendasari layanan publik tersebut.
  3. Melaksanakan operasi manajerial organisasi publik

Manfaat Manajemen Publik

Manajemen publik memiliki beberapa fungsi atau manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Sebagai pelayan publik

Manajemen publik berfungsi sebagai pelayan publik sehingga pemerintah sebagai pengelola tidak boleh berfokus pada profit atau keuntungan saja, melainkan berfokus pada upaya untuk melayani masyarakat.

  1. Sebagai pemecah masalah

Manajemen publik berfungsi sebagai pemecah masalah sehingga pemerintah harus bisa menangani permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan membuat peraturan dan kebijakan yang adil.

Contoh Manajemen Publik

Contoh karir yang menjadi kajian daripada adanya manajemen publik meliputi:

  1. Direktur anggaran
  2. Manajer keterlibatan komunitas
  3. Manajer pembangunan ekonomi
  4. Manajer hubungan pemerintah
  5. Administrator pendidikan tinggi
  6. Manajer kota dan kabupaten
  7. Direktur urusan publik
  8. Analis kebijakan publik

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian manajemen publik menurut para ahli, ruang lingkup, tujuan, manfaat, dan contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.