Ciri Pergaulan Bebas dan Penjelasannya

Diposting pada
Karakteristik Pergaulan Bebas
Pergaulan Bebas

Pergaulan  bebas yang ada di masyarakat pada kenyataannya memberikan pengaruh besar yang mencakup berbagai tingkatan, mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, hingga negara. Sehingga mengakibatkan beberapa hal negative seperti menurunnya tingkat kesehatan masyarakat, menurunkan prestasi siswa dalam bidang pendidikan, merenggangkan keharmonisan dalam lingkungan keluarga, meningkatkan tingkat kejahatan dalam arti kriminalitas, dan juga menyebarluaskan penularan penyakit.

Oleh karena itulah penting analisis yang menjadi kajian apa sebenarnya karakteristik adanya pergaulan bebas di masyarakat. Sehingga bisa menjadi kajian holistik agar semua orang dapat mengantisipasinya.

Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas tersusun dari dua kata dasar yaitu pergaulan dan bebas. Pergaulan secara mendasar merupakan sekumpulan proses interaksi antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok, dalam suatu kesatuan lingkungan masyarakat. Sedangkan bebas memiliki makna terlepas dari sejumlah peraturan, tuntutan, kewajiban serta kaidah sosial dalam arti norma sosial yang mengikat.

Pergaulan bebas memiliki keterkaitan dengan proses pembentukan kepribadian dalam diri seseorang. Pergaulan bebas umumnya merebak luas pada kaum remaja. Dalam hal ini, remaja memiliki sifat sangat rentan sehingga mudah terpengaruh oleh pola pergaulan yang terbentuk  pada lingkungan sekitar sehari- hari.

Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan definisi pergaulan bebas menurut para ahli, antara lain yaitu:

  1. Gunarsa, Gunarsa mendefinisikan pergaulan bebas sebagai pola pergaulan yang bebas dan luas, yang meilbatkan peran pemuda perempuan dan laki- laki. Selain itu, tidak hanya melibatkan dua orang saja melainkan bisa dilakukan oleh sekumpulan pemuda pemudi dalam lingkup yang lebih luas.
  2. Wikipedia, Wikipedia mendefinisikan pergaulan bebas sebagai praktik pergaulan yang di dalamnya melibatkan sejumlah aktivitas seksual secara bebas oleh pasangan tertentu bahkan dilakukan dengan pasangan yang berbeda dengan tujuan pemenuhan hasrat seksual.

Ciri Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas memiliki sejumlah ciri-ciri sebagai berikut:

  • Rasa keingin tahuan yang mendalam terhadap sesuatu hal yang bersifat negatif

Salah satu karakteristik pergaulan bebas adalah kemunculan rasa keingin tahuan yang mendalam  terhadap sesuatu hal yang bersifat negatif. Seringkali individu atau kelompok merasa penasaran dan ingin sekali mencoba, meskipun hal itu bersifat negatif.

  • Terjadinya perubahan signifikan dalam pengendalian emosi, pikiran, serta lingkungan

Karakteristik lain dari pergaulan bebas menunjukkan frekuensi seringnya seseorang yang terlibat pergaulan bebas adalah mengalami tekanan secara mental dan emosional. Selain itu mengakibatkan perasaan mudah gelisah,tidak sabar, juga seringkali ketakutan.

  • Adanya sifat maupun sikap yang tidak bertanggung jawab

Karakteristik yang mengindikasikan seseorang terlibat dalam pergaulan bebas adalah tidak adannya sifat maupun sikap yang bertanggung jawab. Para pelaku pergaulan bebas seringkali tidak konsisten dengan perbuatan yang telah dilakukan.

  • Tidak memiliki kontrol dalam melakukan kegiatan ekonomi

Ciri selanjutanya yang mungkin kerapkali ditemukan adalah ketika adanya kontrol sosial dalam melakukan kegiatan ekonomi. Hal ini bisa diabtraksikan sebagai berbelanja, seseorang yang sudah terjangkit dalam pergaulan bebas biasanya mudah untuk menghabiskan uang dalam upaya membeli apapun yang ia inginkan.

  • Bertindakan melanggar nilai dan norma di masyarakat

Ciri selanjutnya yang ada dalam pergaulan bebas adalah terkait dengan penyimpangan sosial yang mana bisanya hal ini dilakukan dengan menaggar nilai sosial serta berbagai contoh norma sosial yang sudah ada di masyarakat. Kongritnya tindakan yang bisa dilakukan adalah tidak mengindahkan untuk pulang larut malam dalam masyarakat pedesaan.

Dari penjelasan diatas, sejatinya dalam pergaulan bebas menjadi bagian perilaku menyimpang yang melanggar seperangkat aturan yang mengatur pola perilaku serta sikap masyarakat, yang termanifesatsikan ke dalam  norma. Norma yang terkait dalam hal ini adalah norma agama serta norma kesusilaan.

Sehingga sangatlah pantas, jikalau pergaulan bebas merupakan manifetasi dari  perilaku negatif, yang seringkali berperan sebagai ekspresi penolakan remaja terhadap sejumlah kaidah norma yang mengikat masyarakat. Dalam perkembangannya, pergaulan bebas menjadi fenomena sosial yang menimbulkan ketidaknyamanan dalam lingkungan sosial masyarakat sehari- hari. Yang bisa berdampak;

  1. Terjangkitnya berbagai macam penyakit yang mengancam jiwanya
  2. Membuat prestasi menurun sehingga masa depan menjadi tidak terarah
  3. Diberikan lebeling yang buruk oleh masyarakat
  4. Menyabankan ketidakharmonisan dalam lingkungan keluarga

Itulah tadi uraian yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan ciri-ciri pergaulan bebas yang ada di masyarakat, dampak, dan penjelasannya. Semoga bisa memberikan edukasi, referensi, seta literasi bagi semuanya kalangan yang memperlukan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *