Pengertian Administrasi Keuangan, Fungsi, Manfaat, Komponen, dan Klasifikasinya

Diposting pada

Administrasi Keuangan Adalah

Uang adalah alat tukar yang digunakan manusia dalam menentukan nilai sosial suatu barang. Uang yang berkurang nilai tukarnya dapat dikatakan sebagai inflasi keuangan. Dalam pengaturan keuangan disebut sebagai finansial. Manajemen finansial yang baik dapat membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi pengelolanya. Dalam kegiatan pekerjaan, yang mengatur uang disebut sebagai administrasi keuangan. Oleh karena itulah pada artikel kali ini kita akan membahas materi pengertian administrasi keuangan.

Administrasi Keuangan

Administrasi keungangan sering dikenal juga dalam kehidupan masyarakat sebagai nyawa dari perusahaan. Administrasi keuangan termasuk ke dalam jajaran staff yang berada di bawah naungan dalam ketegori pengertian supervisor.

Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan adalah pengelolaan semua aktivitas yang berhubungan dengan keuangan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan pencatatan pemasukan dan pengeluaran pembiayaan berbagai kegiatan organisasi/perusahaan, dimana bentuknya berupa tata usaha atau tata pembukuan keuangan.

Perusahaan yang mengatur keuangan yang baik memerlukan petugas administrasi keuangan yang memadai dalam skill, penataan, serta kedisiplinan tinggi. Nyawa suatu perusahaan dipegang oleh bagian staff administrasi keuangan. Supervisor dalam hal ini diharuskan untuk memilih petugas administrasi keuangan dengan jeli serta diperhatikan ketelitian dalam mengatur keuangan perusahaan.

Pengertian Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Definisi administrasi keuangan diberikan pengertian yang berbeda oleh ahli, antara lain;

The Liang Gie

Dirinya mengemukakan bahwa arti dari administrasi keuangan adalah perencanaan, penyediaan, dan penggunaan uang dalam suatu perusahaan/organisasi. Baca jugaPerbedaan Lembaga dan Organisasi/Asosiasi

Administrasi keuangan merupakan kegiatan penataan keuangan, yang mencakup penyusunan anggaran belanja, pemberian upah pekerja, pemasukan dana perusahaan/organisasi, penentuan sumber dana, cara pemakaian, hingga pembukuan.

Fungsi Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan merupakan bagian dari staff karyawan pada suatu perusahaan. Pada saat menjalankan tugasnya, administrasi keuangan memiliki fungsi penting dalam kinerjanya di suatu perusahaan. Berikut adalah fungsi-fungsi dari administrasi keuangan.

Fungsi Investasi

Fungsi investasi yang dimaksud dalam fungsi administrasi keuangan adalah sebagai penyimpanan debit perusahaan yang nantinya akan dipergunakan untuk keperluan perusahaan di kemudian hari. Investasi yang terjadi pada administrasi keuangan dibedakan menjadi 2, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Penjelasan tentang pembagian investasi adalah sebagai berikut.

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang pada hakikatnya adalah harta milik perusahaan dengan nilai tinggi yang dipergunakan untuk keperluan dimasa yang akan datang. Investasi jangka panjang biasanya meliputi tanah, gedung, alat produksi, kendaraan perusahaan, dan lain sebagainya.

Investasi Jangka Pendek.

Harta yang dimiliki perusahaan dengan nilai rendah serta dalam penggunaannya lebih cepat habis dinamakan sebagai investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek biasanya meliputi debet, kredit, perlengkapan produksi, dan lain sebagainya.

Fungsi Mencari Dana

Fungsi administasi keuangan yang kedua adalah fungsi mencari dana. Fungsi mencari dana dalam administrasi keuangan digunakan untuk menyediakan dana bagi perusahaan guna keperluan keuangan perusahaan. Dalam hal ini, penggunaan fungsi mencari dana dalam fungsi administasi keuangan adalah untuk mencari sponsor dan mencari donatur bagi perusahaan.

Fungsi Belanja

Fungsi belanja pada fungsi administrasi keuangan adalah seorang administrasi keuangan dipercaya untuk membelanjakan dana perusahaan yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari perusahaan. Dalam hal ini, bagian staff karyawan administrasi keuangan akan membelanjakan dana perusahaan sebagaimana mestinya.

Fungsi Bagi Hasil

Kegunaan staff karyawan bagian administrasi keuangan selanjutnya adalah fungsi bagi hasil. Tugas yang diberikan dari supervisor untuk dikerjakan seorang staff karyawan administrasi keuangan adalah memberikan upah yang sudah menjadi hak bagi karyawan lain. Tentunya pemberian upah yang dilakukan seorang administrasi keuangan sudah melalui penawasan seorang manajer perusahaan.

Manfaat Administrasi Keuangan

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang posisi staff karyawan administrasi keuangan memiliki tugas penting dalam bertugas di perusahaan. Administrasi keuangan mempunyai 3 manfaat utama. Manfaat tersebut adalah manfaat penerimaan, manfaat pencatatan, dan manfaat pengeluaran perusahaan. Penjelasan tentang manfaat administrasi keuangan adalah sebagai berikut;

Penerimaan

Administrasi keuangan memiliki fungsi menyalurkan dana perusahaan yang telah menjadi hak upah bagi karyawan perusahaan. Dalam hal ini, administrasi keuangan mempunyai manfaat penerimaan bagi para karyawan perusahaan yang lainnya.

Pencatatan

Manfaat administrasi keungan bertugas mencatat dana perusahaan/organisasi yang telah masuk atau keluar. Kepercayaan seorang supervisor dalam memilih petugas staff administrasi keuangan pasti telah melalui beberapa prosedur ketat perusahaan. Ketelitian serta kedisiplinan diperlukan dalam pemilihan petugas administrasi keuangan perusahaan. Dengan fungsi tersebut maka administrasi keuangan memiliki manfaat pencatatan dana dana perusahaan.

Pengeluaran

Administrasi keuangan memiliki manfaat mengeluarkan dana perusahaan yang hendaknya ditulis dalam pembukuan agar semua jajaran tertinggi perusahaan seperti manajer hingga pimpinan perusahaan dapat mengetahui pengeluaran perusahaan. Pengeluaran perusahaan meliputi pengeluaran kebutuhan perusahaan hingga pengeluaran untuk memberikan dana upah karyawan staff perusahaan.

Komponen Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan memiliki beberapa komponen dalam menjalankan tugasnya untuk perusahaan tempat bekerja. Komponen administrasi keuangan dibagi menjadi 2, yaitu perencanaan keuangan dan penganggaran keuangan. Penjelasan komponen administrasi keuangan adalah sebagai berikut.

Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan adalah aktivitas merencanakan pemasukan dan pengeluaran dana perusahaan setiap kali terdapat transaksi keuangan. Untuk mencatat dana perusahaan diperlukan ketelitian yang tinggi agar tidak terjadi min plus keuangan. Baca juga; Pembangunan Ekonomi dan Tahap Perencanaannya

Penganggaran Keuangan

Penganggaran keuangan adalah aktivitas yang terjadi untuk mennyimpan anggaran perusahaan guna menyukupi kebutuhan perusahaan. Anggaran keuangan meliputi pemasukan, pengeluaran, dan kegiatan keuangan perusahaan.

Petugas Administrasi Keuangan

Petugas yang mengatur dalam pengelolaan keuangan, antara lain adalah sebagai berikut;

Sekretaris

Sekertaris merupakan seorang petugas administrasi keuangan pada perusahaan dalam tingkat menengah. Sekertaris dalam hal ini memiliki jabatan dibawah supervisor namun berada dalam pengawasan langsung pemimpin perusahaan. Sekertaris memiliki tanggung jawab untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan yang berhubungan langsung dengan pihak bank.

Bendahara

Bendahara dalam administrasi keuangan perusahaan dalam hal ini disebut dengan kasir. Bendahara memiliki posisi dibawah supervisor. Tugasnya adalah untuk membawa uang perusahaan dengan catatan-catatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan.

Manajer Keuangan

Manajer keuangan adalah tugas seorang posisi tertinggi dari administrasi keuangan. Manajer keuangan berada dalam posisi diatas supervisor dan berada setara pada manajer perusahaan. Manajer keuangan bertugas untuk memeriksa keuangan perusahaan.

Nah, artikel diatas merupakan penjelasan materi tentang administrasi keuangan yang dikaji melalui pengertian, fungsi, manfaat, komponen, dan klasifikasinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca dalam menambah ilmu pengetahuan. Terima kasih!

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *