Fungsi Administrasi Keuangan Secara Umum

Diposting pada

Fungsi Administrasi Keuangan
Perencanaan keuangan biasanya dilakukan diawal periode. Acuan dari perencanaan berasal dari catatan keuangan pada bulan sebelumnya. Perencanaan ini disusun sedemikian rupa oleh perusahaan, organisasi sosial, ataupun dalam lembaga pendidikan. Tentusaja bertujuan agar pelaksaanaan satu periode lebih baik dari pada periode sebelumnya.

Bahkan dengan menetapkan target yang baru sesuai dengan kemampuan masing-masing institusi akan bermanfaat dalam pengaturan atas transaksi yang dilakukan selama proses transaksi selama periode berjalan.

Administrasi Keuangan

Pengertian administrasi keuangan dilakukan secara berkala yaitu sebulan sekali. Setiap bulan bagian akan membuat laporan atas penggunaan selama periode tersebut. Pertanggungjawaban secara rutin akan mengurangi resiko yang harus ditanggung.

Berdasarkan laporan yang dibuat itulah pemilik perusahaan atau instansi pemerintahan secara umum dapat melakukan pengecekkan atas transaksi yang telah dilakukan. Pengawasan secara rutin akan mengurangi segala jenis penyelewengan yang menimbulkan kerugian untuk pihak tertentu.

Fungsi Administrasi Keuangan

Sebagai penjelasan lebih mendalam berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki dalam adminstrasi keuangan. Antara lain;

  1. Investasi jangka pendek

Administrasi keunagan berfungsi sebagai bahan pertimbangan untuk penentuan investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek yang mungkin dilakukan oleh perusahaan berkaitan dengan aktiva lancar yang dimiliki oleh perusahaan.

Aktiva lancar tersebut meliputi kas, piutang, utang jangka pendek, dan lain-lain. Investasi jangka pendek ini dapat membantu keuangan perusahaan apabila perusahaan membutuhkan dana dalam waktu yang singkat dan memiliki jaminan keuntungan atas investasi tersebut.

  1. Investasi jangka panjang

Suatu partner bisnis dalam menentukan investasi membutuhkan bukti-bukti untuk meyakinankan pihak tersebut untuk melakukan investasi. Salah satu bukti yang penting untuk bahan pertimbangan ialah administrasi keuangan perusahaan.

Investasi jangka panjang memiliki resiko yang besar sehingga dibutuhkan keyakinan yang besar agar seseorang mau melakukan investasi kepada perusahaan yang kita miliki. Beberapa bentuk investasi jangka panjangan adalah kerjasama mendirikan suatu pabrik, modal dalam jumlah besar, dan lain-lain.

Investasi jangka panjang ini biasa dilakukan oleh pihak yang memiliki keberanian atas resiko yang akan ditanggung. Mengingat investasi jangka panjang mengharuskan seseorang melakukan kerjasama dalam jangka waktu yang lama.

  1. Mencari dana

Salah satu kegiatan perusahaan yang wajib dilakukan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Administrasi keuangan akan membuat kita tahu jumlah uang yang kita perlukan untuk kegiatan usaha dalam periode tertentu.

Fungsi ini merupakan hal penting dan perlu diperhatikan dengan benar agar perusahaan dapat terus berkembang. Perkembangan perusahaan harus diiringi dengan pencatatan keuangan yang baik agar perusahaan memiliki akses kemudahan dalam mencari dana.

  1. Pembelanjaan

Berdasarkan pencatatan keuangan perusahaan akan melakukan perencanaan penggunaan dana yang dimiliki. Pencatatan yang jelas akan mempermudah pembagaian uang belanja yang akan digunakan.

Pembelanjaan ini biasanya digunakan untuk mempeli segala jenis, peralatan, perlengkapan, barang dangang, dan lain-lain yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Pembelanjaan yang sesuai dengan kebutuhan akan semakin terasa manfaat yang dirasakan oleh perusahaan dan tidak ada barang yang terbuang, karena pembelian yang tidak jelas.

  1. Pembagian laba

Penghitungan keuangan akan mempermudah kita dalam pembagian laba yang dimiliki perusahaan. Perusahaan akan melakukan pembagian laba setiap periode tertentu kepada pemegang saham perusahaan. Dasar pembagian laba ini berasal dari laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan. Tentunya pembagian laba dilakukan setelah membayar pajak dan memebuhi kewajiban lainnya yang harus dibayar.

Pembagian laba yang dilakuakan tergantung pada perusahaan ingin dibagikan secara langsung kepada pemilik modal atau dikembalikan ke perusahaan digunakan untuk tambahan modal. Semakin banyak jumlah modal yang ditahan, maka perusahaan akan mudah berkembang dengan dana yang tersedia.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa administrasi keuangan memiliki tujuan dan fungsinya sangat banyak untuk kemajuan berbagai jenis intansi pemerintahan dan perusahaan. Artinya semakin baik administrasi yang diterapkan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan perusahaan.

Selain itu administrasi merupakan simbol keteraturan yang terdapat dalam sebuah organisasi atau perusahan. Apabial administrasi baik maka dapat meningkatkan image dari perusahaan.  Sehingga regulasi ini bertujuan agar terwujud keteraturan atas transaksi yang dilakukan. Ketika sudah diatur sesuai dengan harapan, hasil administrasi yang dibuat lengkap dan dapat dipahami berbagai pihak.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi administrasi keuangan secara umum bagi perusahaan, instansi pemerintahan, organisasi, dan juga sekolahan. Semoga bisa menambah pengetahuan semua pembaca.

Daftar Sumber Tulisan
  • Sunarto dan Joko Pramono. Adminsitrasi Keuangan untuk SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Penerbit Andi
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *