Contoh Fungsi Mencari Dana dan Pembelanjaan dalam Adm Keuangan

Diposting pada

Fungsi Mencari Dana dan Pembelanjaan

Fungsi mencari dana dan pembelanjaan dalam administrasi keuangan maupun menejemen keuangan menjadi salah satu kompetensi dasar yang amat penting keberadaannya. Prihal ini semua kegiatan akan berlangsung sesuai dengan perencanaan tentusaja dibutuhkan dana dalam menopang berbagai arti kebutuhan kegiatan yang bersangkutan. Sehingga atas dasar inilah administrasi keuangan sebagai lokomotif akan berusaha sekeras mungkin dalam melakukan proses pencatatan sekaligus pembelanjaan yang diperlukan.

Adapun disisi lainnya dalam prinsip dari manajemen keuangan yang baik setidaknya semua pencatatan dan pembelanjaan tersebut secara konsistensi, akuntabilitas, transparansi, dan standar akuntansi. Untuk contohnya sendiri seperti halnya dalam perusahaan yang akan menyelenggarakan kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan membutuhkan administrasi keuangan untuk memberikan gambaran dana yang dibutuhkannya sekaligus melakukan rencana pembelanjaan seperti bagian hiasan, pembelian bendera, dan lainnya.

Fungsi Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan adalah serangkaian kegiatan yang diemban oleh seseorang maupun staf dalam pengadaan dan penggunaan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan keuangan organisasi sosial maupun perusahaan dengan fungsinya meliputi pencarian dana dan pembelanjaan. Adapun definisi keduanya, yaitu;

  1. Pengertian Fungsi Mencari Dana

Administrasi keuangan dalam mencari dana adalah fungsi untuk mencari modal dalam membiayai serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh organisasi maupun perusahaan yang dalam kegiatan yang telah direncanakan, sehingga prihal ini seorang adm keuangan akan sentiasa berusaha untuk memilih dan memilih sumber dana yang paling tepat untuk mencukupi jenis kebutuhan.

  1. Pengertian Fungsi Pembelanjaan

Administrasi keuangan dalam pembelanjaan adalah serangkaian wujud kegiatan yang senantisa berkaitan dengan penggunaan dana dalam untuk membiayai seluruh kegiatan, baik berhubungan dengan dana milik perusahaan maupun organisasi dan para donatur sehingga dalam hal ini adm keuangan dan pembelanjaan senantisanya menentukan dalam proses kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Contoh Fungsi Mencari Dana dan Fungsi Pembelanjaan Administrasi Keuangan

Adapun untuk contoh fungsi mencari dana dalam administrasi keuangan sekaligus fungsi pembelanjaan. Misalnya saja;

  1. Peringatan Kemerdekaan

Adapun untuk contoh fungsi administrasi keuangan dalam mencari dana misalnya saja ketika sebelum tanggal 17 Agustus, warga desa khususnya karang taruna tempat kita tinggal selalu mengadakan pentas wayang orang yang melibatkan partisipasi semua warga dalam menyiapkan acara.

Bersamaan dengan itulah kita ditunjuk sebagai administrasi keuangan. Sehingga dalam fungsinya ini sejatinya apa yang harus dilakukan ialah memberikan konsep secara mendetail dari hasil rapat agenda terkait dengan apasaja barang-barang yang dibutuhkan sekaligus nantinya sekaligus mencari dana secara bersama-sama dengan memberikan list secara lengkap pemerintahan maupun perusahaan mana yang sesuai mendukung kegiatan tersebut.

  1. Perusahaan Busana

Adapun untuk contoh fungsi pembelanjaan dalam tujuan administrasi keuangan misalnya saja ketika kita bekerja pada seorang perancang busana yang sudah terkenal. Suatu hari bos mendapatkan pelanggan yang meminta desain baju yang cukup rumit, namun harus dikerjakan dalam waktu yang singkat.

Pelanggan ini siap merogoh koceknya dalam-dalam, asalkan bos kita dapat membuatkan baju sesuai keinginannya. Sehingga dalam hal ini kegunaan kita sebagai adm keuangan ialah memberikan rancangan dana apa saja yang perlu diperhatikan misalnya saja pembelian di toko baju tercepat sekaligus berusaha untuk menambah pekerja lepas yang terampil untuk membantu sehingga nantinya desain yang rumit dengan lebih cepat dan hasil yang memuaskan.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian fungsi mencari dana dan contoh fungsi pembelanjaan dalam administrasi keuangan beserta dengan contohnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *