11 Contoh Kreativitas Yang Kita Temukan dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Kreatif

Kreativitas dan Kreatif seringkali disamakan arti. Dalam pembahasan umumnya pengulasan terhadap kreativitasini pening untuk dilakukan impelemntasi dalam segala sisi kehidupan. Banyak pihak yang harus mengetahui apa makna kreativitas ini sendiri. Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengemukanan tentang contoh kreativitas.

Kreativitas

Kreatif adalah daya pemikiran dan gagasan seseorang dalam pelihat peluang tantangan yang ada di setiap sisi kehidupan. Kreatifitas berkaiatan erat dengan contoh inovasi yang sama-sama sebagai pemaharuan dari karya yang sudah ada.

Pengertian Kreativitas

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian kreatif adalah kemampuan seseorang yang dijadikan sebagai alat imejanasi serta implementasi untuk mengetasi permasalah-permasalah yang dialami. Dalam arti ini tentusaja kreativitas harus memiliki nilai guna mutlak yang diperlukan. Baca juga; Pengertian Inovasi dan Contohnya

Ciri-Ciri Kreativitas

Beragam kerakteristik kreativitas yang penting untuk di ungkapkan, antara lain sebagai berikut;

Nilai Guna

Segela bentuk kreativitas yang penting untuk dilakukan haruslah memiliki nilai guna, nilai guna ini memberikan arti bahwa apa yang dilakukannya adalah solusi besar yang harus dijalankan. Gagasan terhadap pemikiran dan produk yang dikeluarkan harusla bernilai guna bagi masyarakat.

Ingin Tahu

Ciri selanjutnya yang bisa sebutkan dalam kreativitas adalah rasa ingin tahu. Rasa ini berhubungan erat dengan keadaan seorang terhadap kemampuan pemikirian yang dimilkinya. Rasa ingin tahu seseorang inilah menjadi prndorong keratifitas.

Mandiri

Ciri kreativitas selanjutnya adalah memiliki kemandirian dalam hal berfikir, dengan arti ini maka setiap orang yang merasa memiliki kemampuan keratif dilakukannya dengan sindiri tanpa melibatkan kemampuan orang lain untuk membantuanya.

Dari penjelasan tersebut, begitu penting bagi tulisan ini untuk kemdian memberikan contoh-contoh nyata terhadap produk dan gagasan yang penuh kreativitas. Sebagimana gagasan ini sendiri lahir dan seringkali kita temukan dalam keseharian.

Contoh Kreativitas

Contoh terhadap berbagai kreativitas yang seringkali terlihat dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut;

Produk Sambal ABC

Tentusaja untuk produk ini adalah salah satu produk yang hits di pasaran. Berbagai swalayan dan tko tersedia produk ini, padahal setiap orang bisa begitusaja membuat sambal. Akan tetapi dengan kemasan yang menarik dan penyajian yang baik, pada akhirnya saat ini sambal bisa laku di pasaran.

Produk Pengelolaan Air Minum

Contoh selanjutnya yang menjadi daya tarik dari kreativitas ini bisa dilihat pada pengelolaan air. Air adalah kebutuhan hidup manusia dalam mempertahankan kehidupannya. Percaya atupun tidak dengan adanya perngelolaan inilah menjadi ciri khas daripada kreativitas.

Ikan Sarden

Produk kemasan lainnya yang hadir dalam lingkungan masyarakat adalah produk sarden. Dengan kemasan yang menrik dan dengan gizi yang tinggi ikan memiliki nilai jual yang tinggi. Masyarakat seringkali membelinya untuk keperluan lauk-pauk.

Kurikulum Anti Korupsi

Contoh kreativitas dalam gagasan yang ada di sekolahan juga bisa dilihat pada pengeluaran kurikulum ini.  Tujuan yang diinginkan dari adanya gagasan penecetusan anti korupsi dalam pendidikan adalah untuk meminimalisir tindakan korupsi yang dilakukan oleh banyak orang, termasuk di Indonesia sendiri.

Pengelolaan Sampah Alat Tukar Kesehatan

Contoh kreativitas lainnya yang dapat dilihat adalah tentang adanya sampah yang dijadikan sebagai alat tukar dalam mendapatakn kesehatan. Sistem dan gagasan ini adalah baru dan belum ada pada sebelumnya, yang akhirnya bisa menjadikan soslusi atas masalah sosial di Indonesia.

Kita Bisa

Adanya sistem bantuan secara online dengan tegas yang di populerkan adalah #OrangBaik situs kita bisa adalah contoh kreativitas dalam dunia teknologi. Dalam situs ini mencermikan adanya bentuk kolaborasi antara teknologi dan bantuan sosial.

Energen

Dalam segi minuman yang dianggap penuh kreativitas adalah energen, campuran susu serta makanan ini diajdikan sebagai salah satu produk yang penuh kreatif. Dengan demikian kalian yang mengenal dengan minuman ini menjadi salah satu tawaran dalam memperkenalkan produk kreatif.

Dari penjelasan mengenai pengertian kreatif dan contohnya di atas. Secara umum dapat disimpulkan bahwa setiap tindakan manusia yang dianggap baru dan dapat menyelesaikan persoalan kehidupan dengan gagasan dan produk adalah bagian daripada kreativitas.

Baca Juga;

  1. Contoh Identifikasi yang Kita Temukan dalam Keseharian
  2. Contoh Komunitas yang Sering Ditemukan Dalam Keseharian
  3. Contoh Mobilitas Sosial Vartikal dan Horizontal di Lingkungan Masyarakat

Oleh karena itulah pada saat ini sangat tidak sulit mencari contoh-contoh kreativitas yang berkembang dalam masyarakat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan dan menamba pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian, trimakasih.

Berikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *