Jenis Ekonomi Kreatif Yang Ada di Indonesia

Diposting pada

Macam Ekonomi Kreatif

Masyarakat yang memiliki beragam ide kreatif dalam menciptakan produk bisnis dan senang untuk berinovasi membuat sesuatu karya yang belum perah ada sangat cocok untuk masuk ke dunia ekonomi kreatif. Pasalnya mengingat berbagai bentuk perubahan sosial pada saat ini semakin kompleks sehingga mendorong adanya perubahan pemikiran dari masyarakatnya terlebih untuk melakukan kegiatan ekonomi sehari-hari.

Bahkan tanpa adanya perubahan yang dinamis mengikuti perkembangan zaman, maka akan tertinggal dengan negara-negara lain di dunia. Ada banyak sekali bidang ekonomi kreatif yang dapat dicoba untuk dikembangkan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah konsep perekonomian yang ada di era ekonomi baru yang meningkatkan penggunaan informasi dan kreativitas melalui orientasi pada ide dan pengetahuan dari manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Ekonomi kreatif ini setidaknya berpotensi untuk menghasilkan perkembangan ekonomi yang semakin baik ke depannya. Dengan demikianlah dapat disimpulkan bahwa ekonomi kreatif merupakan upaya untuk menggerakkan ekonomi negara untuk dapat mendunia melalui kreativitas, ide, dan pengetahuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia.

Bahkan, di Indonesia sendiri sudah menyadari peran penting dari ekonomi kreatif ini yang kemudian dicanangkan suatu Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang berfungsi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai pilar perekonomian di masa depan.

Jenis Ekonomi Kreatif

Terdapat banyak sekali jenis ekonomi kreatif yang ada di berbagai negara salah satunya di Indonesia. Antara lain;

  1. Periklanan

Periklanan yang berupa iklan televisi, radio, brosur maupun yang lebih modern yaitu periklanan melalui media sosial untuk memasarkan produk atau jasa merupakan bentuk ekonomi kreatif jenis ini. Periklanan dibuat dengan menggabungkan informasi dan berbagai ide untuk dapat menciptakan iklan yang menarik dan dapat meningkatkan penjualan produk.

  1. Arsitektur

Desain bangunan dan ruangan juga merupakan salah satu jenis ekonomi kreatif karena mengandalkan ide dan pengetahuan yang dimiliki manusia. Contohnya seperti desain rumah, kantor, mall, ruko dan berbagai jenis bangunan lainnya dibuat untuk kemudian dapat dijual kepada pihak yang membutuhkan desain dalam usahanya. Dengan demikian, ide membuat desain arsitektur ini dapat disebut sebagai ekonomi kreatif.

  1. Pasar barang seni 2 dimensi

Pasar seni merupakan tempat untuk dapat membeli barang-barang hasil karya kerajinan tangan atau yang sering disebut dengan handicraft.

Namun, terbagi atas beberapa jenis salah satunya pasar seni yang menyediakan barang dua dimensi seperti lukisan, dan lain-lain. Pasar seni dapat dikatakan ekonomi kreatif karena menjual produk-produk hasil kreasi masyarakat yang kemudian dapat mendatangkan pendapatan.

  1. Pasar barang seni 3 dimensi

Sama halnya dengan pasar seni dua dimensi, pasar seni tiga dimensi juga merupakan pasar yang menjual hasil karya kerajinan tangan manusia hanya saja yang dijual adalah barang-barang tiga dimensi. Seperti contohnya, tas, gelas, kipas kayu, dan sebagainya.

  1. Kerajinan tangan tanah liat

Kerajinan tangan atau handicraft dapat juga dibuat dengan tanah liat seperti contohnya guci, vas bunga, dan lain-lain. Jenis ekonomi kreatif satu ini masih banyak dijumpai di Indonesia khususnya yang ada di wilayah pedesaan karena bahan baku lebih mudah ditemukan di wilayah tersebut.

Selain itu, di era modern saat ini kreasi tembikar tanah liat ini dikreasikan dengan yang sedang hits saat ini misalnya membuat piringan bergambar tokoh idola sehingga menambah nilai jual.

  1. Kerajinan tangan membatik

Selain itu, kerajinan tangan berupa membatik juga masih sangat kental di wilayah Indonesia bahkan menjadi salah satu icon negara kepulauan ini. Kerajinan batik sudah sangat mendunia oleh karena itu dapat meningkatkan perkembangan ekonomi.

Usahawan batik saat ini sudah sangat kreatif dengan memberikan motif-motif baru selain motif batik pada umumnya sehingga dapat menciptakan hasil produksi yang lain dari yang sudah ada sebelumnya.

  1. Kuliner

Kuliner juga merupakan salah satu jenis ekonomi kreatif di Indonesia karena wilayah Indonesia sendiri yang banyak dan masing-masing wilayah tersebut memiliki kuliner khas. Kuliner khas tersebut bernilai jual di pasaran sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, sajian kuliner dengan pilihan menu lengkap hiasan dan komposisi yang unik dan lezat sangat diminati oleh pelanggan.

  1. Desain

Desain yang dapat masuk bagian dalam ekonomi kreatif dapat berupa desain pakaian, desain grafis, desain tulisan dan dapat pula dalam bentuk desain logo suatu brand.

Usaha desain saat ini sangat banyak peminatnya karena dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun asalkan ada laptop atau komputer yang memuat perangkat desain. Selain itu,membuat desain memerlukan adanya ide yang luas sehingga dapat menciptakan hasil desain yang bagus.

  1. Fesyen (Fashion) hiasan

Sama halnya dengan desain, fesyen juga memiliki berbagai bagian lagi di dalamnya. Salah satunya adalah jenis fesyen hiasan. Jenis fesyen ini berupa aksesoris yang melengkapi busana seseorang seperti anting, gelang, kalung, sabuk, dan lain-lain. Aksesoris-aksesoris saat ini sudah menggabungkan aksen tradisional dan modern sehingga sangat diminati masyarakat.

  1. Fesyen (Fashion) busana

Fesyen busana yang ada di masyarakat seperti pakaian model baru juga merupakan ekonomi kreatif, alasannya karena dalam membuatnya diperlukan ide dan keterampilan dalam membuatnya juga dapat dijual sesuai dengan nilai jualnya di pasar dunia.

  1. Film, video, dan fotografi

Menciptakan cerita, seni lewat video maupun gambar diperlukan ide dan keterampilan khusus. Sehingga, film, video dan fotografi merupakan contoh dari jenis ekonomi kreatif dan ini masih sangat diminati oleh masyarakat dunia termasuk juga Indonesia.

  1. Musik

Penciptaan musik, lagu, dan nada yang kita dengar dalam kehidupan sehari-hari tentusaja diperlukan adanya ide sehingga dapat diperoleh musik yang berbeda dari sebelumnya. Oleh karena itu, dunia musik juga merupakan ekonomi kreatif yang sangat menguntungkan.

  1. Seni pertunjukan wayang

Pewayangan merupakan salah satu ciri khas di beberapa wilayah di Indonesia sebagai salah satu karakteristik negara berkembang. Pertunjukkan dalam arti wayang yang sudah memasukkan nilai-nilai luhur di masa kini dapat menjadi ekonomi kreatif karena menggabungkan unsur budaya modern di dalamnya.

  1. Seni pertunjukan teater

Seni pertunjukan selain pewayangan dapat juga berupa teater panggung, film, maupun serial televisi. Dimana untuk serangkaian proses penciptaan cerita dalam seni teater membutuhkan kemampuan berpikir kreatif agar menarik ditonton.

  1. Penerbitan dan percetakan

Cerita selain dapat dituangkan dalam bentuk film, dapat juga dituliskan dalam bentuk buku yang dicetak. Sehingga atas alasan inilah berbagai penerbitan dan percetakan merupakan jenis dari ekonomi kreatif. Alasannya karena bisa mereproduksi pengetahuan.

  1. Layanan komputer dan perangkat lunak

Layanan komputer, software, serta website sangat ketal dengan dunia digital masa kini dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk dalam negeri sehingga dapat menjadi salah satu alternatif dari adanya ekonomi kreatif.

  1. Radio

Penyiaran radio yang berisi konten tertentu dan informasi terkini menjadi salah satu bagian penting daripada contoh ekonomi kreatif bagi negara karena masyarakat masih ada yang menggunakan radio untuk memperoleh informasi.

  1. Pertelevisian

Konten-konten yang disajikan dan ditampilkan dalam tayangan televisi yang menarik dan menghibur dapat tercipta jika ada ide dan keterampilan. Sehingga atas dasar inilah setidaknya dapat dikatakan bahwa pembuatan serial drama atau film dalam televisi dikatakan sebagai salah satu bentuk ekonomi kreatif.

  1. Riset dan pengembangan

Melalui kegiatan riset dan serangkaian pengembangan, maka sejatinya kita semua dapat memperoleh ide kreatif yang fresh atau baru serta bermanfaat dalam kegiatan ekonomi. Apalagi untuk keratifitas dalam bidang pendidikan saat ini didukung dengan adanya temuan baru.

  1. Permainan interaktif

Permainan interaktif atau bisa juga disebut dengan game merupakan jenis ekonomi kreatif, alasannya karena dalam proses pembuatannya diperlukan ide kreatif dalam menciptakan berbagai jenis permainan yang dapat meningkatkan interaktivitas anak.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh dan jenis yang termasuk dalam ekonomi kreatif di masyarakat. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *