Contoh Kebudayaan dan Peradaban di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kebudayaan dan Peradaban

Unsur kebudayaan dan peradaban menjadi pembentuk semesta dan pemberi warna pada dunia manusia yang erat kaitannya dengan perjuangan terus-menerus menuju kemajuan yang diharapkan. Di bawah ini akan tertulis berbagai contoh kebudayaan dan peradaban yang menjadi warisan sejak dulu dan masih eksis sampai sekarang.

Kebudayaan dan Peradaban

Arti kebudayaan dan peradaban kerapkali menjadi kesatuan yang tidak dipisahkan dalam kehidupan manusia. Hal ini lantaran setiap ada warisan terkait dengan konsep hidup yang dijalankan secara kontinyu senantiasa mengelami perubahan sosial yang pada akhirnya kondisi inilah menciptakan perbedaan dari masa ke masa.

Contoh Kebudayaan dan Peradaban

Sejalan dengan kondisi tersebut, berikut ini adalah contoh nyata terkait dengan adanya peradaban dalam kebudayaan. Antara lain;

Bahasa

Bahasa merupakan warisan kebudayaan dan peradaban yang sampai saat ini menjadi simbol penting dalam kehidupan. Tanpa bahasa, manusia tidak akan dapat berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi.

Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan ialah merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban yang terus tumbuh dan berkembang bersama kemajuan. Ilmu pengetahuan menjadi pondasi dasar setiap manusia untuk menjalani kehidupan.

Seni Musik

Peradaban sejak dulu telah mewarisi kebudayaan berupa seni budaya yang terus berkembang menjadi banyak cabang. Seni musik adalah satu dari sekian jenis seni yang memiliki kemajuan super pesat dengan berbagai kebermanfaatan dan nilai yang terdapat dalam permainan nada dan suara dalam musik.

Arsitektur

Arsitektur sejatinya sudah lahir sejak jaman dahulu kala, mulai dari rancangan dan gambaran sederhana, sampai saat ini arsitektur menjadi sangat rumit dan keahliannya sangat diperlukan di era sekarang.

Fashion

Pakaian dan cara bergaya, berkembang sangat pesat sebagai satu bentuk contoh kebudayaan yang mengarah pada aspek gaya hidup atau life style. Bahkan sampai saat ini fashion terus melebarkan sayapnya dengan turut serta dalam festival-festival seni.

Teknologi

Mengenal teknologi, maka kita akan mengenal teknologi sebagai warisan peradaban yang tidak memiliki waktu banyak untuk beristirahat. Teknologi terus bekerja tanpa henti, dan siap menggantikan keseluruhan pekerjaan manusia.

Ideologi

Ideologi menjadi bagian dari contoh kebudayaan dan peradaban karena setiap orang pasti akan  memiliki perspektif atau ideologi diri yang berbeda dengan yang lainnya. Sehingga kondisi inilah menjadi penentua akan sikap yang akan dijalani selama hidup.

Religi

Kepercayaan atau agama dalam hal ini masuk dalam kategori aspek religi. Religi telah dikenal sejak lama sebagai satu bentuk unsur kebudayaan dan hasil dari peradaban manusia yang menyadari akan segenap kekuarangan yang dimilikinya.

Mata Pencaharian

Mata pencaharian atau profesi menjadi satu dari sekian banyak warisan budaya dan peradaban dunia yang sampai saat ini masih sangat dibutuhkan dan berharap mampu memmbantu semua orang dalam mengatasi beragam permasalahan yang dialami.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam menjadi warisan budaya yang diperuntukkan untuk manusia. Sumber daya alam takkan pernah habis dan mau membantu dunia apabila setiap manusia mau ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab atas segala sumber daya alam Indonesia yang melimpah.

Pasar

Pasar menjadi warisan salah satu contoh kebudayaan dan peradaban yang telah dikenal sejak ekonomi menjadi satu dari sekian aspek penting dalam kehidupan. Pasar menjadi salah satu konsep budaya yang saat ini juga pada kenyataannya mengalami peredaban dengan teknologi yang akhirnya menjadi berbasis online.

Hukum dan Politik

Hukum dan politik menjadi salah satu contoh kebudayaan dan peradaban yang sampai saat ini, berfungsi untuk membantu manusia mengadili manusia lainnya yang bersikap buruk sehingga dapat menjadi salah satu kontrol sosial dalam mengatasi beragam contoh permasalahan sosial.

Citarasa Makanan

Makanan menjadi satu warisan kebudayaan dan peradaban yang sejak dulu terus berkembang dengan mengenalkan citarasa yang begitu kaya kepada seluruh dunia, khususnya untuk di Indonesia sendiri citarasa dalam makanan inipula terus menerus mengalami kemajuan dari masa ke masa.

Batas Teritori

Batas teritori menjadi satu warisan peradaban yang penting sampai saat ini. Batas teritori menjadi penting dalam urusan geografi, atau kewilayahan yang berfungsi memperlihatkan batas-batas antar wilayah.

Seni Sastra

Seni sastra sebagai satu dari berbagai cabang seni menjadi contoh warisan kebudayaan dan peradaban yang terus berkembang begitu pesatnya. Sastra dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya selalu menarik dimata penikmatnya.

Entertainment

Entertainment menjadi satu contoh warisan peradaban yang bergerak dalam bidang industri hiburan. Entertainment berusaha menciptakan seniman-seniman modern yang diharapkan mampu menjadi trendsetter.

Mitologi

Mitologi merupakan warisan lama kebudayaan dan peradaban. Segala sesuatunya dipenuhi kisah-kisah mistik dan mitologi, masyarakat tempo dulu mempercayainya dan tetap memberikan pengertian bahwa sangat penting mempelajari mitologi.

Akhlak dan Moral

Akhlak dan moral menjadi contoh kebudayaan dan peradaban yang sifatnya abstrak dan erat kaitannya dengan norma sosial juga nilai-niai sosial di masyarakat dalam menjaga keteraturan hidup agar sesuai dengan kaidah yang sudah digariskan (ketentraman).

Media

Media khususnya dalam hal ini ialah pembantu bahasa dalam mempermudah mobilisasi dan komunikasi, menjadi bagian penting peradaban manusia menuju kemajuan. Media ini juga menjadi salah satu konsep kebudayaan yang terus mengalami kemajuan.

Manusia

Manusia sebagai sumber daya yang diciptakan dengan segala kemampuannya, tetap eksis dan mengada sampai detik ini berkat berkembang pesatnya berbagai kebudayaan dan peradaban tanpa pandang buluh.

Itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh kebudayaan dan peradaban di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan referensi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *