Contoh Hubungan Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Hubungan Sosial di Masyarakat

Pengertian masyarakat merupakan jejaring hubungan sosial antar individu yang hidpp dalam sistem sosial. Hubungan sosial yang dibangun antar individu selalu melibatkan syarat interaksi sosial yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Hubungan sosial dapat terjadi akibat adanya berbagai kepentingan yang dimiliki masyarakat, sehingga dapat menimbulkan terjadinya interaksi dalam masyarakat. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini contoh hubungan sosial di masyarakat.

Hubungan Sosial

Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara individu satu dengan individu lainnya yang saling mempengaruhi dan didasari atas kesadaran akan saling tolong menolong. Hubungan sosial dapat disebut sebagai arti interaksi sosial.

Pengertian Hubungan Sosial

Pengertian hubungan sosial adalah korelasi yang bersifat timbal balik yang terjadi antara individu maupun kelompok, yang mana dari proses hubungan tersebut dapat mempengaruhi satu dengan yang lain, termasuk nantinya berdampak baik ataupun buruk (negatif)

Pengertian hubungan sosial menurut para ahli

Adapun pengertian hubungan sosial yang telah dikemukakan oleh para ahli, antra lain adalah sebagai berikut;

  1. Astrid S. Susanto, Hubungan sosial merupakan hubungan antar manusia yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan arti struktur sosial.
  2. Bonner, Pengertian dari hubungan sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki perilaku individu yang lain atau bahkan sebaliknya.
  3. Kimball Young dan Raymond W. Mack, Hubungan sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, mauoun kelompok dengan kelompok.
  4. Soerjono Soekanto, Menurut Soerjojo Soekanto, hubungan sosial adalah proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang dimana hal tersebut mencakup hubungan antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
  5. Gillin dan Gillin, Hubungan sosial atau interaksi sosial merupakan hubunga sosial dinamis yang menyangkut antar perorangan, antar kelompok manusia maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.
  6. Maryati dan Suryati, Hubungan sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik dan respon antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok.

Ciri Hubungan Sosial

Adapun ciri-ciri hubungan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Adanya interaksi antara dua individu atau lebih.
  2. Adanya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol.
  3. Adanya dimensi ruang dan waktu.
  4. Terdapat tujuan yang hendak dicapai sebagai hasil dari adanya hubungan sosial.

Syarat Terjadinya Hubungan Sosial

Berikut merupakan syarat terjadinya hubungan sosial:

  1. Adanya kontak sosial, Pengertian kontak sosial dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Adapun kontak sosial secara langsung yaitu dengan sentuhan dan pertemuan tatap muka. Sedangkan contoh kontak sosial secara tidak langsung adalah kontak sosial yang menggunakan media sebagai perantara. Adapun kontak sosial yang melalui perantara seperti penggunaan media sosial, sms, maupun telepon.
  2. Adanya interaksi, Komunikasi merupakan penyampaian pesan yang dilakukan oleh pembawa pesan kepada penerima pesan. Adapun proses komunikasi dapat terjadi melalui lima unsur, yaitu antara lain:
    – Adanya sumber informasi atau komunikator.
    – Adanya pesan yang disampaikan.
    – Terdapat alat maupun media sebagai perantara.
    – Terdapat penerima pesan atau komunikan.
    – Adanya umpan balik.

Contoh Hubungan Sosial

Adapun untuk beragam contoh-contoh hubungan sosial di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Kegiatan gotong royong yang dilakukan masyarakat dusun A untuk bersama-sama membersihkan lingkungan.
  2. Kegiatan diskusi yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa.
  3. Bercakap-cakap dengan teman yang sudah lama tidak bertemu.
  4. Rapat direksi yang dilakukan oleh seluruh jajaran petinggi di perusahaan.
  5. Kampanye para calon wakil rakyat yang mengunjungi desa-desa setempat untuk melakukan kunjungan kampanye dan mengakrabkan diri dengan masyarakat setempat.
  6. Melakukan kampanye hidup sehat kepada anak-anak SD di beberapa daerah.
  7. Melakukan konsultasi skripsi kepada dosen pembimbing.
  8. Melakukan tawar menawar harga antara pembeli dan penjual di pasar.
  9. Memberi materi pada kegiatan seminar dan melakukan sesi diskusi dengan peserta seminar.
  10. Memberikan ceramah di beberapa tempat ibadah yang diikuti oleh seluruh umat beragama.
  11. Guru yang sedang mengajar di kelas dan mempersilahkan murid untuk bertanya.
  12. Memberikan penyuluhan terkait bahaya narkoba kepada siswa sekolah.
  13. Kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa, yang dimana mahasiswa dituntut untuk berinteraksi langsung terhadap masyarakat desa setempat.
  14. Presiden yang meninjau langsung keadaan masyarakat dan melakukan interaksi untuk mengetahui apa saja yang menjadi keluhan masyarakat.
  15. Sales marketing yang mempromosikan produk yang dijualnya ke rumah-rumah warga yang menjadi tempat sasaran pemasarannya.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh hubungan sosial di masyarakat. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘hubungan sosial’. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *