Pengertian Transnasional, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Transnasional Adalah

Bentuk organisasi sosial dalam masyarakat akan senantiasa berdampak pada relasi dengan jaringan sosial yang sempit hingga yang bersifat luas. Jaringan yang terbentuk dapat bersifat kedaerahan, nasional, internasional, dan transnsional. Hubungan transnasional meliliki cakupan yang sangat luas.

Artikel ini akan membahas tentang pengertian trasnasional, ciri, jenis, dan contohnya. Banyak jenis organisasi ini dengan latar belakang yang berbeda-beda sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Transnasional

Transnasional sering diakitkan dengan organisasi agama tertentu dalam suatu negara. Banyak organisasi transnasional di dunia yang menggunakan isu agama sebagai dasar pelaksanaan organnisasi. Segala hal yang dilakukan untuk kepentingan umat yang memiliki agama yang sama.

Orang yang tergabung dalam organisasi ini akan didoktrin dengan segala kepercayaan dan keyakinan yang dimiliki oleh organisasi tersebut kemudian akan disebar luaskan kepada pihak-pihak terkait.

Baik di negara eropa atau asia pernah pada masa berkembangnya organisasi transnasional. Eropa dengan dasar agama khatolik dan asia khususnya Indonesia dengan dasar agama Islam. Mereka memanfaatkan agama sebagai dasar membentuk jaringan yang kuat dengan pihak-pihak yang terkait dan membuat orang lain tertarik dengan segala kegiatan yang dilakukan.

Organisasi ini tentu memiliki sisi baik dan sisi buruk. Tujuan organisasi berkaitan dengan kemuliaan suatu agama dan kepercayaan. Cara yang digunakan dalam melakukan perekrutan juga tidak sama dengan organisasi lain. Transnasional akan berbeda apabila diakitkan dengan kepentingan bisnis. Kepentingan bisnis dengan jangkauan usaha yang sangat luas dan mengembangkan usaha yang dimiliki menjadi bisnis dengan jaringan yang sangat luas.

Pengertian Transnasional

Transnasional adalah sebuah arti fenomena sosial yang terjadi karena semakin luas hubungan dari segi hubungan ekonomi dan sosial. Batasan antara negara satu dengan yang lain semakin tidak jelas. Semua negara seakan-akan tidak ada batasan.

Bentuk kegiatan transnasional ini sangat beragam dengan berbagai tujuan dan latar belakang. Terdapat tujuan untuk kepentingan politik, perusahaan, dan arti kejahatan. Isu yang sering digunakan ialah untuk kepentingan agama dan kemanusiaan, walaupun pada pelaksanaannya belum tentu seperti apa yang dikatakan.

Fenomena terkait transnasional ini semakin meluas dan melinatkan banyak orang. Mulai yang bergerak dengan terang-terangan atau secara sembunyi-sembunyi hal tersebut tergantung pada kepentingan yang sedang dilakukan.

Pengertian Transnasional menurut para Ahli

Adapun definisi transnasional menurut para pakar antara lain sebagai berikut;

  1. Thomas L Friedman

Transnasional adalah sebuah jenis sistem sosial yang ada di abad 21 yang menetikberatkan pada integrasi seluh dunia tanpa adanya sekat antara negara satu dengan yang lain. Hal ini merupakan bentuk nyata adanya aspek globalisasi dengan segala perubahan yang terjadi pada peradaban manusia.

  1. Rondolph Bourne

Transnasional adalah salah satu cara berpikir sekelompok orang yang berbeda dengan sebelumnya mengenai hubungan antar unsur kebudayaan. Untuk mengenal satu sama lain seakan tidak ada batasan apapun asal ada kesamaan yang dijadikan alasan untuk membuat sebuah komunitas atau organisasi.

Ciri Transnasional

Berikut merupakan beberapa hal yang dapat kita lihat mana yang termasuk perusahaan transnasional atau bukan,

  1. Lintas bangsa, organiasasi atau gerakan yang bersifat transnasional melakukan hubungan tingkat internasional antar negara lain yang memiliki jaringan yang sangat luas. Jaringan yang dibangun bukan atas dasar kepentingan negara tetapi bersifat kepentingan umat. Banyak organisasi yang memiliki latar belakang gerakan atas suatu umat agama.
  2. Memiliki tujuan tertentu, Setiap organisasi transnasional pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tujuan tersebut dapat berupa kepentingan pribadi atau kepentingan masyarakat secara umum. Ketika melakukan kegiatan sosial tentu untuk kepentingan bersama. hal tersebut berbeda dengan tindakan kejahatan tentu untuk keuntungan salah satu pihak yang berkuasa.
  3. Konsep ideologi bukan negara melainkan konsep umat, ideologi yang digunakan berlandasan agama dan kepentingan untuk sebagian kelompok saja. Gerakan yang dilakukan bersifat masif dan memiliki tujuan yang sangat luas. Banyak cara yang dilakukan untuk mengembangkan organisasi ini.
  4. Pemikiran yang digunakan fundamentalisme, organisasi transnasional ini memiliki model pemikiran yang mereka gunakan bersifat radikal. Mereka memberikan pengaruh bagi orang yang dijadikan sebagai target.

Jenis Transnasional

Berikut merupakan beberapa jenis transnasional. Antara lain;

  1. Gerakan Islam Transnasional

Di Indonesia banyak organisasi yang berlatar belakang keumatan khususnya umat Islam. Pergerakan ini sangat banyak dan memiliki cakupan yang berbeda-beda. Gerakan sosial yang masih ada akhir-akhir ini adalah HTI (Hisbut Tahrir) dan gereja khatolik roma, yang memiliki cakupan seluruh dunia dengan sasaran masyarakat yang beragama Islam.

Memang terdapat beberapa negara yang menolak adanya organisasi ini, namun pergerakan mereka tidak berhenti. Banyak gerakan secara diam-diam dalam melakukan rekrutmen anggota. Sasaran gerakan ini adalah pemuda yang memiliki pengaruh kepada lingkungannya.

  1. Perusahaan Transnasional

Perusahaan yang memiliki cakupan sangat luas dan memiliki banyak cabang di berbagai tempat.  Perusahaan yang hampir sama dengan perusahaan multinasional.

Perusahaan ini ditandai dengan proses produksi barang atau jasa, jenis investasi baik secara langsung atau tidak langsung, atau memanfaatkan manajemen keuangan tingkat internasional. Peusahaan transnasional mulai ada sejak abad ke-16 di Eropa.

  1. Kejahatan Transnasional

Kejahatan yang memiliki sasaran yang sangat luas dan membentuk sebuah jaringan kejahatan diberbagai negara. Tindakan kejahatan yang dilakukan memiliki visi dan misi yang sama namun dengan eksekusi yang berbeda sesuai dengan strategi yang dilakukan.

Kejahatan transnasional yang sangat mungkin terjadi ialah kasus pencucian uang, penyelundupan manusia atau imigran gelap, perdagangan manusia, perdagangan organ tubuh, atau material nuklir. Segala hal yang berkaitan dengan kejahatan dan melibatkan banyak orang.

Contoh Transnasional

Berikut merupakan beberapa contoh transnasional yang sudah ada disekitar kita yang nampak nyata atau yang secara sembunyi-sembunyi. Antara lain;

  1. Hizbut Tahrir

Salah satu organisasi politik yang mengatasnamakan agama untuk setiap pergerakkannya. Organisasi ini memiliki cakupan yang sangat luas dengan cara merekrut para pemuda Islam yang didoktrin agar memiliki semangat untuk menjalankan misi yang dimiliki oleh organisasi.

Target organisasi ini ialah negara yang memiliki penduduk Islam. Mereka sering menyebut untuk membentuk sebuah negara yang dibawah pimpinan khalifah Islam.

  1. Medecins Sans Frontieres

Organisasi yang bertujuan untuk kepentingan kemanusiaan terutama dibidang medis. Organisasi ini fokus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak atas konflik internal atau eksternal. Hal-hal yang ditangani dalam memberikan bantuan bagi masyarakat yang terjebak dalam konflik bersenjata, korban bencana, dan orang-orang yang mengalami kesusahan dalam bidang kesehatan.

Organisasi ini sudah dikenal di seluruh dunia dengan nama yang berbeda-beda dengan masing-masing negara. organisasi ini memiliki misi khusus di bidang kesehatan diseluruh dunia.

  1. Nation Alliance of Latin American and Caribbean Communities

Organisasi ini merupakan gabungan dari beberapa organisasi yang terdiri dari imigran di Amerika. Organisasi yang tergabung merupakan organisasi imigran yang ada di amerika yang berasal dari berbagai negara. Tujuan dibentuknya organisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup para anggota ketika di Amerika atau saat kembali ke negara asal. Kesejahteraan anggota merupakan hal yang paling penting.

  1. Transnational Organized Crime (TOC)

Salah satu jenis organisasi internasional yang bergerak pada bidang kejahatan. Kejahatan yang dilakukan ialah melakukan penyelundupan manusia atau pekerja ilegal yang berhubungan dengan berbagai negara.

Kejahatan ini juga akan membentuk sebuah kelompok yang akan merencanakan dan melaksanakan segala rencana yang telah dibuat secara sistematis. Tindakan yang mereka lakukan dengan cara kekerasan dan melakukan korupsi diberbagai wilayah untuk kepentingan kelompok.

  1. Human Trafficking

Salah satu jenis kejahatan yang melanggar aturan secara internasional, terutama berkaitan dengan hak asasi manusia. Hal ini dilakukan untuk keuntungan kelompok tertentu. Hal-hal yang biasa dilakukan dalam melakukan transaksi jual beli manusia ialah untuk tujuan eksploitasi, sex, penyalagunaan kekuasaan, dan narkoba.

Seseorang dapat terjebak dalam kejahatan ini biasanya diberikan beberapa iming-iming berupa gaji yang besar dan sebagainya. Ketika sudah masuk dalam penampungan sebelum dijual, mereka akan mendapatkan berbagai jenis ancaman agar tunduk kepada pimpinannya.

  1. Gereja Khatolik Roma

Salah satu gereja terbesar di dunia yang ada diberbagai negara dengan nama yang berbeda-beda. Gereja Khatolik merupakan nama yang ada negara asalnya, di beberapa negara menyebut Gereja Khatolik dengan sebutan Gereja Khatolik Roma.

Itulah saja artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian transnasional menurut para ahli, ciri, jenis, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi kalian.

Daftar Sumber Tulisan
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/transnasional
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/hizbut_tahrir
  • www.kompasiana.com/amp/shin9/human-trafficking-kejahatan-kemanusiaan-yang-perlu-mendapat-perhatian_55181a5e81331122699de547
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *