16 Upaya Mengatasi Persebaran Penduduk yang Tidak Merata

Diposting pada

Cara Mengatasi Persebaran Penduduk Tidak Merata

Adanya ledakan jumlah penduduk yang begitu pesat tentunya menimbulkan berbagai contoh permasalahan sosial dalam suatu negara. Masalah tersebut salah satunya ialah persebaran penduduk yang tidak merata. Melalui masalah ini tentu akan berdampak pada banyak hal mulai dari segi ekonomi, politik, hingga sosial kebudayaan.

Selain itu, masalah sosial persebaran penduduk yang tidak merata juga mampu menimbulkan tidak seimbangnya suatu arti kebutuhan dengan ketersediaan sumber daya yang ada. Oleh karena itu harus ada cara yang perlu dilakukan agar bisa mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata tersebut, apalagi khusus di Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang memiliki wilayah kepulauan terbesar di dunia.

Persebaran Penduduk Tidak Merata

Membahas tentang penduduk pastinya tidak terlepas dengan berbagai permasalahan yang melekat dengan kependudukan itu sendiri salah satunya yaitu persebaran penduduk. Dimana hal ini berhubungan pendistribusian bentuk persebaran yang ada di wilayah atau daerah tertentu dengan sistem sosial penyebaran yang tidak merata.

Persebaran penduduk disini dapat diketahui berdasarkan kepadatan penduduk yang ada disuatu wilayah atau daerah. Sedangkan yang dimaksud kepadatan penduduk adalah sebuah ukuran yang memperlihatkan jumlah penduduk yang tinggal di suatu wilayah. Dampak kepadatan penduduk juga menjadi salah satu indikator adanya perbedaan sumber daya yang terdapat di suatu wilayah.

Umumnya wilayah yang mempunyai sumber daya berlimpah akan lebih banyak pertumbuhan penduduknya, karena mereka merasa bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik.

Cara Mengatasi Persebaran Penduduk Yang Tidak Merata

Berikut termasuk cara mengatasi adanya persebaran penduduk yang tidak merata. Antara lain;

  1. Transmigrasi

Transmigrasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi persebaran penduduk dengan proses perpindahan penduduk. Perpindahan ini dimaksudkan agar suatu wilayah yang padat penduduk menjadi lebih berkurang. Adapun kebijakan dalam transmigrasi pertamakali dilakukan Indonesia pada zaman orde baru, tepatnya dipimpin oleh Soeharto.

  1. Memeratakan Pembangunan

Pemerataan pembangunan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata.

Alasannya karena melalui pembangunan yang merata maka hal ini dapat mengurangi jumlah penduduk yang awalnya ingin melakukan perantauan ke wilayah lain. niatan tersebut dapat ditunda dan kembali berjuang untuk mengubah nasibnya di wilayahnya sendiri.

  1. Mengembangkan industri kecil yang ada di pedesaan

Dengan proses semacam ini maka akan membuat warga atau masyarakat yang ada di pedesaan memiliki pekerjaan yang membantu perkonomian mereka.

Sehingga dengan begitu akan membuat masyarakat desa merasa sudah cukup untuk mengembangkan kualitas hidupnya di desa tanpa perlu melakukan urbanisasi. Urbanisasi yaitu perpindahan penduduk desa ke kota. Melalui industri kecil yang semakin dikembangkan ini pula, maka wilayah desa juga akan semakin makmur dan sejahtera.

  1. Pemusatan industri besar di suatu daerah

Salah satu cara yang membuat penduduk mau untuk melakukan perpindahan di wilayah yang masih jarang penduduknya yaitu dengan cara memberikan industri besar pada wilayah baru tersebut. Sehingga pembangunan industri primer, sekunder, dan tersier ini akan membuka perekonomian yang semakin luas dan kesempatan untuk memperoleh kesejahteraan semakin terbuka lebar.

  1. Penyuluhan Kepada Masyarakat

Pentingnya proses transmigarasi yang jarang diketahui oleh masyarakat perlu untuk disebarluaskan secara merata. Tujuannya jelas, yaitu agar masyarakat memahami dengan betul pentingnya dan keuntungan dari proses transmigrasi itu sendiri.

Penyampaian informasi ini bisa dilakukan dengan cara penyuluhan kepada masyarakat tentang arti pentingnya transmigrasi.

Disisi lain dengan adanya penyuluhan ini juga diharapkan agar masyarakat bisa lebih terbuka wawasannya mengenai transmigrasi dan berpikir bahwa dengan perpindahan penduduk tersebut mampu memberikan tingkat kesejahteraan yang lebih baik lagi.

  1. Mengembangkan suatu bentuk kesenian daerah

Persebaran penduduk yang tidak merata juga dapat diatasi dengan cara melakukan pengembangan kesenian yang ada di suatu daerah. Melalui cara tersebut maka akan mengenal dan mengetahui potensi pariwisata yang akan memberikan keuntungan untuk daerah tersebut. Sehingga hal itu akan membuat banyak masyarakat tertarik untuk menetap didaerah tersebut.

  1. Memberikan sosialisasi tentang program keluarga berencana

Program keluarga berencana ini akan membuat masyaakat tahu tentang pentingnya angka kelahiran yang semakin tinggi justru dapat memberikan dampak yang begitu banyak.

Oleh karena itu setiap keluarga diberi penyuluhan atau sosialisasi tentang cara-cara mengatasi persebaran jumlah penduduk melalui program keluarga berencana tersebut. Tujuannya agar setiap keluarga mampu merencanakan berbagai hal dengan baik dan matang sebelum melakukan program untuk memiliki buah hati.

  1. Memberikan pelatihan khusus untuk menambah ketrampilan masyarakat

Program pelatihan semacam ini akan memberikan pengaruh yang baik bagi masyarakat. Mereka cenderung dapat melakukan wirausaha sendiri dan akan merasakan kemandirian. Sehingga dengan program pelatihan yang dilakukan pemerintah dapat membuat masyarakat enggan untuk meninggalkan daerahnya ke daerah yang dianggapnya mampu memberikan kesejahteraan sosial yang lebih baik.

  1. Membangun sarana dan prasarana dengan lengkap khususnya di daerah pelosok

Cara ini mampu membuat masyarakat merasakan fasilitas yang sudah seharusnya mereka dapatkan. Sehingga dengan hal ini mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan bagi penduduk daerah lain yang merasa wilayahnya telah padat penduduk dapat berpindah ke tempat pelosok yang fasilitasnya sudah baik.

  1. Membuat kebijakan tentang pinjaman usaha

Pemerintah dapat melakukan cara ini dengan maksud untuk memberikan kemudahan bagi setiap masyarakat agar memiliki modal yang bisa digunakan untuk membangun usahanya. Selain itu, pinjaman yang diberikan pemerintah ini juga akan jauh lebih manfaat karena memberika peluang untuk membuka usaha secara mandiri dibandingkan harus pergi ke kota.

  1. Membuat festival budaya

Festival budaya perlu dilakukan agar menunjang adanya pariwisata yang ada di daerah tersebut semakin berkembang. Dengan berkembangnya pariwisata inilah maka akan berpengaruh pula pada perekonomian masyarakat setempat dan mampu membuat mereka mengurungkan niatnya untuk keluar dari daerah tersebut.

  1. Membuat proyek pembangunan

Proyek pembangunan perlu dilakukan terutama di didaerah yang jarang penduduknya. Tujuannya agar setiap masyarakat tidak memiliki ketertarikan untuk meninggalkan daerahnya dan banyak masyarakat yang datang ke daerah tersebut.

  1. Adanya kebijakan tentang jaminan subsidi

Jaminan subsidi diberikan dengan tujuan agar masyarakat merasa mendapatkan tunjangan yang pasti dan dapat digunakan untuk merintis usaha yang ada didaerahnya tersebut. Tentusaja pemberikan bantuan ini haruslah dipersipakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik agar nantinya siap menjalankan usahanya.

  1. Pemerataan pembangunan

Pemerataan pembangunan juga dimaksudkan agar masyarakat yang tinggal di daerahnya masing-masing merasakan fasilitas dengan layak. Sehingga hal tersebut mampu menahan daya tarik mereka untuk meninggalkan kampung halamannya sendiri.

  1. Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat yang ada di pedesaan

Kebanyakan orang desa ingin merantau agar bisa mengubah kehidupannya. Akan tetapi dengan dibukanya lapangan kerja di pedesaan tersebut, maka setiap orang dapat bekerja dan memiliki pendapatan. Sehingga hal itu akan membuat masyarakat pedesaan tidak mau untuk meninggalkan daerahnya.

Dampak Persebaran Penduduk yang Tidak Merata

Ada kalanya persebaran tersebut tidak merata dan menyebabkan berbagai dampak yang muncul. Diantaranya;

  1. Wilayah yang mempunyai jumlah penduduk semakin banyak umumnya akan menimbulkan permasalahan mulai dari angka kemiskinan semakin tinggi, munculnya pemukiman kumuh dan lain sebagainya. Sedangkan wilayah yang jumlah penduduknya rendah akan menjadi saerah yang semakin tertinggal dan terisolir dari dunia luar
  2. Persebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan suatu perekonomian tidak dapat berkembang dengan baik pula. Artinya akan ada daerah yang perekonomiannya baik dan ada pula yang semakin tertinggal
  3. Timbulnya tingkat pengangguran yang semakin tinggi pada daerah yang jumlah penduduknya banyak karena semakin sempitnya lapangan kerja
  4. Pelestarian budaya hanya dapat dipusatkan pada wilayah tertentu saja yaitu dalam daerah yang memiliki jumlah penduduk banyak
  5. Sistem politik menjadi tidak seimbang karena persebaran penduduk yang tidak merata

Itulah saja penjelasan yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan cara mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata beserta dampaknya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *