4 Manfaat Adanya Administrasi Keuangan

Diposting pada
Rate this post

Manfaat Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan sejatinya bukan hanya pencatatan atau laporan keuangan melainkan lebih pada bagaimana seseorang atau dalam bentuk perusahaan menggunakan uang yang dimilikinya sesuai dengan tujuan dan keinginann yang ingin di wujudukan. Prihal ini tentusaja penggunaan uang sudah diatur sedemikian rupa agar tidak kekurangan uang atau malah memiliki utang yang tidak wajar.

Oleh karena itulah dalam administrasi keungan ini memiliki banyak kegunaan dalam sebuah perusahaan. Dimana secara tidak langsung tujuan administrasi keuangan ini memberikan jawaban akan segala kebutuhan yang diminta beberapa pihak. Pihak yang biasanya membutuhkan ini ialah bank, pemilik saham, pimpinan perusahaan, dan lain-lain.

Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan adalah penctatan yang dipergunakan dalam mengukur kemampuan perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Dimana seberapa banyak likuiditas keuangan dapat dilihat dari administrasi yang dilakukan perusahaan.

Pencatatan ini akan digunakan sebagai pertimbangan dalam keputusan melakukan jenis kerjasama dengan berbagai pihak dalam kurun waktu tertentu.

Manfaat Administrasi Keuangan

Untuk manfaat yang ada dalam administrasi keuangan antara lain;

  1. Pencatatan teratur

Administrasi keuangan yang baik akan membuat pencatatan yang dilakukan oleh petugas yang terkait juga lengkap. Segala jenis pengeluaran dan pemasukkan dapat dicatat secara lengkap. Jumlah pemasukkan dan pengeluaran juga jelas sesuai dengan catatan bagian administrasi.

Keteraturan ini juga mempermudah pimpinan dan pihak luar yang bekerjasama dengan perusahaan. Ketika ingin melihat progres perusahaan cukup dengan melihat laporan yang telah dibuat tergantung pada bagian apa yang ingin dilihat. Prediksi untuk masa yang akan datang juga dapat diperhitungkan.

  1. Penggunaan dana terkendali

Laporan dan alokasi keuangan yang jelas membuat masing-masing bagian tidak seenaknya dalam menggunakan anggaran perusahaan. Semua uang yang dikeluarkan harus sesuai dengan anggaran yang ada. Hal ini akan mengurangi resiko membengkaknya pengeluaran pada perusahaan.

Uang yang terkendali juga membuat perusahaan merasa aman. Apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga masih memiliki cadangan keuangan yang dirasa dapat membantu ketika kejadian yang sulit itu.

  1. Koordinasi lebih mudah

Admistrasi yang baik membuat semua terkontrol hal ini memudahkan pimpinan ketika ingin melihat perkembangan perusahaan dalam hal keuangan. Cukup melihat ringkasan administrasi yang dimiliki perusahaan. Perusahaan juga dapat melakukan koordinasi dengan bagian lain.

  1. Meminimalisir kesalahan penggunaan uang

Uang merupakan hal yang sensitif. Apabila ada kesalahan dalam penggunaan uang maka banyak pihak yang terkena dampaknya. Pencatatan keuangan ini juga dapat digunakan untuk menghindari pengguanaan uang yang kiranya penting dan tidak penting.

Pimpinan dapat menetapkan alokasi yang paling besar bagian apa untuk mengembangkan perusahaan. Alokasi berdasarkan anggaran yang telah dibuat akan meminimalisir kesalahan dalam penggunaan uang. Semua pihak akan lebih hati-hati dalam menggunakan anggaran dari perusahaan.

Fungsi Administrasi Keuangan

Adapun untuk fungsi yang ada dalam komponen administrasi keuangan. Antara lain;

  1. Investasi

Pencatatan keuangan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan investasi baik menerima atau melakukan investasi kepada perusahaan lain. Apabila perusahaan ingin berinvestasi kepada perusahaan lain maka harus melihat keadaan keuangan perusahaan kemudian baru memutuskan.

Hal ini juga berlaku ketika perusahaan akan mendapat investasi dari perusahaan lain. Pencatatan keuangan merupakan salah satu pertimbangan ketika melakukan investasi baik investasi jangka pendek atau jangka panjang. Semakin baik prospek perusahaan maka semakin lama perusahaan ingin melakukan investasi.

  1. Sumber dana

Perusahaan yang ingin berkembang dengan cepat harus mampu mencari tambahan modal dengan berbagai cara. Sumber dana yang diperoleh biasanya berasal dari lembaga keuangan. Lembaga ekonomi keuangan akan memperhitungkan kemampuan perusahaan dalam membayar utang dan besaran utang yang dapat diberikan.

Administrasi keuangan akan menjadi hal yang utama diminta oleh lembaga keuangan sebagai bahan pertimbangan kelayakan. Semakin baik perkembangan perusahaan maka lembaga keuangan juga semakin berani dalam memberikan pinjaman dana.

  1. Pemebelanjaan

Penggunaan uang yang telah direncanakan diharapkan dapat membuat keteraturan dalam pembelanjaan. Pembelanjaan yang jelas akan membuat keuangan terkontrol dengan baik. Perusahaan juga tidak merasa kebingungan dalam membelanjakan uang perusahaan.

Pembelanjaan dapat dibagi setiap divisi atau program yang dilakukan oleh perusahaan. Pengeluaran tetap juga tidak bisa ditinggalkan berkaitan dengan biaya operasional.

  1. Pembagian laba

Administrasi keuangan akan menunjukkan besaran laba yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan dapat menghitung besarnya pajak, pembagian laba, laba ditahan, dan lain-lain. pembagian laba ini diharapkan juga dapat melakukan prediksi dan target ke depan. Semakin banyak jumlah laba yang diperoleh maka perusahaan dapat meningkatkan target yang dimiliki.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat administrasi keuangan dan fungsinya. Semoga saja mampu memberikan wawasan sekaligus pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *