Arti Kerumunan yang berartikulasi dengan Struktur Sosial dan 4 Contohnya

Diposting pada

Contoh Kerumunan berartikulasi dengan Struktur Sosial

Penjelasan terkait dengan kerumunan yang berartikulasi dengan struktur sosial menjadi salah satu bahasan dalam objek kajian sosiologi yang mengngkap bahwa setiap bentuk kelompok sosial menjalankan hubungan sosial berdasakan pada status sosial dan peran sosial di masyarakat.

Terlebih lagi kerumunan sosial yang dikenal dengan social aggregate menciri khaskan bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri melainkan butuh orang lain untuk menjalakan proses sosial dan interaksi sosial antar sesama.

Kerumunan Berartikulasi dengan Struktur Sosial

Definisi kerumunan yang berartikulasi dengan struktur sosial adalah proses terjadinya perkumpulan individu dan kelompok yang memiliki norma sosial serta nilai sosial untuk dipatuhi oleh setiap orang yang bisa terjadi secara teratur dan tidak teratur.

Contoh Kerumunan Berartikulasi dengan Struktur Sosial

Adapun untuk contoh kerumunan yang berartikulasi dengan struktur sosial di masyarakat berdasakan jenisnya. Yakni;

  1. Formal Audience

Prihal formal audience biasanya setiap orang yang hadir dalam kerumunan tersebut hanya berstatus sebagai pendengar maupun penonton adapaun yang menjadi pusat perhatiannya ialah seorang tokoh maupun tontonan dengan status sosialnya yang lebih tinggi.

Contoh adanya formal audience. Misalnya saja;

  1. Khotbah sholat Jum’at bagi umat Islam, adanya khotbah yang dilakukan tentusaja berhubungan dengan status sosial yang menyampaikan, biasanya seorang Ust yang paham akan ilmu agama
  2. Pengajian di lapangan yang di Isi oleh Ust Yusuf Mansur
  3. Adanya kampanye politik yang dilakukan seorang tokoh untuk mencari simpati masyarakat
  4. Ketika menonton film
  5. Terjadinya pegelaran wayang
  1. Expressive group

Expressive group yang juga dikenal dengan kelompok ekspresif ialah adanya jenis kerumunan di masyarakat dimana perhatiannya setiap yang hadir tidak begitu penting dalam urusan status sosialnya, namun memiliki persamaan terhadap tujuan yang terpusat.

Prihal inilah aktivitas kerumunan tersebut serta kepuasan yang dihasilkannya berhubungan dengan ketegangan maupun hobi dari para pelakunya.

Contoh adanya kasus expressive group, misalnya saja;

  1. Perilaku seseorang yang mengikuti perlombaan memancing di sebuah pedesaan
  2. Adanya tindakan seseorang untuk berdansa maupun berpesta
  3. Perkumpulan ibu-ibu arisan
  4. Perkumpulan ibu-ibu sedang gotong royong dalam membantu tetangganya yang hajatan

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan definisi kerumunan yang berartikulasi dengan struktur sosial beserta contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.