Contoh Demonstrasi Yang Pernah Terjadi Di Indonesia dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Demonstrasi di Indonesia

Demonstrasi secara sederhana diartikan sebagai salah satu bentuk cara dalam menyuarakan ide, buah pemikirian, perasaan ketidakadilan, sebentuk protes, tuntutan, dan aspirasi-aspirasi khalayak luas yang tidak pernah sampai dan tidak pernah tersentuh oleh pihak yang dituntut.

Para demonstran akan senantiasa membentuk beragam contoh kelompok sosial yang besar, dalam satu ruang yang terbuka luas untuk siapa saja yang memiliki kesamaan suara, membentuk massa aksi, dan melakukan aksi massa. Sehingga dalam kondisi inilah banyak sekali kejadian dalam konteks demonstrasi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Demonstrasi

Sejatinya, dalam definisi demonstrasi ini akan berdatangan dari segala lapisan, mulai dari masyarakat sipil, simpatisan yang menyalurkan aksi unjuk rasa dengan jejaring pendanaan sampai bantuan militer, para aktivis yang erat dengan isu atau topik demonstrasi, dan media massa atau pers yang melibatkan dalam kegiatan protes tersebut.

Contoh Demonstrasi

Sebagai bagian daripada karakteristik Negara berkembang, ada banyak contoh demonstrasi yang pernah terjadi di Indonesia dengan segenap tuntutan dan dampak yang terjadi di dalamnya. Berikut ini daftarnya. Antara lain;

  1. Demonstrasi Tritura (1966)

Unjuk rasa yang diperlopori oleh mahasiswa ini menyuarakan tiga tuntutan kepada Presiden Soekarno.Tiga tuntutan tersebut yaitu pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya, perombakan kabinet Dwikora, dan menurunkan harga-harga sembako.

  1. Peristiwa Malari (Malapetaka Lima Belas Januari) Tahun 1974

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 15-16 Januari 1974 ini menjadi salah satu demonstrasi besar yang pernah terjadi di Indonesia. Demonstrasi ini terjadi karena akibat tuntutan masyarakat yang meminta pemerintah untuk menurunkan harga sembako dan mengurangi investasi dari luar negeri.

  1. Demonstrasi Reformasi (1998)

Demonstrasi yang terjadi di tahun 1998 adalah satu demo tersebar dalam sejarah Indonesia. Demo yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai penjuru ini menuntut Presiden Soeharto untuk turun dari jabatan presiden yang telah dipegang selama 32 tahun.

  1. Demonstrasi Tolak Kenaikan BBM (2012)

Serikat buruh turun aksi untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dengan mengepung gedung DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI sebagai bagian daripada lembaga legistatif yang memiliki kebijakan dalam menyetujui kenaiakan ataupun tidak menyetujuinya.

  1. Demonstrasi Tolak RUKHP dan revisi UU KPK (2019)

Tujuan dari digelarnya aksi adalah untuk menentang revisi Undang-undang KPK yang telah disahkan dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP). Contoh demontrasi kali ini memang masih baru-baru saja terjadi di Indonesia.

  1. Demonstrasi Bali Tolak Reklamasi

Penolakan terhadap proyek reklamasi teluk benoa berdatangan dari masyarakat. Sejumlah organisasi masyarakat yang ada di Provinsi Bali melakukan demonstrasi penolakan reklamasi Teluk Benoa. Bahkan sampai kalangan artis yaitu SID, tepatnya Jerix menyerukan diberbagai media sosial yang dimilikinya.

  1. Demonstrasi PLTU Celukan Bawang

Warga wilayah Celukan Bawang datang ke DPRD Bali. Mereka melakukan protes atas pengembangan PLTU Batubara di Celukan Bawang. Mereka ingin agar Izin, Amdal dan lainnya dicabut. Lantaran dianggap mencemari laut dan merusak lingkungan sekitar akibat adanya PLTU.

  1. Demonstrasi konflik TNI dengan masyarakat Papua (2019)

Demonstrasi masyarakat Papua memprotes tindakan rasialisme sejumlah anggota ormas dan aparat di asrama mahasiswa Papua di Surabaya pada 16 Agustus 2019. Sehari sebelumnya di Malang, Jawa Timur, sekelompok mahasiswa Papua dilarang demonstrasi dengan alasan administrasi.

  1. Demonstrasi masyarakat Tumpang Pitu terhadap pihak perusahaan tambang emas di Banyuwangi

Aksi demonstrasi yang dilakukan sekitar 150 orang warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin, 19 Oktober 2015, berakhir ricuh. Demonstrasi ini terjadi sebagai bentuk penolakan terhadap pertambangan emas oleh PT Bumi Suksesindo di Kecamatan Pesanggaran.

  1. Demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Kendeng sebagai aksi penolakan pembangunan pabrik Semen Indonesia

Aksi, tersebut dilakukan untuk mendorong agar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencabut izin lingkungan yang diterbitkan pada 2012 lalu. Aksi juga dilatarbelakangi atas putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung terkait izin lingkungan untuk pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang setebal 161 halaman.

  1. Demonstrasi yang diadakan para buruh setiap 1 Mei di peringatan hari buruh

Sebagian besar unjuk rasa buruh menuntut adanya upah layak bagi para buruh, karena menganggap upah buruh masih dianggap rendah, bahkan tidak layak. Untuk contoh domntrasi ini sendiri akan terus terjadi di Indonesia lantaran pada tanggal 1 Mei memang telah ditetapkan sebagai Hari Buruh Nasiona.

  1. Demonstrasi mahasiswa pada tanggal 30 September 2019 dengan tuntutan Revisi UU KPK

Beragam contoh permasalahan-permasalahan sosial yang menggerakkan massa mahasiswa ini adalah permasalahan dalam konteks korupsi sampai dengan demokrasi di Indonesia yang semakin lama semakin terancam. Sehingga pada kondisi inilah Mahasiswa menuntut perubahan dalam Revisi Undang-Undang KPK.

  1. Demonstrasi 212 yang menuntut Ahok untuk turun dari jabatannya sebagai Gubernur

Demonstrasi yang dipelopori oleh Forum Umat Islam (FUI) ini memiliki misi untuk meyakinkan pemerintah agar menon-aktifkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang sudah menyandang status terdakwa dalam kasus penistaan agama yang proses pengadilannya sedang berlangsung.

Dalam hal ini bahkan sempat mengancam kerukunan umat beragama di Indonesia, lantaran ada masalah sara antara Islam dan agama lainnya.

  1. Demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan petani di Jember dengan tuntutan reformasi agraria

Petani di daerah Jember yang tergabung dalam Serikat Tani Independen (SEKTI) turun ke jalan dan menuntut realisasi reforma agraria. Mereka juga menolak RUU pertanahan. Para petani tersebut juga menuntut agar segera dibentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) agar hak-hak petani terkait lahan pertanian dapat terkelola dengan baik.

  1. Demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa Trisakti pada tahun 1998

Aksi damai dari kampus Trisakti menuju Gedung Nusantara. Beberapa mahasiswa mencoba bernegosiasi dengan pihak Polri. Akhirnya, para mahasiswa bergerak mundur, diikuti bergerak majunya aparat keamanan, untuk keberhasilan dalam demontrasi ini ialah turunnya orde baru (Soeharto) menjadi Presiden RI.

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatakan bahwa setiap kali demonstrasi terjadi, setelahnya banyak akibat dan dampak yang akan pula turut dihasilkan, apa yang diharapkan tentunya aspirasi atau tuntutan dapat dikabulkan atau setidaknya menjadi pertimbangan oleh pihak tertuntut, tapi nyatanya dampak yang lebih sering terlihat setelah demonstrasi terjadi adalah;

Terjadi Kerusuhan

Tidak dapat dipungkiri bahwa aksi unjuk rasa seringkai berujung pada kerusuhan, khususnya demonstrasi yang berhubungan dengan politik. Jumlah demonstran yang jumlahnya sangat banyak berpotensi untuk disusupi oleh oknum provokator. Sehingga memicu terjadinya kerusuhan apabila oknum tersebut berhasil menyusupi gerombolan demonstrasi

Terjadi Kerusakan Fasilitas umum

Demonstrasi dengan jumlah besar dan tidak terkoordinir seringkali berkhir dengan kerusuhan yang menyebabkan kerusakan fasilitas umum

Menghambat Perekonomian

Seringkali aksi unjuk rasa yang anarkis akan mempengaruhi kondisi ekonomi suatu negara secara umum. Kerusuhan dan ketidakstabilan situasi keamanan akibat terjadinya demontrasi juga dapat mengakibatkan merosotnya indeks saham dan nilai mata uang suatu negara.

Itulah tadi serangkain penjelasna yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh demonstrasi yang pernah terjadi di Indonesia dan dampak yang dirasakan. Semoga bisa memberikan wawasan dan literasi mendalam. Trimakasih,

Rating: 1.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *