Pengertian Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD), Ruang Lingkup, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada
2.5/4 - (3 votes)

Ilmu Sosial Budaya Dasar

Sosio kultural yang juga dikenal dengan sosial budaya adalah istilah yang berkaitan dengan fakta sosial dan unsur budaya, yang kedua istilah ini berarti kesamaan tradisi, kebiasaan, pola, dan serangkaian kepercayaan yang ada dalam suatu bentuk kelompok sosial. Istilah sosial dan budaya memanglah banyak digunakan dalam konteks sosiologis dan pemasaran, lantaran mengacu pada penggerak paling luar biasa di balik cara orang membuat keputusan dalam masyarakat.

Oleh karena itulah mempelajari kondisi sosial budaya masyarakat dari tingkat yang paling dasar, sehingga di perguruan tinggi dikembangkanlah mata kuliah yang dikenal dengan nama Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) yang secara singkat dimaknai sebagai pembukaan wawasan terhadap berbagai sisi kehidupan yang berkaitan dengan kebiasaan yang dilakukan manusia, baik pada aspek masalah ekonomi modern dan klasik, sosial, serta sistem pemerintahan.

Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD)

ISBD senantisa berfokus pada cara-cara di mana masyarakat dan unsur budaya mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Studi tersebut mengeksplorasi ritual, kepercayaan dan tradisi budaya dan masyarakat yang berbeda. Selain itu, kita juga dapat belajar tentang pengaruh perubahan budaya dan politik terhadap masyarakat, pengaruh media massa, isu dan tren global, serta pembentukan identitas individudan kelompok.

Sejarah ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) di Indonesia

Istilah ISBD pertama kali dikembangkan di Indonesia untuk menggantikan istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah dalam bahasa Inggris yaitu “the Humanities”. Munculnya istilah humanities itu sendiri asalnya yaitu dari bahasa latin humnus yang mempunyai arti manusia, berbudaya dan halus.

Ketika belajar tentang the humanities seseorang diharapkan bisa menjadi orang yang lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa the humanities memiliki kaitan erat dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya.

Oleh karena itulah Ilmu Sosial Budaya Dasar bukanlah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri, tapi merupakan suatu rangkaian pengetahuan yang berkaitan dengan aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang berbudaya, dan masalah-masalah yang terwujud daripadanya.

Pengertian Ilmu Sosial Budaya Dasar

Ilmu Sosial Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan bisa memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum yang berkaitan dengan konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai contoh permasalahan sosial maupun kebudayaan.

Pengertian Ilmu Sosial Budaya Dasar Menurut Para Ahli

Definisi ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) menurut para ahli, antara lain;

  1. Kian Amboro, Definisi Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) yaitu ilmu pengetahuan yang dinilai bisa berkontribusi secara nyata dalam meningkatkan pengetahuan dasar yang mampu melakukan kajian pada masalah-masalah sosial kemanusiaan dan kebudayaan.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Budaya Dasar

Ruang lingkup kajian dalam Ilmu Sosial Budaya Dasar yaitu sebagai berikut:

  1. Kegiatan Dasar Manusia

Kegiatan dasar setiap manusia dikaji secara menyeluruh untuk mendapatkan perhatian bahwa pada hakakatnya manusia tidak bisa hidup sendiri, sehingga dibutuhkan kontribusi orang lain dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

  1. Ilmu Sosial

Ruang lingkup lainnya dalam Ilmu Sosial Budaya Dasar ialah tentang beragam tujuan ilmu sosial dan manfaat ilmu sosial yang mempengaruhinya, diantaranya yaitu ilmu psikologi, sosiologi, ilmu sejarah, yang semuanya itu dianggap mampu untuk memberikan peran nyata dalam mengkaji kebudayaan yang ada.

  1. Humaniora

Humaniora merupakan ilmu pengetahuan yang dianggap mampu untuk mengajarkan bagaimana manusia menjadi manusia atau dengan kata lain memanusiakan manusia sesuai dengan posinya masing-masing. Dengan kenyataan tersebut tentu saja tujuan Ilmu Sosial Budaya Dasar dianggap bisa memberikan kontrbusi pengetahuan yang luas pada perkembangan kembudayaan yang ada.

Tujuan Ilmu Sosial Budaya Dasar

Pengembangan Ilmu Sosial Budaya Dasar memiliki tujuan umum yaitu;

  1. Sebagai Pengetahuan, sebagai ilmu pengetahuan untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian serta memberikan kontribusi secara nyata dalam perluasan wawasan yang diberikan oleh setiap insan.
  2. Menjadikan mahasiswa agar lebih peka terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka mudah beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial yang baru, terutama beradaptasi dengan hal-hal yang pentin profesi mereka nantinya.
  3. Menjadikan mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas tentang permasalahan-permasalahana kemánusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut melalui kesempatan-kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa.
  4. Menjadikan mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara dengan masing-masing keahlian sesuai bidangnya, serta menghindarkan diri agar tidak terjatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan dengan disiplin yang ketat. Upaya tersebut terjadi sebab ruang lingkup pendidikan kita sangatlah sempit dan condong menjadikan manusia spesialis yang berpandangan kurang luas. kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.
  5. Menciptakan wahana komunikasi bagi para akademisi agar mereka memiliki kemampuan yang lebih baik untuk berdialog satu sama lain, sehingga dengan memiliki satu bekal yang sama, diharapkan para akademisi tersebut bisa lebih lancar dalam berkomunikasi

Latar Belakang ISBD Menjadi Ilmu Pengetahuan

Dalam konteks budaya, negara dan masyarakat Indonesia, hal yang melatarbelakangi Ilmu Sosial Budaya Dasar sebagai salah satu mata kuliah adalah karena berkaitan dengan permasalahan-permasalahan sebagai berikut:

  1. Realita bahwa bangsa Indonesia memiliki banyak suku bangsa dengan beranekaragam budaya, yang tercermin dari aspek-aspek kebudayaan tersebut, yang biasanya tidak lepas dari ikatan primordial, ikatan kesukuan dan ikatan kedaerahan.
  2. Proses pembangunan yang sedang berlangsung akan menimbulkan dampat positif dan negatif secara terus-menerus, yang bisa berupa terjadinya pergeseran nilai budaya sehingga mental manusia Indonesia akan terpengaruh dengan sendirinya. Akibat lebih jauh yang ditimbulkan karena terjadinya benturan nilai budaya ini adalah timbulnya konflik dalam kehidupan.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada perubahan kondisi kehidupan manusia, yang bisa menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia Indonesia merasa bingung terhadap kemajuan yang telah diciptakannya itu. Hal tersebut merupakan sikap ambivalen teknologi yang dapat memberikan dampak positf maupun negatif dalam kehidupan.

Contoh Ilmu Sosial Budaya Dasar

Contoh kajian Ilmu Sosial Budaya Dasar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Minat dan kebiasaan menyelidiki hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitar maupun diluar lingkungan.
  2. Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang sudah bisa diterima dengan penuh rasa tanggung jawab dan menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa di perguruan tinggi, penyajian mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar tidak lain merupakan upaya yang dilakukan dengan harapan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah kemanusiaan dan kebudayaan

Dengan demikian, mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar tidak diajarkan untuk mendidik mahasiswa sebagai ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya, tapi semata-mata sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan berpikir kritik terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain, alam sekitar, maupun dirinya sendiri.

Oleh karena itulah kajian ini setidaknya menunjukkan pentingnya Ilmu Sosial Budaya Dasar untuk dipelajari di perguruan tinggi dan masyarakat. Mengingat budaya sendiri merupakan hal yang paling lekat dalam kehidupan manusia dan tidak dapat dipresdiksi perubahannya.

Itulah tadi bahasan tentang pengertian Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) menurut para ahli, sejarah, ruang lingkup, tujuan, latar belakang, dan contoh kajiannya.

Rating: 5.0/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *