Tujuan Ilmu Sosial Secara Umum

Diposting pada

Tujuan Mempelajari Ilmu Sosial

Ilmu pengetahuan sosial yang disingkat dengan IPS merupakan istilah umum yang sering kita dengar, seperti istilah pada mata pelajaran dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Ilmu ini memiliki perbedaan dengan ilmu laiinnya, ilmu yang memliki cakupan yang luas dan bersifat kualitatif.

Setiap ilmu yang dipelajari pasti memiliki tujuan dan manfaat masing-masing. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membahas tentang tujuan yang dimiliki oleh ilmu sosial.

Ilmu Sosial

Ilmu ini memiliki mencakup beberapa disiplin ilmu antara lain, kajian ekonomi, objek studi sosiologi, administrsi, sejarah, geografi, politik, hukum, akuntansi, psikologi, dan lain-lain. Yang masti semua disiplin ilmu tersebut saling terkait satu dengan yang lain.

Tujuan Ilmu Sosial

Berikut merupakan beberapa tujuan ilmu sosial, antara lain sebagai berikut;

  1. Memberikan wawasan terkait kesadaran menjadi warga negara

Terdapat salah satu ilmu sosial dasar yang akan memberikan pengetahuan tentang nasionalisme. Hal tersebut tercermin dalam sebuah mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dari sekolah dasar sampai pendidikan tinggi akan selalu diberikan materi ini.

Pemahaman akan wawasan sebagai warga negara dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan mampu mengarahkan pada sisi positif dalam menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik.

  1. Memberikan pengetahuan agar meyadari sebagai makhluk ciptaan tuhan

Pengetahuan ini selain didapat dari ilmu agama juga dari ilmu sosial dasar. Hal tersebut dipelajari dalam ilmu sosial yang mengenalkan terkait dengan hakekat manusia atau biasa kita pelajari dalam ilmu sosiologi ataupun dalam antropologi.

  1. Memahami hak dan kewajiban sebagai manusia

Ketika mempelajari ilmu sosial kita lebih tau keadaan sekitar dan posisi kita di lingkungan sosial. Menyadari peran masing-masing induvidu merupakan hal yang sangat penting sehingga akan memahami hak dan kewajiban sebagai manusia.

  1. Meningkatkan rasa bangga kepada bangsa sendiri

Ketika selalu merasa bangga dengan bangsa sendiri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan salah satunya dengan mempelajari ilmu yang terkait. Ilmu ini juga termuat dalam ilmu kewarganegaraan dengan segala aspek yang dipelajari.

  1. Merasa memiliki identitas nasional

Rasa memiliki identitas bangsa merupakan sesuatu yang penting dan perlu terus ditingkatkan. Identitas nasional tersebut harus terus ditingkatkan agar memiliki rasa cinta kepada bangsa dan negara. Pengakuan ini dapat dikatakan sebagai ciri khas bangsa dan negara.

  1. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Ketika mempelajari ilmu sosial setiap individu sejatinya akan dilatih kemampuan untuk melakukan teknik analisis data sehingga dapat menciptakan kemampuan untuk berpikir kritis yang mampu memahami suatu permasalahan sosial secara sempurna.

  1. Memiliki keterampilan dalam ilmu sosial

Kemampuan untuk melakukan hubungan dengan lingkungan merupakan hal yang sangat penting. Keterampilan tersebut dapat pada beberapa ilmu saja tidak harus menguasai ilmu sosial secara menyeluruh. Dalam pengamalannya misalnya mempelajari ilmu ekonomi maka setiap orang dituntut untuk mengetahui keterampilan berwirasusaha dengan menjalankan jenis usahanya dengan penuh perhitungan.

  1. Mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi

Kemampuan sosial yang baik akan membuat seseorang memiliki pandangan yang luas terkait berbagai hal, termasuk masalah sosial. Maka ketika memiliki penguasaan yang luas itulah maka akan mudah dalam menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapi.

  1. Melatih hidup mandiri

Ilmu sosial akan mengajarkan bagaimana bertahan hidup dalam keadaan apapun. Ilmu yang sangat beragam membuat orang mandiri dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan cara yang paling tepat dengan berbagai pilihan yang ada.

  1. Mengenali norma-norma yang ada di lingkungan

Belajar dari lingkungan merupakan sesuatu yang penting. Ilmu yang dapat digunakan untuk mengenali berbagai jenis norma yang ada di lingkungan adalam ilmu sosiologi, ekonomi, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, serta lainnya.

  1. Mampu menerapkan sikap jujur

Ilmu sosial mengajarkan berbagai sikap yang baik dan buruk bagi seseorang. Sikap yang harus diutamakan dalam kehidupan sehari-hari ialah sikap jujur. Sikap ini tidak dapat ditinggalkan atau tidak dihiraukan. Semua orang harus melaksanakan ini dengan sebaik mungkin.

  1. Meningkatkan kesadaran di lingkungan masyarakat

Kesadaran akan lingkungan sosial merupakan hal yang penting agar dalam lingkungan sosial saling mengenal. Tingkat kesadaran lingkungan yang baik akan membuat seseorang dapat dengan mudah memahami keadaan yang terjadi. Orang yang paham ilmu sosial akan memiliki tingkat kesadaran yang tinggi.

  1. Memiliki sikap mental positif

Mental yang terbentuk dalam diri seseorang merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari.  Mental terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Apabila kebiasaan yang dilakukan merupakan hal yang positif maka akan membuat terbentuknya mental positif.

  1. Mengembangkan potensi peserta didik agar peka permasalahan sosial

Ketika terbiasa melihat keadaan lingkungan, maka kita akan terlatih dan peka terhadap lingkungan. Kepekaan tersebut yang akan membuat kita tahu perubahan yang terjadi disekitar kita, sehingga kita tahu jika ada permasalahan sekecil apapun. Ketika hal ini telah terbentuk maka penguasaan ilmu sosial telah mendalam.

Nah, demikianlah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan berbagai tujuan yang dimiliki ilmu sosial. Semoga saja bisa memberikan pembahasan dan edukasi yang mendalam bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *