Faktor Penyebab Terjadinya Penyimpangan Sosial

Diposting pada

Faktor Penyimpangan Sosial

Masyarakat yang ada di lingkungan sosial tentusaja memiliki karakteristik yang sangat beragam. Mulai yang berbuat baik sesuai dengan aturan atau yang melakukan penyimpangan karena faktor penyebab tertentu. Oleh sebab itulah penyimpangan sosial akan selalu ada bagi orang yang tidak mampu mengikuti aturan yang berlaku.

Akan tetapi yang pasti, untuk penyebab terjadinya penyimpangan sosial bisa dilatar belakangi karena lingkungan, psikologi, pengetahuan, dan lain-lain.

Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial adalah segala bentuk tindakan sosial yang dilakukan yang menyimpang dari norma sosial dan nilai sosial yang berlaku dalam sistem sosial yang telah ada. Oleh sebab itulah penyimpangan sosial akan menimbulkan usaha dari pihak yang terkait untuk melakukan sebuah usaha untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang.

Faktor Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial terjadi beberapa faktor yang mempengaruhinya. Antara lain;

  1. Usia

Tingkat kematangan usia seseorang akan mempengaruhi tindakan seseorang dalam melakukan sesuatu. Tindakan yang mungkin banyak melakukan kesalahan adalah pada usia tertentu. Usia yang paling rawan melakukan penyimpangan sosial pada saat usia remaja.

Dimana usia dalam arti remaja akan melakukan tindakan yang disukainya. Kadang melakukan tindakan yang membuat ia merasa penasaran. Rasa penasaran ini akan mendorong individu melakukan tindakan yang menyimpang tanpa disadari.

  1. Kedudukan

Kedudukan seseorang dalam lingkungan sosial kadang membuat seseorang nekad melakukan sesuatu yang merugikan orang lain. Kedudukan ini dilihat dari status sosial ekonomi. Orang yang berasal dari tingkat ekonomi rendah kadang melakukan tindakan kriminal sebagai bentuk penyimpangan sosial.

Ketika berkedudukan sebagai pejabat publik sangat mungkin melakukan penyimpangan. Banyak hal yang mungkin dilakukan yang biasa ditemui ialah penyalahgunaan jabatan, gratifikasi, nepotisme, dan korupsi. Hal ini masih banyak ditemui di Indonesia, bahkan setiap tahun pasti ada kasus ini.

  1. Pergaulan

Lingkungan akan membentuk seseorang menjadi apa yang ada di lingkungannya. Peran lingkungan sangat dominan memebentuk karakter. Ketika memilih lingkungan yang salah maka akan membentuk sebuah kebiasaan yang buruk, hal ini akan membuat kecenderungan berbuat buruk. Bahkan pergaulan yang buruk akan mengakibatkan pergaulan bebas.

Pergaulan bebas merupakan hal yang sangat sulit dikendalikan mengingat latar belakang seseorang berbeda-beda. Bahkan kadang alasan melakukan tindakan ini untuk mendapatkan apa yang tidak didapatkan di lingkungan terdekatnya.

  1. Media massa

Media massa dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Bahkan beberapa orang menggunakan media massa untuk menyebarkan berita bohong yang akan membuat kekacuan di lingkungan. Penggunaan media massa untuk menyebarkan berita bohong merupakan penyimpangan sosial yang perlu dihindari. Berita ini biasanya disebut berita hoax.

Media massa yang sangat berbahaya saat ini berasal dari sosial media. Melihat hampir semua orang memiliki berbagai arti media sosial dengan platform yang berbeda-beda. Hal ini membuat cepatnya sebuah berita beredar.

  1. Pendidikan di sekolah

Proses pendidikan di sekolah kadang membuat perilaku anak menjadi baik atau sebaliknya. Penyebab penyimpangan berasal dari lingkungannya. Sekolah merupakan tempat yang sering terjadi bullying. Bullying adalah sebuah penyimpangan yang terjadi di lingkungan sekolah.

Melihat banyaknya kasus bullying di sekolah, kadang anak yang awalnya baik-baik saja karena ingin melawan dari para pelaku maka akan nekad melakukan tindakan yang bersifat menyimpang. Hal ini banyak ditemukan, bahkan ini ada mulai dari pendidikan dasar hingga tinggi.

  1. Perubahan nilai

Perubahan nilai dalam sebuah lingkungan akan membuat seseorang melakukan sebuah tindakan yang dianggap menyimpang. Padahal sebelumnya belum ada penyampaian nilai baru dengan jelas. Penyimpangan sosial terjadi karena perubahan yang terjadi secara tiba-tiba.

Perubahan nilai ini bisa saja membuat seseorang kaget atau belum mampu menyesuaikan dengan kebiasaan baru. Contoh pada masa pandemi seperti saat ini sebuah kebiasaan untuk menggunakan masker setiap keluar rumah. Melihat kebijakkan ini banyak masyarakat yang belum terbisa dan tidak mau menggunakan masker.

  1. Tidak ada peraturan yang mengikat

Peraturan yang tidak diatur secara jelas akan membuat oknum tertentu mencari celah untuk melakukan tindakan yang kadang kurang mampu diterima oleh masyarakat. Memang secara hukum tidak melakukan pelanggaran, namun di lingkungan sosial melakukan tindakan yang membuat orang-orang tidak nyaman bahkan menganggu masyarakat sekitar.

  1. Masyarakat yang tidak memahami norma secara utuh

Pemahaman akan norma yang berlaku merupakan sesuatu yang penting untuk membuat seseorang terhindar dari sebuah pelanggaran sosial.

Orang yang melakukan bentuk penyimpangan sosial karena kurang memahami norma yang ada. Hal ini banyak terjadi pada seseorang yang bersifat bodoamat dan melakukan semua sesuai dengan kemauannya sendiri. Sikapnya tersebut membuat diri seseorang tidak mampu memahami dan melakukan norma yang ada.

  1. Lemahnya hubungan keluarga

Hubungan keluarga memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk karakter seseorang. Hubungan yang buruk dapat membuat seorang anak kurang mampu memahami keadaan yang ada, sehingga kadang anak akan mengekspresikan diri sesukanya bahkan tanpa sadar melakukan tindakan kesalahan.

Cara mengasuh anak yang salah juga dapat membuat penyaluran norma yang tidak sempurna yang membuat kurangnya pengetahuan anak di lingkungan. Penyimpangan yang terjadi merupakan akibat dari cara orang tua mengasuh anaknya, atau pemahaman anak yang kurang sempurna.

  1. Adanya gangguan psikologis

Kondisi kejiwaan seseorang akan mempengaruhi apa yang dilakukan di lingkungan. Penyimpangan ini perlu diberlakukan dengan cara yang berbeda.

Penyimpangan ini terjadi karena kurangnya kemampuan seseorang dalam memahami situasi dan kondisi di lingkungannya. Gangguan psikologis ini memiliki banyak  jenis yang mungkin kita tidak mampu mengidentifikasi dengan hanya melihatnya.

Contoh Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial

Adapun untuk contoh penyimpangan sosial yang dianalias dengan faktor penyebabnya misalnya saja;

  1. Menonton Video Dewasa Yang Akhirnya Melakukan Pemerkosaan

Terkait dengan contoh penyimpangan sosial seperti kasus pemerkosaan bisa terjadi karena seringnya menonton video-video dewasa dengan berbagai bentuk fantasi. Tindakan inilah mampu mendorong seseorang untuk kemudian mencari objek dalam pelampisannya.

Demikinalah artikel yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan faktor yang menjadi penyebab dalam terjadinya penyimpangan sosial beserta dengan contohnya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *