Pengertian Enacted Institution dan 5 Contohnya

Diposting pada

Enacted Institution Adalah

Setidaknya, dalam objek kajian sosiologi terdapat bermacam-macam tipe lembaga sosial yang ada di masyarakat. Salah satunya yaitu tipe lembaga sosial yang dibedakan berdasarkan tingkat perkembangannya, yaitu crescive institution dan enacted institution.

Namun yang pastinya, adanya lembaga sosial saling bergantung yang satu biasanya berfungsi dengan baik karena keberadaan lembaga sosial yang lain. Oleh karena itu, ketika terjadi bentuk perubahan sosial pada satu lembaga sosial, hal itu dapat mempengaruhi lembaga sosial lainnya. Contohnya saja keluarga yang merupakan lembaga sosial, erat kaitannya dengan lembaga pendidikan atau sekolah. Jika sekolah ditutup karena pandemi, lembaga sosial keluarga akan terpengaruh karena menuntut peran sosial yang lebih besar dari orang tua dalam proses pembelajaran anak.

Pengertian Enacted Institution

Enacted Institution adalah bagian daripada lembaga sosial yang sengaja dibuat untuk memenuhi tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh anggotanya. Oleh sebab itulah, tak khayal bahwa lembaga sosial yang satu ini disebut juga sebagai lembaga sosial yang sengaja dibentuk.

Contoh Enacted Institution

Contoh enacted institutions dalam tipe lembaga sosial yang sengaja dibentuk, diantaranya:

  1. Lembaga pemerintah

Lembaga pemerintah adalah lembaga sosial yang penting bagi keberlangsungan suatu negara, karena bagaimana masing-masing negara berfungsi tergantung pada jenis lembaga pemerintahan yang dimilikinya.

Di banyak masyarakat modern, lembaga pemerintah mengontrol banyak hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari warganya, sementara pemerintah lain mengizinkan warganya untuk menggunakan hak-hak sipil yang dimilikinya.

Di Indonesia sendiri, contoh-contoh lembaga pemerintah atau lembaga negara diantaranya yaitu presiden, MPR, DPR, DPD, MK, MA, dan lain-lain.

  1. Lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan mengajarkan keterampilan dan pengetahuan kepada individu. Seperti halnya keluarga, lembaga pendidikan mewariskan budaya kepada generasi berikutnya dan menyiapkan mereka untuk berpartisipasi penuh dalam masyarakat yang lebih besar.

Contoh lembaga pendidikan misalnya sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, perguruan tinggi atau universitas, dan lain-lain. Bahkan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal.

  1. Lembaga perdagangan

Lembaga perdagangan adalah bagian daripada lembaga yang berperan penting dalam mengatur kegiatan perdagangan.

Contoh lembaga perdagangan ini sendiri misalnya saja terbentuknya World Trade Organization (WTO) atau Prganisasi Perdagangan Dunia, sebagai satu-satunya organisasi internasional yang mengatur perdagangan internasional.

  1. Lembaga utang-piutang

Utang piutang merupakan salah satu bentuk kerjasama atau tolong menolong dalam kehidupan manusia. Objek utang piutang dapat berupa uang atau barang.

Agar utang piutang dapat dilakukan dengan baik, maka dibutuhkan suatu lembaga yang mengatur hal tersebut. Salah satu contoh lembaga utang piutang yaitu Pegadaian, yang memiliki slogan “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”.

  1. Lembaga kesehatan

Lembaga kesehatan adalah lembaga sosial yang berperan penting dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat yang berada di wilayah kerjanya.

Misalnya di tingkat desa ada lembaga kesehatan yang dikenal dengan istilah Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu, yang berfungsi untuk melayani imunisasi bayi, pengecekan kesehatan untuk ibu hamil, dan pelayanan kesehatan lansia.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian enacted institution dalam tipe lembaga sosial dan contohnya di masyarakat. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.