Pengertian Crescive Institution dan 5 Contohnya

Diposting pada

Crescive Institution Adalah

Setiap kehidupan masyarakat senantisa diatur oleh tipe lembaga sosial yang berkembang di wilayah masyarakat, sehingga dalam hal ini terdapat hubungan sosial antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain bisa denga bentuk lembaga sosial yang berbeda.

Setidaknya, ada banyak ahli sosiologi yang berpendapat tentang pengertian lembaga sosial. Salah satunya yaitu Soerjono Soekanto yang mengemukakan bahwa lembaga sosial adalah himpunan dari norma sosial pada segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan bermasyarakat. Sistematika ini menjukan adanya bagian tipe lembaga sosial dengan status crescive institution.

Pengertian Crescive Institution

Crescive Institution adalah lembaga yang tidak sengaja tumbuh dari adat istiadat yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Sehingga pola perilaku masyarakat yang telah terintegrasi kuat dalam kehidupan bermasyarakat mengakibatkan perilaku tersebut lama-kelamaan berubah menjadi bagian daripada contoh adat istiadat yang terus berkembang.

Contoh Crescive Institution

Contoh adanya crescive institution di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Lembaga adat

Lembaga adat adalah suatu lembaga yang keberadaannya berfungsi untuk mengayomi dan nilai sosial, sistem sosial, maupun benda material dari sifat kebudayaan lokal. Oleh sebab itu, keberadaan lembaga adat menjadi sangat penting guna pelestarian budaya dan juga adat istiadat.

Lembaga adat memiliki kedudukan sebagai lembaga mitra Pemerintah Desa yang memiliki peran penting dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan adat istiadat yang membantu penyelenggaraan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan.

  1. Lembaga agama

Lembaga agama adalah sistem keyakinan dan praktek keagamaan yang berkembang di suatu masyarakat. Pada dasarnya, agama merupakan aktivitas manusia untuk berhubungan dengan Tuhannya. Tujuan dibentuknya lembaga agama yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup setiap umat beragama.

Oleh sebab itu, lembaga agama juga bisa diartikan sebagai lembaga yang dibentuk oleh umat beragama dengan tujuan untuk memajukan kepentingan hidup beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

  1. Lembaga perkawinan

Lembaga perkawinan adalah salah satu lembaga yang penting untuk mengatur hubungan antara laki-laki dan perempuan dalam ikatan yang sah dan suci. Perkawinan itu sendiri dapat menjadi jalan utama dalam membentuk mahligai rumah tangga yang kekal dan bahagia dengan berdasarkan pada Ketuhanan Yang Maha Esa.

  1. Lembaga keluarga

Keluarga terbentuk secara alami tanpa ada intervensi dari pihak lain. Suatu keluarga dihasilkan dari proses sosial dan interaksi sosial yang menunjukan adanya perkawinan antara seorang laki-laki dan perempuan yang kemudian memiliki satu atau beberapa orang anak sebagai penerus garis keturunan keluarga tersebut.

  1. Lembaga hak milik

Lembaga hak milik adalah lembaga yang mengatur tentang hak turun-temurun, terkuat dan terpenuh yang bisa dimiliki oleh orang atas tanah, dengan memperhatikan fungsi sosial.

Hak milik tersebut tentusaja hanya dimiliki oleh Warga Negara Indonesia, yang bisa beralih ataupun kemudian dialihkan kepada pihak lain. Pemerintah memberikan pengakuan terhadap hak milik yang diatur berdasarkan hukum adat.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya pengertian crescive institution dalam tipe lembaga sosial dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.