Pengertian Basic Institution dan 5 Contohnya

Diposting pada

Basic Institution Adalah

Setiap arti masyarakat adalah kumpulan aktivitas, interaksi sosial, dan bentuk proses sosial yang berubah seiring waktu. Prihal inilah adanya lembaga sosial menciptakan pola interaksi yang stabil berdasarkan harapan bersama dan berkontribusi pada stabilitas masyarakat secara keseluruhan.

Namun yang pastinya, tipe lembaga sosial yang dibedakan berdasarkan tingkat kepentingannya terbagi atas basic institution. Untuk contohnya sendiri sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Basic Institution

Basic Institution adalah karakteristik lembaga sosial yang dianggap sangat penting untuk dapat memelihara atau mempertahankan tata tertib yang ada di dalam suatu masyarakat. Dimana dalam jenis lembaga sosial yang satu ini merupakan kebalikan dari subsidiary institution yang dianggap kurang penting, tapi tetap dibutuhkan oleh masyarakat, seperti kegiatan rekreasi dan berbagai bentuk hiburan.

Contoh Basic Institution

Contoh basic institution dalam tipe lembaga sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Lembaga keluarga

Selain termasuk contoh basic institution, keluarga juga termasuk contoh basic institution karena keluarga adalah unit terkecil dalam bidang sosiologi yang berperan penting dalam menentukan kekerabatan, yaitu hubungan darah atau perkawinan seorang anggota keluarga dengan anggota keluarga lainnya.

Selain itu, keluarga berfungsi sebagai lembaga pertama seorang anak bersosialisasi sebelum mengenal masyarakat yang lebih luas.

  1. Lembaga pendidikan

Selain termasuk contoh basic institution, lembaga pendidikan atau sekolah juga termasuk contoh basic institution karena lembaga yang satu ini merupakan tempat bagi orang-orang dari berbagai usia memperoleh ilmu pengetahuan dan membentuk sikap agar menjadi orang yang lebih baik.

  1. Lembaga hukum

Lembaga hukum adalah lembaga bertugas untuk menegakkan aturan yang berkaitan dengan tingkah laku para anggota masyarakat, baik secara tertulis ataupun tidak tertulis.

Lembaga hukum dipandang sebagai lembaga yang sentralis karena berlaku secara univerisal tanpa pandang bulu. Siapa yang bersalah harus mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku. Contoh lembaga penegak hukum misalnya polisi, hakim, jaksa, advokat, dan lain-lain.

  1. Lembaga negara

Lembaga negara adalah lembaga yang dibuat oleh suatu negara dengan untuk membangun negara itu sendiri. Lembaga negara tersebut memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu menciptakan lingkungan yang kondusif, aman, dan harmonis.

Bahkan lembaga sosial ini juga menjadi badan penghubung antara negara dan rakyatnya, menjadi sumber insipirator dan aspirator bagi rakyat, memberantas KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), serta membantu dalam menjalankan roda pemerintahan negara.

  1. Lembaga ekonomi

Lembaga ekonomi adalah salah satu basic institution yang bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan ekonomi di masyarakat yang mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa. Contoh lembaga ekonomi misalnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan perusahaan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa lembaga sosial basic institution sebagai mekanisme atau pola tatanan sosial yang terfokus pada pemenuhan kebutuhan sosial, seperti pemerintahan, ekonomi, pendidikan, keluarga, kesehatan, dan agama.

Sehingga dalam hal ini adanya lembaga sosial bersifat basic institution menjadi sistem norma sosial dan peran sosial yang saling terkait, yang diatur dan menyediakan pola perilaku yang berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan sosial dasar masyarakat. Yang pastinya, lembaga sosial juga bisa diartikan sebagai lembaga yang terdiri dari sekelompok orang yang berkumpul untuk tujuan yang sama.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian basic institution dalam tipe lembaga sosial dan contohnya di masyarakat. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus pengetahuan mendalam.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.