Pengertian Cooperation (Kerja Sama) dan Contohnya

Diposting pada

Cooperation atau kerja sama

Pada dasarnya terdapat banyak sekali jenis interaksi sosial yang terjadi di masyarakat. Namun secara garis besarnya terdiri dari asosiatif dan disosiatif dimana untuk interaksi sosial asosiatif dalam objek kajian sosiologi ialah proses terjadinya interaksi sosial dengan cara-cara damai, salah satunya dengan wujud cooperation atau kerja sama.

Adapun untuk kasus terkait dengan cooperation ini banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Disisi lainnya penggunaan kata korporasi (cooperation) juga terdapat dalam bentuk operasi bisnis yang menyatakan bisnis sebagai badan hukum terpisah yang dipandu oleh sekelompok pejabat yang dikenal sebagai dewan direksi. Salah satu contohnya adalah McDonald’s yang merupakan salah satu korporasi paling familiar di dunia.

Cooperation (Kerja Sama)

Corporation pada hakekatnya mengacu pada organisasi sosial maupun bisnis yang biasanya dijalankan oleh bentuk kelompok sosial tertentu atau perusahaan dengan sepenuhnya diberi wewenang oleh negara untuk bertindak sebagai satu kesatuan (badan hukum yang diakui oleh hukum privat dan publik).

Sebagai interaksi sosial yang mengarah pada persatuan maka tak khayal setiap individu dan kelompok tertentu senantisa melakukannya dengan tanpa adanya kekerasan sehingga tidak menganggu serta merusak keteraturan sosial yang ada.

Pengertian Cooperation

Corporation adalah badan hukum yang dibuat oleh individu atau pemegang saham dengan tujuan beroperasi untuk mendapatkan keuntungan, sehingga prihal ini seseorang diizinkan untuk membuat kontrak untuk menuntut dan dituntut, memiliki aset, membayar pajak federal dan negara bagian, dan meminjam uang dari lembaga keuangan.

Penciptaan korporasi melibatkan proses hukum yang disebut inkorporasi, di mana dokumen hukum yang berisi tujuan utama bisnis, nama dan lokasi, serta jumlah saham dan jenis saham yang diterbitkan, disusun.

Bagaimana cara kerja korporasi?

Sebuah perusahaan diharuskan untuk menunjuk dewan direksi sebelum dapat memulai operasinya, dan anggota dewan direksi dipilih oleh pemegang saham selama rapat umum tahunan. Setiap pemegang saham berhak atas satu suara per saham, dan mereka tidak diharuskan untuk mengambil bagian dalam menjalankan perusahaan sehari-hari. Namun, pemegang saham berhak untuk dipilih sebagai anggota dewan direksi atau pejabat eksekutif korporasi.

Dewan direksi terdiri dari sekelompok individu yang dipilih untuk mewakili pemegang saham. Mereka bertugas membuat keputusan tentang isu-isu utama yang mempengaruhi pemegang saham, dan mereka juga membuat kebijakan untuk memandu manajemen dan operasi sehari-hari perusahaan.

Contoh Cooperation  

Contoh kasus terkait dengan korporasi, antara lain:

  1. Google

Google adalah perusahaan multinasional yang juga merupakan raksasa internet dan mesin pencari paling populer di seluruh dunia. Perusahaan ini dianggap sebagai yang terbesar dari jenisnya dalam teknologi internet dengan penawaran seperti aplikasinya sendiri dalam bentuk mesin pencari Google, Gmail, Google Map, dan YouTube.

Kantor pusat perusahaan Google terletak di Mountain View, California, AS. Google melaporkan pendapatan bersihnya pada 2019 sebesar 136 miliar dolar AS, dengan sebagian besar berasal dari pendapatan iklan hingga rentang 116 miliar dolar AS.

  1. Amazon

Amazon adalah perusahaan multinasional yang juga merupakan pemimpin dunia dalam e-commerce dan belanja online. Perusahaan ini dianggap sebagai yang terbesar dari jenisnya dalam belanja online.

Amazon didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos. Saat ini, perusahaan juga dipimpin oleh Jeff Bezos yang juga menyediakan aliran bisnis dari Amazon, terutama di bidang komputasi cloud, e-commerce, kecerdasan buatan, elektronik konsumen, distribusi digital, dan toko kelontong.

Perusahaan yang berkantor pusat di Seattle, Washington DC, Amerika Serikat. Amazon awalnya bernama Cadabra Inc., yang saat itu berkantor pusat di Bellevue, Washington, Amerika Serikat, tetapi namanya kemudian diubah menjadi Amazon. Amazon melaporkan pendapatan bersihnya pada 2018 sebesar 233 miliar dolar AS.

  1. Apple

Apple adalah perusahaan multinasional yang juga merupakan pemimpin dunia di bidang produk teknologi dan perangkat pintar. Berbagai produk Apple termasuk IPhone, MacBook, IPod, I pad, dll. Setiap tahun Apple meluncurkan versi lanjutan dari masing-masing, yang ditunggu-tunggu oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk melakukan pembelian.

Perusahaan Apple didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada tahun 1976. Kini, perusahaan dipimpin oleh Tim Cook. Kantor pusat Apple terletak di Cupertino, California, AS. Apple melaporkan pendapatan barunya pada 2019 sebesar 260 miliar dolar AS.

  1. Microsoft

Microsoft adalah perusahaan multinasional yang juga merupakan raksasa internet dan sistem operasi yang paling populer digunakan di seluruh dunia, yaitu bernama Windows. Perusahaan ini dianggap sebagai yang terbesar dari jenisnya di bidang aplikasi, perangkat lunak dan sistem operasi dengan penawaran berbagai aplikasi dalam bentuk Microsoft Office (Word, PowerPoint, Excel, dan Access) dan perangkat lunak lain yang diperlukan yang digunakan sehari-hari oleh para profesional.

Microsoft dimulai oleh Bill Gates pada tahun 1975. Saat ini, perusahaan dipimpin oleh Satya Nadela dan memperoleh pendapatan sebesar 110 miliar dollar AS pada tahun 2018 dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 14,28%.

  1. Exxon Mobil

Exxon Mobil merupakan perusahaan minyak yang paling besar di dunia. Selain itu, Exxon Mobil juga termasuk salah satu perusahaan publik yang terbesar.

Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang satu ini meliputi eksplorasi, produksi, pasokan, transportasi minyak dan gas. Kilang minyak perusahaan yang satu ini dapat memproduksi 6 juta barel per hari untuk diangkut ke sekitar 100 negara dan beroperasi dengan merek yang berbeda seperti Exxon, Esso, Mobil.

  1. Cooperation dalam Sosiologi

Sedangkan kasus terkait dengan konsep cooperation dalam sosiologi misalnya saja ketika kita ditugaskan menjadi ketua pelaksana sebuah acara terkait dengan Periangan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 Tahun 2021 yang biasanya kegiatan tersebut menyangkut orang banyak.

Disini kita melihat bahwa para anggota panitia yang anda miliki bekerja sangat santai dan kurang bersemangat padahal manfaat kerjasama sangatlah penting. Maka, sebagai ketua pelaksaan untuk kasus ini kita berusaha mengumpulkan anggota dan menanamkan pemahaman bahwa kesuksesan didapatkan dari kerja keras dan kesolidan anggota tim.

Alasannya karena sebagai ketua tim kita harus dapat melakukan komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal dengan baik yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja tim untuk bekerja sama.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian cooperation (kerja sama) dan contoh kasusnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *