4 Contoh Sikap Temperamen dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Sikap Temperamen

Temperamen atau yang dikenal juga sebagai temperamental bisa dikatakan sebagai bagian daripada kombinasi antara sifat dan sikap seseorang individu kepada individu lainnya dengan culas disertai dengan bentuk tindakan sosial emosional yang kadangkala membuat pihak lainnya merasa tidak lagi nyaman.

Disisi lainnya, penggambaran atas temperamen ini sangatlah mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam ruang lingkup kerja, keluarga, sekolah, bahkan lingkungan sosial bermasyarakat. Meski demikian, yang perlu setidaknya dipahami bahkan karakter ini berada dalam pikiran atau pusat emosi yang dirujuk sebagai hati sehingga si pelakunya tidaklah sadar telah berbuat demikian.

Temperamen

Temperamental adalah penggambaran atas perilaku seorang individu dalam memberikan tanggapan terhadap respon atas keadaan yang terjadi dengan prosedurnya berupa pola-pola emosional sehingga membuat pihak lainnya merasa tertekan bahwa tidak lagi nyaman.

Contoh Temperamen

Adapun untuk contoh adanya sikap serta sifat temperamen di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu;

  1. Pekerjaan

Dalam bekerja penggambaran atas sikap temperamen ini misalnya saja ketika Santi adalah teman kerja dan dia bekerja dibagian yang sama dengan kita. Suatu hari kantor Anda sangat sibuk. Ditengah pekerjaan, Santi mendadak sakit dan harus izin karena tidak bisa menjalankan tugasnya untuk hari ini.

Sebagai respon teman, sikap kita marah karena diberikan tambahan atas pekerjaan yang telah diberikan kemarahan ini memanglah tidak terjadi dalam perilaku melainkan hanya sebatas pada ucapan saja yang langsung dikemukakan pada Santi.

  1. Hubungan Keluarga

Sikap temperamen juga bisa terjadi dalam hubungan sosial terhadap keluarga, bahkan untuk pengamalannya sendiri sangatlah mudah ditemukan. Misalnya saja ketika kita melihat ayah sedang memarahi ibu dengan kata-kata kasar bahkan tak jarang disertai dengan tindakan kekerasan, alasannya karena ibu berdandan (merias diri) terlalu lama.

  1. Pertemanan

Kasusnya seperti halnya ketik kita bersama salah seorang rekan setim kerja, sedang melakukan kunjungan ke kantor klien, terjadi insiden yang memancing emosi anda dan teman anda sehingga terjadi sedikit ketidak cocokan, adapaun insiden tersebut ialah terkait jalan menuju kantor klien dengan cepat.

Padahal anda dan teman anda harus menampilkan presentasi berdua dengan teman anda agar client merasa tertarik dengan perusahaan Anda. Lantaran permasalahan tersebutlah teman kita tidak mau lagi bersama untuk menampilkan presentasi berdua dan melepaskan tanggung jawabnya.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Penggambaran atas temperamen seseorang dalam kehidupan sehar-hari. Misalnya adanya kasus sebagai berikut;

  1. Adanya seorang kakek yang menghardik anaknya di depan umum dengan kata-kata kasar sehingga merendahkan kepribadian sang anak
  2. Adanya keputusan ayah yang memilihkan jalur pendidikan untuk anaknya secara mutlak pada jurusan tertentu, sehinga sang anak tidak lagi memiliki pilihan lainnya
  3. Pasangan remaja yang sedang menjalin cinta, kemudian salah satu pihaknya melakukan kekerasan secara fisik maupun non fisik disertai dengan marah-marah tanpa alasan.

Dari beberapa contoh tentang adanya sikap temperamen tersebut dapatlah dikatakan bahwa sejatinya karakteristik temperamental ini timbul selama adanya perubahan kepribadian yang ada dalam diri manusia. Misalnya saja kepribadian introvert menjadi kepribadian ekstrovert atau sebaliknya.

Itulah saja penjelasan yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh temperamen yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkan referensinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *