Pengertian Kepribadian Introvert, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

Diposting pada

Kepribadian Introvert Adalah

Diakui ataupun tidak, terdapat beberapa tipe kepribadian, salah satunya adalah introvert, yaitu kepribadian seseorang yang cenderung tertutup terhadap orang lain, sehingga akibatnya hal ini seringkali dianggap pendiam dan pemalu, bahkan ada pula yang dianggap antisosial, tidak ramah, kesepian. Namun dalam banyak kasus, menjadi seorang introvert sebenarnya bisa menjadi asset tersendiri karena beberapa kelebihan yang dimiliki.

Orang yang introvert tidak mencari perhatian khusus atau keterlibatan dalam konflik sosial yang terjadi, hal itu karena dapat membuat introvert merasa lelah dan terkuras energinya, sehingga mereka lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Hal tersebut tentunya berbeda dengan orang yang memiliki kepribadian ekstrovert yang lebih suka berinteraksi dan melakukan percakapan dengan orang lain, atau dengan kata lain, orang yang ekstrovert akan lebih berkembang ketika mereka bersama banyak orang.

Kepribadian Introvert

Introvert bisa dikatakan salah satu arti kepribadian yang menunjukkan bahwa seseorang akan merasa lebih nyaman ketika berfokus pada pikiran dan ide-ide batin mereka, daripada apa yang terjadi secara eksternal. Istilah introvert dan juga kebalikannya, yaitu ekstrovert mulai digunakan oleh seorang psikolog bernama Carl Jung pada tahun 1920-an.

Introvert cenderung lebih pendiam dan introspektif. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan orang ekstrovert yang memperoleh energi lebih banyak melalui proses sosial dan interaksi sosial dengan orang lain. Sebaliknya orang yang introvert harus mengeluarkan energi lebih banyak dalam situasi sosial tertentu. Prihal ini misalnya, setelah menghabiskan waktu dengan sekelompok besar orang, introvert seringkali merasa perlu untuk “mengisi ulang” energinya dengan cara menghabiskan waktu sendirian.

Pengertian Kepribadian Introvert

Kepribadian introvert adalah tipe kepribadian yang dimiliki oleh orang-orang yang cenderung berfokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri dibandingkan dengan stimulasi eksternal yang berasal dari lingkungan sosial di sekitarnya.

Pengertian Introvert Menurut Para Ahli

Adapun definisi kepribadian introvert menurut para ahli, antara lain:

  1. Merriam Webster, Introvert adalah seseorang yang kepribadiannya dicirikan oleh introversi, yaitu orang yang biasanya pendiam dan cenderung introspektif, serta menikmati menghabiskan waktu sendirian.
  2. Cambridge Dictionary, Pengertian introvert adalah seseorang yang pemalu, pendiam, dan lebih suka menghabiskan waktu sendiri daripada sering bersama orang lain.

Ciri Kepribadian Introvert

Karakteristik yang menjadi ciri seseorang memiliki kepribadin introvert, antara lain:

  1. Ketika berada di sekitar banyak orang akan merasa energinya terkuras

Ketika kita merasa lelah setelah menghabiskan waktu dengan banyak orang atau setelah seharian berinteraksi dengan orang lain, kemudian kita perlu menyendiri di tempat yang tenang dan memiliki waktu yang lama untuk diri sendiri, maka itu merupakan salah ssatu ciri atau  karakteristik utama dari tipe kepribadian introvert.

Meskipun demikian, bukan berarti bahwa semua introvert menghindari acara sosial sama sekali. Banyak orang introvert yang benar-benar menikmati menghabiskan waktu di sekitar orang lain, tapi cenderung lebih suka ditemani teman dekat.

  1. Menikmati kesendirian

Biasanya, waktu terbaik bagi seorang introvert untuk menenangkan diri sambal melakukan dan menikmati hobi dan minat yang disukai adalah sore hari. Beberapa jam sendirian dengan buku yang bagus, jalan-jalan menikmati keindahan alam atau program televisi favorit merupakan cara yang bagus untuk membantu kita merasa segar kembali dan berenergi.

Halini berarti bahwa rata-rata introvert ingin menyendiri sepanjang waktu, karena banyak introvert yang suka menghabiskan waktu dengan teman dan berinteraksi dengan orang-orang yang akrab dalam situasi sosial. Lantaran yang perlu diingat adalah bahwa setelah seharian beraktivitas sosial, seorang introvert mungkin ingin menyendiri terlebih dahulu di tempat yang tenang untuk berpikir, merenung, dan mengisi ulang energi.

  1. Memiliki sekelompok kecil teman dekat

Ada kesalahpahaman yang umum terkait orang introvert yaitu mereka tidak suka saat bersama-sama dengan orang lain. Sementara orang yang memiliki kerpibadian introvert biasanya kurang menikmati waktu ketika mereka terlalu banyak bersosialisasi dengan orang lain, mereka lebih menikmati waktu saat bersama dengan teman dekat dalam jumlah yang kecil.

Alih-alih memiliki lingkaran sosial yang besar dari orang-orang yang mereka kenal hanya pada tingkat yang dangkal, introvert lebih memilih untuk tetap berpegang pada hubungan yang dalam dan tahan lama yang ditandai dengan banyak kedekatan dan keintiman.

  1. Orang lain sering menggambarkan seorang introvert pendiam dan pemalu

Meskipun beberapa introvert memang pemalu, tapi orang-orang tentu tidak boleh salah mengartikan sikap introvert sebagai pemalu. Dalam banyak kasus, orang dengan tipe kepribadian ini lebih memilih untuk memilih kata-kata mereka dengan hati-hati dan tidak membuang waktu atau energi untuk obrolan yang tidak perlu.

  1. Terlalu banyak stimulasi membuat seorang intrivert merasa terganggu dan tidak fokus

Saat orang yang berkepribadian introvert menghabiskan waktu dalam suatu kegiatan yang sangat sibuk, kondisi tersebut dapat menyebabkan perasaan mereka tidak fokus dan kewalahan. Ekstrovert, di sisi lain, cenderung berkembang dalam situasi di mana ada banyak aktivitas dan sedikit peluang untuk menjadi bosan.

Menurut setidaknya satu penelitian, para peneliti telah menemukan bahwa introvert cenderung lebih mudah terganggu daripada ekstrovert, yang merupakan bagian dari alasan mengapa introvert cenderung lebih memilih pengaturan yang lebih tenang dan tidak terburu-buru.

  1. Sangat sadar diri

Orang yang berkepribadian introvert memiliki kecenderungan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan memeriksa pengalaman internal mereka sendiri. Jika kita merasa memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat baik tentang diri kita, motivasi kita, dan perasaan kita, maka kita mungkin lebih introvert.

  1. Suka belajar dengan menonton

Ketika orang ekstrovert cenderung lebih suka terjun langsung dan belajar melalui pengalaman langsung, orang yang introvert biasanya lebih suka belajar melalui observasi. Sementara ekstrovert biasanya belajar melalui coba-coba, introvert belajar paling baik dengan menonton.

Ketika introvert benar-benar belajar dari pengalaman pribadi, mereka lebih suka berlatih di tempat pribadi di mana mereka dapat membangun keterampilan dan kemampuan mereka tanpa harus tampil di depan audiens.

  1. Tertarik pada pekerjaan yang melibatkan kemandirian

Seperti yang kita bayangkan, pekerjaan yang membutuhkan banyak interaksi sosial biasanya kurang menarik bagi orang-orang yang memiliki introversi tinggi. Di sisi lain, karir yang melibatkan bekerja secara mandiri seringkali merupakan pilihan yang bagus untuk introvert. Misalnya, menjadi akuntan, penulis, desainer grafis, programmer komputer, dan lain-lain.

Kelebihan Kepribadian Introvert

Ada beberapa kelebihan potensial menjadi seorang introvert yang mungkin tidak disadari banyak orang, antara lain:

  1. Introvert memilih kata-kata mereka dengan hati-hati

Salah satu keuntungan terbesar bekerja dengan seorang introvert adalah bahwa meskipun mereka tidak akan sering berbicara, kata-kata mereka akan memiliki bobot yang cukup besar ketika mereka melakukannya, sebab seorang introvert sangat berhati-hati dalam memilih kata-kata yang akan mereka ucapkan.

  1. Fokus

Mempertahankan kepribadian introvert sering berarti menarik banyak fokus pada tingkat bawah sadar. Tidak mengherankan, fokus ini terbukti bermanfaat dalam berbagai cara ketika seorang introvert melakukan suatu tugas atau pekerjaan.

  1. Volume informasi

Sejumlah besar bukti menunjukkan fakta bahwa seorang yang introvert senantisa mampu untuk memproses lebih banyak informasi daripada orang lain. Sehingga hal ini menjadikannya memiliki wawasan beserta pengetahuan yang lebih luas.

Kekurangan Kepribadian Introvert

Dibalik kelebihannya, kepribadian yang introvert juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yaitu:

  1. Kebiasaan sosial

Sementara introvert umumnya tidak bermaksud kasar, ada unsur-unsur perilaku yang dapat membuat orang salah paham. Ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa menjadi seorang introvert sering berarti menghindari kebiasaan sosial tertentu.

  1. Komunikasi lisan

Beberapa introvert merasa komunikasi verbal sangat sulit. Jika mereka menemukan diri mereka dalam kondisi stres, kesulitan berkomunikasi secara lisan bisa menjadi lebih jelas.

  1. Tidak ada jaringan

Introvert mampu berjejaring. Beberapa bahkan bisa unggul dalam hal itu, terlepas dari kepribadian mereka. Namun, banyak introvert menemukan bahwa membentuk jaringan dengan orang lain menjadi sulit dan bisa menyebabkan stres. Karena potensi stres, banyak orang memilih untuk menghindari hal tersebut sepenuhnya.

Contoh Kepribadian Introvert

Contoh orang yang memiliki kepribadian introvert, misalnya:

  1. K. Rowlling

Ketika mendengar nama J.K. Rowlling, tentunya kita akan mengingat film Harry Potter, karena ia adalah pembuat sekaligus penulis film dan nover yang berjudul Harry Potter tersebut. J.K. Rowlling termasuk orang yang memiliki kepribadian introvert.

Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa salah satu ciri orang yang introvert adalah lebih suka menghabiskan waktu sendiria, begitu pula J.K. Rowlling yang berhasil menciptakan novel best seller dunia ketika dia berjalan-jalan sendiri di kereta yang tertunda dari Kota Manchester menuju London.

  1. Bill Gates

Contoh tokoh sukses dunia lainnya yang memiliki kepribadian introvert adalah Bill Gates, yang merupakan co-founder dan chairman Microsoft. Seorang penulis dan ahli kepribadian introvert, Susan Cain, mengemukakan bahwa Bill Gates memang orang yang introvert tapi bukan pemalu. Selain itu, Bill Gates juga termasuk orang yang tidak banyak bicara tapi memiliki kepribadian yang kuat.

  1. Christina Aguilera

Christina Aguilera yang merupakan seorang bintang pop, produser lagu, penulis lagu dan artis juga termasuk tokoh sukses yang memiliki kepribadian introvert. Meskipun ketika berada di panggung dia terlihat seperti orang yang ekstrovert, tapi sebenarnya dia sangat introvert, sehingga dia merasa bukan dirinya sendiri untuk sepanjang hidupnya.

Nah, demikinalah penjelasan yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kepribadian introvert menurut para ahli, ciri, kelebihan, kekurangan, dan contohnya. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *