Pengertian Kepribadian Ekstrovert, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

Diposting pada

Kepribadian Ekstrovert Adalah

Ekstrovert bisa dikatakan sebagai arti kepribadian seseorang yang seringkali digambarkan dengan sifat ramah sekaligus bersemangat, sehingga hal ini mampu menarik individu dan kelompok lainnya untuk mangikuti apa yang ia kehendaki. Meskipun kekurangan memiliki kepribadian ini kadangkala merasa kesulitan mengalihkan perhatian dan juga mereka biasanya lebih berkembang melalui proses sosial dan interaksi sosial.

Oleh karena itulah, setidaknya perlu diingat bahwa untuk salah satu ciri orang yang ekstrovert adalah lebih condong untuk memperhatikan apa yang terjadi di lingkungan sosial daripada apa yang ada dalam pemikirannya.

Kepribadian Ekstrovert

Istilah kepribadian ekstrovert dalam sejarhnya mucul pada Tahun 1960-an. Dimana seorang psikolog bernama Carl Jung pertama kali menggambarkan kepribadian introvert dan ekstrovert ketika membahas elemen kepribadian. Dia mengklasifikasikan kedua kelompok ini berdasarkan di mana orang-orang menemukan sumber energi setiap individu.

Singkatnya, Jung berpendapat bahwa ekstrovert mendapatkan energi mereka ketika bersama lebih banyak orang dan melakukan interaksi dengan mereka. Sedangkan, introvert membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi ulang energi mereka, dan sering kali lebih pendiam ketika terlibat atau berinteraksi dengan orang lain.

Pengertian Kepribadian Ekstrovert

Kepribadian ekstrovert adalah tipikal kepribadian seseorang yang memiliki kecenderungan untuk menikmati ruang bebas dengan cara bergaul dan berbicara dengan orang-orang yang ada sekitarnya, sehingga atas dasar inilah seseorang yang ekstrovert biasanya dipandang ramah dan eskpresif.

Pengertian Kepribadian Ekstrovert Menurut Para Ahli

Adapun definisi kepribadian ekstrivert menurut para ahli, antara lain:

  1. Merriam Webster, Kepribadian ekstrovert adalah seseorang yang kepribadiannya dicirikan oleh ekstroversi atas orang yang biasanya suka berteman dan tanpa pamrih yang menikmati dan mencari bentuk interaksi sosial kepada sesamanya.
  2. Vocabulary, Makna kepribadian ekstrovert adalah orang yang ramah dan senang berbicara serta bergaul dengan orang lain. Ekstrovert menyukai pesta, berbicara di telepon, dan bertemu orang-orang baru.

Ciri Kepribadian Ekstrovert

Karakteristik seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert, diantaranya yaitu:

  1. Suka Bicara

Orang yang ekstrovert tidak hanya menikmati waktu ketika mereka berbicara dengan teman, anggota keluarga, dan rekan kerja, tapi juga suka memulai percakapan dengan orang asing. Seorang ekstrovert senang bertemu dengan orang baru dan belajar tentang kehidupan mereka.

Tidak seperti introvert yang cenderung berpikir sebelum berbicara, ekstrovert cenderung berbicara sebagai cara untuk mengeksplorasi dan mengatur pikiran dan ide mereka.

  1. Terinspirasi untuk Bersosialisasi

Ekstrovert cenderung menganggap interaksi sosial merupakan hal yang menyegarkan dan mereka benar-benar mendapatkan energi dari proses tersebut. Ketika ekstrovert harus menghabiskan banyak waktu sendirian, mereka sering merasa tidak bersemangat dan lesu.

Jika diberi pilihan antara menghabiskan waktu sendirian dan menghabiskan waktu bersama orang lain, seorang ekstrovert hampir selalu memilih untuk menghabiskan waktu bersama kelompok.

  1. Suka Mendiskusikan Masalah

Ketika seorang esktrovert menghadapi masalah, ia lebih suka mendiskusikan masalah tersebut dan berbagai pilihan dengan orang lain. Membicarakannya dengan orang lain membantu orang yang ekstrovert menjelajahi masalah secara mendalam dan mencari tahu opsi mana yang memiliki peluang untuk berhasil mangatasi permasalahan yang dihadapi.

  1. Ramah dan Mudah Didekati

Karena orang dengan tipe kepribadian ekstrovert sangat suka berinteraksi dengan orang lain, orang lain cenderung menganggap ekstrovert menyenangkan dan mudah didekati.

Di sebuah pesta, seorang ekstrovert mungkin akan menjadi orang pertama yang berjalan menghampiri tamu baru dan melakukan perkenalan. Karena alasan inilah ekstrovert biasanya merasa mudah untuk bertemu orang baru dan mencari teman baru. 

  1. Sangat Terbuka

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert seringkali dianggap tertutup dan suka menyendiri, sedangkan seseorang dengan kepribadian ekstrovert biasanya memiliki sifat yang sangat terbuka dan bersedia untuk berbagi pikiran dan perasaan mereka kepada orang lain. Oleh sebab itu, biasanya orang lain akan menganggap seorang ekstrovert lebih mudah dikenal.

Kelebihan Kepribadian Ekstrovert

Kelebihan menjadi orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, diantaranya;

  1. Meningkatkan pertumbuhan yang cepat bagi individu

Dengan sifat terbuka, seorang ekstrovert cenderung berkembang lebih cepat dalam kehidupan profesionalnya daripada mereka yang pendiam dan pemalu, karena ekstrovert dapat dengan mudah membuat orang lain terkesan dengan percaya diri. Juga, dia membuat kontak yang baik dalam waktu singkat, yang berarti dia dapat mencapai tujuannya lebih cepat.

  1. Membuat seseorang aktif secara sosial

Seorang ekstrovert merasa perlu berada di antara orang lain sepanjang (atau setidaknya sebagian besar) waktu, yang berarti bahwa ia akan selalu aktif secara sosial.

Hal tersebut pada akhirnya akan membuat seorang ekstrivert selalu berhubungan sosial dengan orang-orang baru dan menawarkannya kesempatan baru untuk mengalami hal-hal baru dalam hidup. Karena itu, ekstrovert akan dapat memahami orang lain dan peka terhadap kebutuhan mereka.

  1. Membuat seseorang menjadi ekspresif

Di antara tipe kepribadian lainnya, seorang ekstrovert dapat mengekspresikan perasaannya dengan mudah dibandingkan dengan introvert, yang berarti bahwa ia dapat mencurahkan isi hatinya kepada siapa pun.

Sifat ekspresif tersebut bisa menjadi keuntungan besar bagi seorang esktrovert karena dapat membantunya menjadi santai dan merasa baik. Selain itu, hal tersebut akan memungkinkan ia mendapatkan lebih banyak teman baik, meskipun juga dapat menciptakan lebih banyak pembenci.

Kekurangan Kepribadian Ekstrovert

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, diantaranya:

  1. Dapat membuat seseorang menyinggung atau mengganggu orang lain tanpa disadari

Ekstrovert dapat mengganggu atau menyinggung orang lain tanpa mereka sadari. Hal tersebut dapat terjadi melalui perkataan atau perbuatan mereka.

Selain itu, mereka juga seringkali menjadi orang pertama yang mengatakan bahwa orang lain terlalu takut untuk mencoba sesuatu atau memberi tahu orang lain bagaimana mereka harus menafsirkan atau merasakan sesuatu, padahal ini terkadang dapat memperburuk situasi.

  1. Menyebabkan kurangnya kesadaran diri

Seorang ekstrovert cenderung kurang memiliki kesadaran diri atau tidak memikirkan bagaimana orang lain memandang suatu hal. Tentu saja ada beberapa hal negatif yang bisa terjadi jika kita tidak menyadari bagaimana kita bisa memengaruhi orang lain.

  1. Membuat seseorang mengatakan atau melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dia lakukan

Orang yang ekstrovert cenderung berpikir bahwa mereka ramah atau menyenangkan di mata orang lain, tetapi ini tidak selalu merupakan hal yang positif. Faktanya, segala sesuatunya tidak akan berjalan sebaik yang kita harapkan jika kita adalah orang yang tidak memikirkan semuanya dengan matang sebelum melakukannya.

Contoh Kepribadian Ekstrovert

Untuk contoh kepribadian ekstrovert dalam kehidupan sehari-hari. Mmisalnya:

  1. Seorang anak yang lebih suka belajar kelompok

Di sekolah, ketika seorang anak lebih suka mengerjakan tugas maupun belajar secara berkelompok daripada sendirian, menunjukkan bahwa anak tersebut memiliki kepribadian yang ekstrovert. Mereka akan mudah bosan tanpa orang lain di sekitarnya.

Oleh sebab itu, ketika sedang berada di rumah dan mereka harus mengerjakan tugas sendirian, maka ada baiknya orang tua berada di dekat mereka untuk memberikan semangat dan membiarkan mereka memberi tahu orang tua apa yang sedang dikerjakan.

  1. Seseorang yang lebih suka bicara daripada menulis

Seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert yaitu mereka yang lebih menyukai berbicara daripada menulis karena pada dasarnya mereka lebih suka menyampaikan gagasan atau apa yang mereka pikirkan secara langsung kepada orang lain.

Alih-alih memproses pikiran dan emosi secara internal, ekstrovert lebih suka menggunakan pembicaraan untuk memilah ide-ide mereka.

Hal tersebut bukan berarti mereka memiliki monolog emosi eksternal yang konstan, tetapi mereka lebih suka membicarakan sesuatu dengan orang lain. Entah itu perselisihan, proyek di tempat kerja, atau serial Netflix yang membuat mereka terobsesi.

  1. Seseorang yang cenderung berorientasi pada prestasi

Contoh lain orang yang ekstrovert adalah mereka yang lebih cenderung berorientasi pada prestasi dan memiliki gaya belajar yang meningkatkan kegiatan kelompok. Perlu juga kita ketahui bahwa, orang yang ekstrovert secara signifikan lebih percaya diri dan akurat ketika menafsirkan makna komunikasi nonverbal daripada introvert.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa kepribadian ekstrovert berlawanan dengan introvert, yaitu kepribadian seseorang yang biasanya digambarkan lebih pendiam. Disinilah orang-orang yang introvert mungkin terlibat dalam banyak kegiatan sosial, tapi mereka membutuhkan waktu untuk jauh dari orang lain agar dapat mengisi ulang energi mereka. Selain kedua jenis kepribadian yang berbeda tersebut, ada pula gabungan dari kedunya yang disebut kepribadian ambivert.

Disisi lainnya. Berdasarkan pada sikap tersebut, diketahui bahwa penelitian tentang dampak ekstroversi/introversi pada pengambilan keputusan menunjukkan orang ekstrovert membuat lebih banyak keputusan cepat berdasarkan apa yang terasa paling alami saat suatu kejadian berlangsung.

Sementara ekstrovert diketahui menunjukkan perilaku pemeriksaan kualitas sebelum membuat keputusan, ada juga kebutuhan bagi seseorang untuk mengarahkan mereka ke arah yang benar ketika mereka harus membuat keputusan penting. Sebaliknya, introvert menghindari keputusan impulsif melalui pertimbangan bijaksana, intuisi dan terutama mengandalkan diri mereka sendiri.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian kepribadian ekstrovert menurut para ahli, ciri, kelebihan, kekurangan, dan contoh sikapnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja berguna.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *